Memperbaiki Aplikasi Android Yang Rusak dan Tidak Berfungsi

Secanggih apapun handphone Android kamu tentu pernah mengalami masalah dimana aplikasi tidak bisa dibuka, rusak dan sering banget tidak merespon ketika dijalankan. Ada banyak penyebab kenapa sebuah aplikasi tidak berfungsi dengan semestinya, bisa disebabkan karena spesifikasi dan sistem operasi yang kamu gunakan tidak didukung oleh aplikasi tersebut, aplikasi yang kamu sudah kadaluarsa dan harus diperbarui juga bisa disebabkan karena kamu tidak menginstall aplikasi dari sumber lain bukan dari Google Playstore.

Pertama, solusi paling simple untuk mengatasi masalah aplikasi tidak merespon dan tidak berfungsi adalah restart (boot ulang) hp Android kamu. Cara sederhana ini bisa mengatasi masalah yang timbul saat aplikasi yang kamu ingin jalankan tidak berfungsi. Dengan melakukan restart atau menyalakan ulang Android, maka diharapkan kinerja handphone kamu akan kembali fresh, tidak terlalu banyak cache dan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Solusi kedua adalah lakukan proses memaksa aplikasi berhenti kemudian melakukan proses hapus data dan cache dari aplikasi tersebut. Seperti kita ketahui terlalu banyak data cache dari sebuah aplikasi bisa menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Masuk ke menu Pengaturan Aplikasi lalu cari aplikasi yang tidak berfungsi, selanjutnya lakukan hapus cache dan data.

memperbaiki aplikasi android tidak berfungsi 

Ketiga, memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Manfaat lain dari melakukan update aplikasi di Playstore selain kamu bisa mendapatkan fitur dan menu terbaru juga kamu bisa merasakan kinerja yang lebih stabil. Aplikasi seperti WhatsApp, BBM ataupun Instagram selalu disarankan untuk dilakukan update sesegera mungkin ketika ada pembaruan agar nantinya aplikasi tersebut berjalan dengan normal tanpa mengalami masalah BBM tidak bisa dibuka di Android hanya karena kamu masih menggunakan Blackberry Messenger versi lama.

solusi aplikasi android rusak tidak bisa dibuka

Keempat, periksa pembaruan sistem di Android, kenapa? karena apabila kamu masih menggunakana sistem operasi lama semisal ICS ataupun Jelly Bean bisa saja sistem operasi tersebut sudah tidak didukung oleh aplikasi yang ingin gunakan. Semisal sebuah aplikasi minimal membutuhkan sistem operasi Lollipop, maka tentu saja ketika kamu mencoba menjalankannya di hp Android dengan OS ICS maka aplikasi tersebut tidak akan berfungsi dan tidak bisa dibuka.

memperbaiki aplikasi android rusak

Masuk ke menu Pengaturan – Tentang Ponsel lalu Pembaruan Nirkabel untuk mengecek apakah ada pembaruan sistem untuk hp Android kamu. Apabila ternyata sistem Android kamu mengalami masalah bisa coba untuk memperbaiki sistem Android yang rusak sehingga nantinya kamu bisa menjalankan aplikasi dengan normal kembali.

Kelima, sebuah aplikasi Android tidak berfungsi bisa disebabkan karena kamu mengunduhnya dari sumber lain bukan dari Google Playstore. Perlu diingat untuk keamanan dan agar kamu bisa mendapatkan kinerja yang maksimal dari sebuah aplikasi, pastikan selalu menginstall aplikasi dari Google Playstore bukan dari sumber lain seperti internet.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest