Membuat Email Baru di HP Android

Fungsi email tak kalah pentingnya dengan nomor handphone karena dengan menggunakan sebuah email kita bisa berkomunikasi dengan kerabat, teman sampai rekan kerja. Manfaat email lainnya adalah untuk daftar berbagai macam akun medsos mulai dari Instagram, FB, sampai BBM. Untuk pengguna WhatsApp email juga berguna untuk menyimpan backup chat WA secara online ke akun email kita, sehingga nantinya saat kita memindahkan akun WA dari hp lama ke ponsel baru, kita tetap bisa membuka backup percakapan yang sudah tersimpan.

Ada banyak layanan email yang bisa digunakan namun yang umum dan paling kita kenal adalah Yahoo, iCloud dan Gmail. Bagi pengguna Android, email dari Google yakni Gmail sudah menjadi email wajib yang harus dimiliki karena tanpa menggunakan Gmail kita tidak akan bisa menggunakan berbagai layanan dari Google yang ada di handphone Android. Jadi, untuk pengguna Android apabila kamu ingin buat email baru lewat Android sebaiknya membuat akun Gmail agar prosesnya lebih mudah dan juga nantinya email tersebut bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan di Android yang hanya bisa diakses memakai akun Gmail.

Buat email baru di hp Android tidak jauh berbeda dengan membuat akun Google baru, karena seperti kita ketahui di akun Google juga sudah mencakup berbagai layanan termasuk diantaranya adalah layanan Gmail yang bisa digunakan mengirim dan menerima email. Jangan khawatir, email baru yang sudah kita buat di Android, nantinya bisa kok dipakai di komputer atau PC.

Langkah membuat akun email baru lewat Android adalah sebagai berikut, pertama masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Akun selanjutnya tap pada Tambahkan Akun, karena kita akan membuat email dari Gmail pilih Google.

buat email baru lewat hp

Secara default yang muncul adalah halaman untuk login ke akun Google yang sudah ada, karena kita ingin membuat email baru di hp, langkah berikutnya pilih Buat akun baru. Hal pertama yang harus kamu isi adalah nama lengkap, pastikan menggunakan nama yang sesuai dengan identitas seperti KTP agar nantinya bisa mempermudah bila suatu saat kamu lupa email dan kata sandi akun email yang baru saja dibuat tersebut.

cara membuat akun email baru di android

Masukan juga data tanggal lahir dengan benar dan lengkap. Setelah semua diisi, kini kamu harus menentukan nama untuk akun email baru tersebut, gunakan nama yang unik dan belum dimiliki oleh orang lain. Apabila kamu memasukan nama kamu dan ternyata sudah digunakan seperti pada gambar di bawah ini, sebaiknya kamu kombinasikan dengan menggunakan angka atau huruf lain yang mudah diingat. Kamu juga bisa menggunakan nama pengguna yang disarankan agar lebih mudah dan cepat, tapi tentunya dengan tambahan angka acak.

cara buat akun email baru di hp android

Setelah menemukan nama pengguna akun email yang cocok dan belum digunakan oleh orang lain, langkah berikutnya adalah membuat kata sandi untuk akun email baru tersebut. Pastikan membuat kata sandi email yang mudah diingat tapi sulit untuk ditebak oleh orang lain demi keamanan akun email tersebut, bisa memakai kombinas angka, huruf besar dan kecil juga tanda baca tertentu. Saat diminta memasukan nomor hp, kamu bisa memilih untuk memasukan atau lewati saja. Nomor hp sangat berguna apabila suatu saat kamu lupa kata sandi, maka bisa melakukan proses reset via nomor yang terdaftar tersebut. Untuk saat kita lewati saja memasukan nomor hp, tapi jangan khawatir nantinya setelah email berhasil dibuat, kamu tetap bisa kok memasukan nomor hp ke akun email tersebut.

cara tambah akun email baru di hp android

Silahkan setujui Syarat dan Ketentuan pembuatan email di hp Android, agar nantinya kamu bisa langsung menggunakan akun email yang baru tersebut. Pastikan kembali bahwa kamu benar-benar ingin membuat email baru dengan nama akun dan password yang telah dibuat tadi, lalu pilih berikutnya.

menambahkan email baru di android

Selamat kamu sudah berhasil membuat sebuah akun email baru lewat hp Android dengan mudah dan cepat. Catat baik-baik akun email beserta kata sandinya tersebut, agar kamu bisa memakai akun email tersebut di berbagai device maupun laptop ataupun handphone lain.

Leave a Reply