Memori Internal Android Tidak Terbaca di PC

Rajin melakukan backup semua data di hp Android mulai dari foto sampai dengan dokumen lainnya ke komputer atau PC adalah sebuah langkah bijak, agar nantinya bila suatu saat terjadi error yang menimpa hp Android kamu dan terpaksa harus dilakukan format ulang Android ke setelan pabrik, kamu tidak akan kehilangan semua data penting tersebut. Namun ada kalanya saat akan memindahkan foto dan dokumen lainnya dari handphone Android ke PC atau laptop, kamu merasa heran kok memori internal Android tidak terbaca di PC, sehingga membuat kamu bingung dan bertanya apa penyebab masalah seperti ini.

Pertama, apabila kamu mengalami masalah memori internal Android tidak terbaca di PC sebaiknya cek dan recheck kembali apakah hp Android kamu sudah terdeteksi dengan benar oleh PC tersebut. Apabila ternyata belum, sebaiknya ikuti langkah mengatasi Android tidak terbaca di PC terlebih dahulu yakni dengan menginstall driver sesuai type Android kamu, atau menginstall aplikasi seperti Samsung Kies, MI PC Suite ataupun Sony PC Companion sesuai dengan merk hp Android yang kamu gunakan.

Kedua, HP Android kamu sudah terdeteksi oleh PC tapi ternyata memori internal Android tetap tidak terbaca di PC, ada kemungkinan karena kamu salah dalam memilih metode koneksi antara PC dan Android kamu. Di bar notifikasi tap pada metode koneksi yang kamu gunakan, kemudian kamu harus memilih metode Transfer File atau MTP, sehingga nantinya baik memori internal ataupun SD Card kamu akan terbaca di PC.

memori internal android tidak terbaca di pc

Bila kamu memilih PTP atau Transfer foto maka nantinya yang terdeteksi hanya folder yang berisi foto saja, folder lainnya yang ada di memori Internal tidak akan terbaca di PC, begitu juga bila kamu memilih charge only, maka hp Android hanya akan melakukan proses charging saja, tanpa bisa menggunakan fitur transfer file.

Ternyata setelah melakukan langkah diatas memori internal Android tetap tidak terbaca di laptop atau PC, nah solusi termudahnya adalah silahkan gunakan program desktop yang khusus untuk merk hp Android kamu. Bila kamu menggunakan Samsung, silahkan coba install terlebih dahulu Samsung Kies di PC, sedangkan pengguna Xiaomi bisa coba manfaatkan program MI PC Suite di komputer kamu.

2 Responses to “Memori Internal Android Tidak Terbaca di PC”
  1. NameLess 22/04/2019
    • Siti Syarah 23/04/2019

Leave a Reply