Memperbaiki Status Bar Pada Android Tidak Muncul

Keberadaan status bar di Android memang sangat bermanfaat dan membantu, dimana kita bisa mengetahui persentase sisa baterai di hp Android kita, melihat lancar tidaknya koneksi internet dengan indikator yang muncul di status bar sampai memperoleh informasi aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang yang ditandai dengan adanya icon aplikasi tersebut di status bar. Intinya status bar ini bisa berfungsi sebagai pusat berbagai informasi mengenai berbagai hal yang sedang terjadi dengan hp Android kita.

Jangan heran, banyak dari pengguna Android yang panik dan cemas hanya karena status bar pada Android tidak muncul atau hilang entah kemana padahal sebelumnya kamu tidak pernah edit atau modifikasi setelan sisten Android. Berbeda bila sebelumnya kamu sudah mencoba untuk merubah tampilan baterai, nama operator ataupun mengubah posisi dari jam dan indikator sinyal, kemudian terjadi masalah status bar tidak muncul atau hilang ada kemungkinan penyebabnya karena ada kesalahan saat melalukan proses modifikasi tersebut.

Namun bagaimana bila tanpa sebab tiba-tiba saja status bar hilang di Android? Bagaimana cara memperbaiki status bar yang hilang tersebut? apakah proses reset atau format ulang Android ke setelan pabrik menjadi solusi satu-satunya untuk mengatasi masalah seperti ini? atau ada solusi lain yang sangat jitu untuk mengatasi status bar Android yang tidak muncul atau hilang?

Solusi pertama untuk menampilkan status bar di Android adalah coba lakukan restart atau nyalakan ulang Android. Cara sederhana yang kadang cukup ampuh untuk mengatasi error sederhana. Proses restart Android tidak membutuhkan waktu lama, karena prosesnya hanya dalam hitungan menit atau detik. Bila ternyata setelah dilakukan proses restart atau nyalakan ulang Android, status bar masih tetap hilang dan tidak muncul, kamu bisa langsung coba ke cara kedua.

Kedua, solusi berikutnya adalah coba menggunakan custom launcher terlebih dahulu yang banyak tersedia di Google Playstore. Di launcher biasanya ada setting untuk status bar apalah ingin ditampilkan atau tidak. Sebagai contoh saat kita memakai Nova Launcher di bagian Tampilan dan Nuansa ada opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan status bar (bilah pemberitahuan). Kamu bisa coba untuk aktifkan dan nonaktifkan opsi ini terlebih dahulu untuk cek apakah status bar Android bisa dimunculkan kembali atau tidak.

memperbaiki status bar yang hilang

Bila di langkah kedua ini ternyata status bar di Android bisa muncul kembali, kamu bisa coba untuk beralih dari launcher baru tersebut ke launcher lama yang sebelumnya digunakan untuk tes atau recheck apakah status bar tersebut masih tetap ada atau mungkin hilang kembali ketika berganti launcher. Bila ternyata setelah diganti ke launcher bawaan / default status bar Android tidak muncul, ada kemungkinan karena launcher default tersebut bermasalah. Silakan lakukan proses hapus data dan cache pada pengaturan aplikasi untuk launcher bawaan tersebut.

cara menampilkan status bar di Android

Ketiga, masalah launcher Android tidak bisa ditarik ke bawah dan bahkan tidak muncul bisa disebabkan karena error di sistem UI Android. Solusi tercepat dan termudah coba lalukan hapus dan cache di sistem UI ini. Masuk ke Pengaturan Aplikasi di Android cara Sistem UI lalu kemudian lalukan hapus data dan cache untuk mengembalikan perubahan yang pernah dilakukan ke sistem UI ini.

status bar tidak bisa ditarik ke bawah

Bagaimana bila kamu sudah melalukan berbagai cara diatas tetapi status bar di Android tetap error, tidak muncul dan tidak bisa ditarik maka solusi terakhir yang harus ditempuh adalah lakukan reset ulang Android ke setelan pabrik. Namun sebelum melakukan langkah ini sebaiknya lakukan backup terhadap semua data terutama yang tersimpan internal memori, karena reset ulang Android akan menghapus semua data termasuk aplikasi yang pernah di unduh dari Google Playstore.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest