Ternyata Inilah Kelebihan Android Murni

Sebuah smartphone dengan sistem operasi Android Murni memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan hp yang memakai custom rom Android. Selain lebih ringan, Android murni atau bisa juga disebut stock Android juga memiliki banyak kelebihan sehingga tak mengherankan bila saat ini banyak tersedia ponsel yang hadir dengan stock Android seperti seri terbaru Asus Zenfone Max Pro M1, Xiaomi Mi A2 sampai Nokia 8.

Banyak dari pengguna baru yang beranggapan bahwa smartphone dengan Android murni sudah pasti termasuk ke Android One. Padahal keduanya serupa tapi tak sama, meski memakai Stock Android namun tidak semuanya masuk ke seri Android One. Sebagai contoh Asus Zenfone Max M1 bukanlah Android One meski hadir dengan Android Murni (stock). Lain halnya dengan Xiaomi Mi A2 yang memang termasuk ke projek Android One.

daftar android murni

Lalu sebenarnya apa sih kelebihan Android Murni itu dibandingkan dengan custom rom seperti Color OS dari Oppo, ZenUi bawaan Samsung atau Xiaomi yang terkenal dengan MiUI? Satu keunggulan Android Murni adalah ringan saat digunakan karena tidak disertai dengan berbagai macam aplikasi lain dari vendor ponsel tersebut. Smartphone dengan Stock Android murni hanya dilengkapi dengan dengan berbagai aplikasi standar bawaan Google.

Jangan heran bila kamu akan melihat tampilan dan menu Android murni sangat sederhana karena sesuai dengan namanya, stock Android ini hanya memberikan fungsi standar dari Android tanpa adanya modifikasi tambahan apapun. Berbeda dengan custom rom, yang telah mendapatkan berbagai macam menu, aplikasi dan setting hasil modifikasi sehingga tampilannya terlihat lebih lengkap dan kaya dengan fitur.

hp yang menggunakan android murni

Modifikasi dan penambahan berbagai aplikasi dan fitur yang ada di custom rom menyebabkan kinerja OS tersebut menjadi lebih berat dibandingkan kinerja Android One. Kenapa? karena tak jarang di waktu yang bersamaan ada banyak proses dan aplikasi yang berjalan bersamaan di cusrom tersebut. Kondisi yang demikian akan bertambah parah bila hp yang kamu gunakan memiliki RAM kecil, akibatnya aplikasi atau game yang kamu jalankan akan sering mengalami hang atau not responding.

Untuk kamu yang terbiasa memakai custom rom seperti ZenUi atau MIUI mungkin akan sedikit kaget dengan kesederhanaan dan fitur minim yang ada di Android Murni. Bila di cusrom kamu selalu dimanjakan dengan berbagai menu dan fitur, saat beralih ke Android murni kita harus pintar dan berusaha sendiri agar bisa mendapatkan fitur yang diinginkan tersebut. Bagi yang senang melalukan modifikasi sistem sendiri, maka stock rom bisa jadi pilihan terbaik.

Sekali lagi stock Android hanya dilengkapi dengan fitur dan menu standar dari Google sehingga tak mengherankan bila kinerja lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan custom rom. Android murni sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan kinerja Android yang maksimal tanpa tambahan berbagai macam fitur dan menu lain yang justru membuay kinerjanya menjadi terhambat.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest