Mengatasi File PDF di WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Berkomunikasi menggunakan aplikasi WhatsApp tidak hanya dilakukan dengan teman atau keluarga saja, namun kini sudah menjadi hal yang lumrah dan wajar di lingkungan tempat kita kerja semua hal yang menyangkut pekerjaan bisa dibicarakan secara langsung lewat WhatsApp entah itu menggunakan fasilitas Grup WA ataupun japri antar sesama rekan kerja. Mulai dari kirim dokumen harian sampai laporan keuangan bisa dilakukan menggunakan WhatsApp tanpa harus lagi memakai email, tak usah khawatir pesan yang kita kirim bisa langsung dibaca oleh penerima tanpa harus menunggu waktu lama.

Sama seperti aplikasi pesan lainnya yang tersedia untuk Android atau iOS di iPhone, WhatsApp juga sudah sejak awal dilengkapi dengan fitur untuk kirim dan menerima file dokumen entah dalam bentuk dokumen word, excell, powerpoint sampai portable document format atau yang lebih dikenal dengan istilah PDF. Fitur ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang bekerja di sebuah instansi dan mengharuskan untuk membuat dan kemudian rutin mengirimkan laporan kepada sesama rekan kerja, karena kini kita bisa melakukan semua aktivitas tersebut dimanapun dan kapanpun juga tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

Salah satu file dokumen yang sering dikirimkan oleh pengguna WhatsApp adalah portable document format (PDF) dimana dokumen ini memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya dari sisi keamanan bisa di proteksi menggunakan password untuk mencegah orang yang tidak berkepentingan membuka, mencetak dan bahkan melakukan proses editing terhadap isi dokumen tersebut. Kelebihan lainnya dari dokumen pdf adalah tata letak, bentuk sampai tampilan gambar akan sama persis saat dibuka menggunakan berbagai macam perangkat baik itu pc biasa, laptop, tablet dan tentu saja smartphone Android atau iPhone.

Namun satu yang seringkali menjadi masalah adalah ketika kita menerima sebuah dokumen dalam bentuk pdf, namun saat mencoba untuk membukanya ternyata WhatsApp tidak bisa membuka file PDF muncul keterangan bahwa file tidak didukung. Masalah seperti ini terjadi terutama untuk kamu yang baru pertama menggunakan WhatsApp ataupun memakai smartphone baru yang masih belum dilengkapi dengan aplikasi pihak ketiga. Untuk mengatasi masalah PDF tidak di WhatsApp tidak bisa dibuka sebenarnya sangatlah mudah dan cepat yakni dengan menginstall aplikasi khusus untuk membuka dan membaca file pdf di Android atau iPhone.

Pertama, untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa buka file pdf adalah silahkan unduh dan install terlebih aplikasi khusus untuk pdf yang banyak tersedia di Google Play Store ataupun App Store dari yang sederhana sampai aplikasi yang dilengkapi dengan banyak fitur. Ada banyak opsi yang bisa kamu pilih mulai dari WPS Office, PDF Reader sampai aplikasi penampil PDF lainnya. Kamu bisa pilih salah satu, nantinya setelah berhasil di install di hp Android, secara otomatis semua file dokumen dalam bentuk pdf yang diterima di WhatsApp akan bisa dibuka tanpa kendala lagi.

mengatasi wa tidak bisa buka pdf di Android dan iPhone

Kenapa kita harus menginstall aplikasi khusus untuk PDF? karena seperti kita ketahui secara default baik itu sistem operasi Android maupun iOS belum dilengkapi kemampuan untuk membuka pdf secara langsung sehingga mengharuskan penggunanya untuk memakai aplikasi dari pihak ketiga yang bisa diperoleh dari App Store dan Google Play Store. Meski demikian, jangan khawatir karena hampir semua aplikasi tersebut bisa kita install tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun alias cuma-cuma.

Beberapa aplikasi terutama yang berukuran kecil mungkin hanya bisa menampilkan dokumen dalam bentuk pdf saja tanpa bisa melakukan proses editing. Bila kamu berencana untuk edit dokumen pdf tersebut sebaiknya install aplikasi tertentu yang dilengkapi dengan fitur editing, jadi sebelum memutuskan memilih sebuah aplikasi ada baiknya baca terlebih deskripsinya agar kita bisa mengetahui lebih detail tentang fitur yang ditawarkan di aplikasi tersebut.

Namun bagaimana bila kita telah menggunakan aplikasi khusus pdf namun tetap tidak bisa mengedit dokumen tersebut? Nah, ada kemungkinan file pdf tersebut diproteksi sehingga hanya bisa dibaca saja, untuk proses editing dilindungi dengan password untuk mencegah terjadinya perubahan terhadap sebagian atau seluruh isi dari dokumen tersebut.

Leave a Reply