Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Mengembalikan Kontak dan Group BBM Setelah Hard Reset Android

Setelah beberapa bulan dipakai adakalanya hp Android kamu mulai lemot dan lelet, untuk mengakses menu saja harus menunggu beberapa detik, terus untuk menjalankan sebuah game lamanya minta ampun, pas ada notifikasi BBM ketika di sentuh malah seringkali BBM force close atau keluar sendiri tanpa sebab. Penyebab Android lemot bisa karena terlalu banyaknya data yang tersimpan di Android seperti data foto, video sampai aplikasi dan game.

Ada beberapa tips untuk mempercepat Android agar tidak lemot, salah satunya adalah dengan melakukan reset ulang atau hard reset Android kamu ke pengaturan awal alias setelan pabrik. Langkah hard reset ini memang sangat ampuh untuk membuat Android kamu kembali menjadi fresh dan tidak lemot lagi. Namun salah kelemahan dari hard reset adalah kamu bakalan kehilangan seluruh aplikasi, game dan data yang tersimpan di memori telepon tanpa kecuali, termasuk salah satunya adalah kehilangan kontak BBM dan Group.

Apabila kamu terpaksa harus melakukan hard reset Android dan tidak ingin kehilangan seluruh kontak dan Group BBM, tips dibawah ini adalah cara mengembalikan kontak dan group BBM setelah hard reset, sehingga nantinya kamu bisa tetap memiliki kontak dan group yang sama seperti sebelum melakukan hard reset.

Langkah pertama, sebelum melakukan hard reset pastikan kamu melakukan backup terhadap seluruh data di Android kamu termasuk Backup Kontak dan Group BBM. Seperti kita ketahui, BBM saat ini telah terintegrasi dengan BBID karena itulah sebelum melakukan hard reset pastikan kamu mengetahui BBID BBM kamu. Masuk ke menu Setelan lalu lihat pada bagian BBID. Nah kamu ingat baik-baik kata sandi dan email BBID.

mengembalikan kontak bbm setelah hard reset

Setelah kamu ingat baik BBID, selanjutnya kamu bisa melakukan proses hard reset Android agar kembali ke setelan pabrik dan agar Android kamu kembali fresh, cepat dan tidak lemot. Setelah selesai melakukan hard reset, selanjutnya kamu bisa mengembalikan Kontak BBM dan Group dengan mudah, caranya

Ketika selesai melakukan hard reset, kamu install kembali BBM di Android kamu. Lalu jalankan aplikasi BBM, saat pertama kali menjalankan BBM kamu akan diminta untuk membuat BBID atau masuk (Sign In), nah karena tadi kita sudah mengingat dulu BBID sebelum melakukan hard reset, kamu pilih saja Sign In. Masuk email dan password BBID kamu dengan benar.

mengembalikan group bbm setelah format ulang android

Tunggu beberapa saat sampai BBM selesai mengembalikan seluruh kontak dan Group BBM kamu.

mengembalikan group bbm setelah hard reset

Selesai, kini kamu pun memiliki kontak group BBM yang sama seperti sebelum melakukan hard reset. Mudah bukan?

14 comments

  1. apakah sejarah obrolan nya jg bisa kembali setelah obrolan nya di back up? atau semua obrolan termasuk obrolan2 lama ikut terhapus dan tidak bisa kembali meskipun sudah di back up setelah melakukan hard reset? Terima kasih.

    1. @Janni :: Biasanya akan terhapus ketika sis melakukan hard reset dan kemudian masuk atau sign in kembali ke BBM.

  2. Saya udah coba tp kok kontaknya masih kosong terus, padahal bbid saya sudah benar. Apa harus nunggu beberapa waktu? Makasih

    1. @Fifi :: Biasanya hanya dalam hitungan menit (tidak lebih dari 2 menit) kontak BBM akan muncul kembali saat sis login menggunakan BBID yang sama. Apabila kontak kosong dan tidak muncul, bisa jadi dulu sis masih menggunakan BBM versi lama dan tidak mengaktifkan backup kontak ke BBID.

    1. @Ida :: yups, biasanya PIN BBM akan berubah ketika kita sign out dari BBM karena melakukan proses reset Android.

    1. @Irwan :: apakah sudah sign in ke BBM menggunakan BBID yang sama? pastikan email dan kata sandinya sesuai dan tepat.

    1. @Dilla :: Di hapus aja dulu aplikasi BBM-nya kemudian install ulang dari Google Playstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published.