Beda Android One Dengan MIUI

Xiaomi telah resmi mengeluarkan ponsel Android One pertamanya yakni Xiaomi MI A1, tentu saja handphone Xiaomi yang satu ini tidak menggunakan MIUI sebagai custom rom-nya tapi memakai Android murni dari Google. Xiaomi MIA1 menjadi sebuah alternatif pilihan terbaik bagi mereka yang ingin menggunakan ponsel Xiaomi tapi tidak ingin memakai MIUI sebagai sistem operasinya. Lalu sebenarnya apa sih beda Android One dengan MIUI itu?

Android One mulai diperkenalkan oleh Google sebagai standar penggunaan Android yang khusus diperuntukan untuk pengguna baru Android di negara berkembang. Dengan Android One kita bisa mendapatkan sebuah ponsel dengan harga terjangkau atau murah tapi dengan spesifikasi dan sistem operasi terbaru dan terupdate dari Google. Ponsel Android One akan menggunakan sistem operasi Android murni berikut dengan berbagai macam aplikasi dari Google seperti Gmail, Hangout, Chrome, Google+ sampai Youtube dan Maps.

MIUI atau singkatan dari MI User Interface dan dibaca Mi You I adalah custom rom Android dari Xiaomi yang khusus untuk ponsel keluaran dari Xiaomi. Tampilan MIUI dimodifikasi dari Android murni, sehingga tampilan dan fitur telah disesuaikan dengan kebutuhan bagi pengguna ponsel Android dari Xiaomi.

Beda Android One Dengan MIUI

Setiap ponsel Xiaomi baik itu Xiaomi Redmi 5, Mi Note 5, Xiaomi Mi Mix 2 dan berbagai macam hp Android Xiaomi lainnya pasti menggunakan MIUI sebagai custom rom-nya, kecuali Xiaomi MIA1 yang khusus menggunakan sistem operasi Android murni dari Google yang belum di modifikasi.

Di MIUI kita akan menemukan berbagai macam aplikasi bawaan Xiaomi seperti Mi Remote, Mi Cloud sampai Mi Store dan Mi Drop. Itu artinya bila kita membeli sebuah ponsel Xiaomi dengan MIUI maka harus siap mendapatkan aplikasi bawaan Xiaomi yang terkadang tidak kita butuhkan dan jarang digunakan untuk aktivitas sehari-hari kita.

Berbeda bila kita menggunakan Xiaomi dengan Android One alias tanpa MIUI, maka yang kita dapatkan adalah sebuah sistem operasi Android murni yang hanya disertakan aplikasi dari Google saja, tanpa bundle aplikasi yang kurang berguna dan jarang dipakai. Dengan menggunakan Android One, diharapkan kinerja handphone Android kita akan lebih gesit tanpa dibebani dengan aplikasi yang tidak kita butuhkan.

2 Comments

  1. Apakah sudah tersedia custom rom miui untuk xiaomi a1?

    Reply
    • @Kepotek :: belum ada bang.

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest