Tips Mempercepat Android Lollipop Biar BBM Tidak Lemot

Arrggh… kok BBM lemot amat sih, mau buka pesan dari pacar aja bisa sampai setahun lamanya, apalagi pas mau buka Feeds (Umpan) alias status update BBM nunggu loading sampai berhari-hari, hehehe. Pernahkah kamu merasakan Android kamu lemot dan telat? Apa sih menyebab Android bisa sangat lambat dan tidak nyaman dipakai? Apakah karena terlalu banyak aplikasi dan game atau apakah karena sering dipakai BBM-an? Tips di bawah ini cara mempercepat Android Lollipop kamu biar tidak lemot.

Pertama, pakai tema standar alias tema bawaan Android. Memakai tema Android yang bagus, cantik dan wah memang mengasikan apalagi dengan berbagai animasi yang menghiasinya, tapi kemewahan dan kecantikan itulah yang justru bisa membuat Android kamu lemot, apalagi aplikasi tema (launcher) sekarang sudah diiringi dengan berbagai fitur tambahan yang kurang berguna dan bahkan cenderung membuat boros baterai.

Cara Mempercepat Android biar tidak lemot

Kedua, cek sisa memori internal kamu apakah masih banyak atau tidak. Masuk ke Setelan – Penyimpanan dan pastikan kamu masih banyak memiliki ruang penyimpanan internal yang besar/ banyak agar aplikasi bisa berjalan dengan normal, tanpa kekurangan memori yang dibutuhkan.

Solusi Android Lemot

Ketiga, kurangi widget di homescreen Android kamu. Yups, banyak widget memang asik karena bisa selalu bisa stay uptodate dengan berbagai info terbaru. Misalkan widget BBM, akan memudahkan kita mengirim pesan atau menerima pesan BBM tanpa harus membuka aplikasi BBM. Namun ternyata penggunaan Widget yang terlalu banyak di Android kamu malah menyebabkan kinerja Android menjadi makin lemot.

Tips Biar Android Cepat

Keempat, close aplikasi yang sudah dibuka. Semakin banyak kita membuka berbagai macam aplikasi maka akan membuat Android semakin lambat, karena itulah rajin-rajin untuk menutup aplikasi di task manager agar Android bisa bekerja dengan maksimal. Sentuh pada Overview (Ringkasan) terus close/tutup aplikasi yang sudah dipakai, simple bukan?

Biar Android Tidak Lemot

Kelima, Hapus Cache Aplikasi. Setiap aplikasi pasti memiliki cache file, nah semakin sering kita memakai aplikasi tersebut, file cache biasanya akan semakin besar dan akan semakin membuat aplikasi semakin lemot. Untuk menghapus cache caranya sangat mudah (misalkan kita akan menghapus file cache BBM) maka masuk ke Setelan – Aplikasi – Pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus cache-nya, dalam contoh kita pilih aplikasi BBM. Lalu sentuh Aplikasi BBM tersebut, pilih Hapus Cache. Jangan khawatir menghapus cache tidak akan menghapus aplikasi Android kamu.

Solusi Android Telat

Keenam, Hapus/ Uninstall Aplikasi dan Game yang tidak dipakai atau jarang digunakan. Cek dan rechek kembali aplikasi dan game yang ada di Android Lollipop kamu. Cari game dan aplikasi yang tidak pernah dipakai atau sangat jarang dipakai. Daripada membuat memori internal kamu penuh dan tentunya bisa membuat Android lemot, sebaiknya hapus saja aplikasi dan game yang tidak dipakai.

Solusi BBM Android Lemot dan Loading

Android kamu masih tetap lemot, sering-seringlah merestart (menghidupkan ulang) Android, caranya ini memang bisa ampuh untuk mengatasi lemot yang melanda Android kamu. Apabila setelah melakukan berbagai cara diatas Android kamu masih juga sangat lemot sekali, mungkin sudah saatnya kamu untuk memformat ulang Android alias mengembalikan Android ke setelan pabrik atau bahasa gaulnya Factory Default.

Biar Android Tidak Loading dan Lemot

Perlu diingat, langkah terakhir ini akan membuat seluruh aplikasi, game, foto, phonebook sampai sms kamu akan terhapus kecuali yang ada di SD Card (memori eksternal) karena itu sebelum melakukan langkah yang terakhir ini, pastikan kamu telah membackup terlebih dahulu seluruh data yang ada Android kamu.

Leave a Reply