Menghapus Backup iCloud di iPhone Terbaru

Pengguna iPhone tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah iCloud yang merupakan salah satu fitur dan layanan penting dari Apple khusus untuk pengguna iDevice mulai dari iPhone, iPad sampai Macbook. Dengan iCloud kita bisa menyimpan data baik yang berupa foto ataupun sekedar kontak, dokumen penting lainnya, backup data aplikasi seperti WhatsApp sampai fitur keamanan yang akan menjaga iPhone tetap aman saat hilang.

Ada banyak sekali manfaat iCloud di iPhone saat kita menggunakan fitur tersebut, diantaranya adalah data akan tersimpan dengan aman secara online di penyimpanan iCloud sehingga memudahkan kita untuk mengakses dari iDevice manapun milik kita. Ketika kita menyimpan sebuah foto di iPhone menggunakan layanan iCloud, maka secara otomatis nantinya foto tersebut akan bisa dilihat dan diakses juga di iPad atau Macbook milik kita dengan syarat menggunakan akun iCloud yang sama.

Begitu juga saat kamu akan mengganti iPhone lama misal iPhone 6S ke iDevice terbaru dari Apple sebagai contoh iPhone Xr maka tak perlu lagi khawatir saat memindahkan data, sebab bila sebelumnya kamu memanfaatkan fitur iCloud maka cukup masuk atau login ke iCloud memakai akun yang sama, maka nantinya kita bisa langsung melakukan proses sinkronisasi data dari iPhone lama ke iPhone baru tersebut dengan cepat, mudah tanpa ribet.

Salah satu data penting yang sering selalu ingin kita simpan dengan aman adalah foto baik saat kita liburan, momen berharga dalam hidup ataupun sekedar foto selfie bersama teman dan rekan kerja, kamu bisa dengan mudah dan cepat mengaktifkan dan melakukan backup foto di iPhone ke iCloud agar nantinya foto tersebut aman tersimpan di penyimpanan iCloud meskipun kamu berganti iPhone.

Untuk pengguna iPhone dengan memori internal kecil semisal hanya 16GB, adanya penyimpanan data di iCloud akan sangat membantu kamu karena nantinya kita bisa terhindar dari masalah error memori internal hampir habis akan membuat aktivitas kamu terganggu saat memakai iPhone tersebut. Kita tidak harus selalu melakukan sinkronisasi data antara iPhone dan iTunes di komputer hanya sekedar untuk proses backup semua foto tersebut tapi cukup simpan di iCloud saja.

Akan tetapi akan ada saatnya ketika kita beralih dari iPhone ke smartphone lainnya seperti Android dan ternyata kita tidak lagi membutuhkan atau memerlukan data yang tersimpan di iCloud, pertanyaannya sekarang bagaimana cara hapus cadangan iCloud di iPhone secara permanen agar nanti semua data tersebut tidak bisa diakses lagi oleh orang lain yang tidak berhak. Sebenarnya menghapus backup iCloud yang berupa foto atau data lainnya bukanlah hal sulit, karena di pengaturan iPhone tersendiri sudah ada menu untuk hapus backup tersebut.

Pertama masuk ke menu Pengaturan lalu di paling atas tap pada akun iCloud dan iTunes milik kamu, selanjutnya pilih iCloud – Kelola penyimpanan. Disini kita bisa melihat data apa saja yang tersimpan secara online di layanan iCloud milik Apple. Bila kamu sekedar ingin hapus backup iCloud yang berupa foto, tap pada menu foto untuk melihat lebih detail dengan ukuran dan besar file yang tersimpan.

hapus cadangan icloud di iphone

Karena kita ingin menghapus backup iCloud yang ada di iPhone berikutnya tap pada pilihan nonaktifkan dan hapus. Akan ada peringatan yang memberitahu kita bahwa tindakan hapus backup iCloud tersebut akan menghapus semua data milik kita yang ada di iCloud tersebut, jika kamu belum yakin bisa langsung membatalkan langkah ini, sebaliknya pilih hapus foto apabila telah benar-benar tidak menginginkan data tersebut.

cara hapus backup icloud di iPhone

Cukup mudah bukan untuk menghapus cadangan iCloud di iPhone kita? Jangan lupa untuk selalu menjaga baik-baik data akun iCloud mulai dari email sampai kata sandi yang digunakan agar nantinya kamu tidak mengalami masalah iPhone terkunci iCloud hanya karena kita lupa dengan email atau password yang dipakai di iCloud yang aktif di iPhone tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest