Perbedaan HP Biasa dan Android

Apakah kamu mulai bosan dengan sederet fitur dan menu di Android? Ingin sejenak offline dari berbagai aktivitas di dunia maya, tidak lagi memakai sosmed seperti Twitter dan Instagram lalu untuk sementara menghilang dari Whatsapp maupun aplikasi serupa tapi tetap ingin terhubung lewat telepon atau sekedar pesan teks/ SMS sehingga kerabat dan teman tetap bisa berkomunikasi dengan kamu.

Bila mengalami hal seperti diatas mungkin sudah waktunya kamu beralih dari smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS ke handphone biasa alias feature phone yang hanya dilengkapi dengan fitur standar komunikasi seperti telepon, sms, radio dan reminder. Rasa jenuh dengan berbagai fitur teranyar dan terkini di sebuah smartphone adalah hal yang wajar apalagi jika kita sudah merasa bahwa selalu online justru membuat kehidupan nyata kita sedikit terabaikan.

Sebenarnya apa sih beda hp biasa dengan Android itu? Sebuah feature phone atau handphone biasa hanya dilengkapi dengan menu standar dimana kita bisa tetap berkomunikasi lewat SMS atau telepon, meskipun ada beberapa type handphone biasa yang bisa akses internet via GPRS, namun kebanyakan handphone biasa ini tidak dilengkapi fasilitas internet sehingga kamu bisa benar-benar terputus dari dunia online dan sosial media lainnya.

Selain telepon dan SMS, hp biasa juga dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya yang cukup sederhana seperti galeri untuk simpan photo, kamera seadanya, sampai kalkulator. Saat memakai sebuah hp biasa, jangankan mengharapkan menu dan fitur yang lengkap seperti di Android, karena feature tidak dilengkapi dengan sistem operasi apapun.

perbedaan hp biasa dengan android

Beberapa contoh dari handphone biasa bukan Android adalah Samsung GT-E1272 Caramel Flip Duos, Nokia 3310 Dual SIM terbaru, Nokia 105, Samsung 1200, sampai Samsung Keystone 3. Dengan deretan hp biasa tersebut kamu tetap bisa berkomunikasi dengan teman dan rekan kerja lewar sms dan telepon, tidak lagi bisa menggunakan WA atau Instagram, jadi kamu bisa offline sejenak dari hiruk pikuk dunia online.

hp samsung biasa tidak android

Berbeda dengan hp Android, karena sudah dilengkapi dengan sebuah sistem operasi maka fitur dan menu pun sangat banyak, bahkan kita bisa tambah sendiri berbagai macam aplikasi, game dan fitur yang diinginkan. Sebuah hp Android akan bekerja dengan maksimal bila terus terhubung ke Internet. Fitur sinkronisasi data secara online merupakan kelebihan utama hp Android dibandingkan handphone biasa, dimana dengan fitur ini kita menyimpan data di cloud secara online dan bisa dengan mudah di restore ke device lain tanpa lagi butuh proses manual menggunakan komputer atau laptop.

Namun jangan lupa saat menggunakan handphone biasa atau feature phone kamu bisa mendapatkan keunggulan yang jarang ditemukan di hp Android yakni daya tahan baterai yang lumayan lama dan biasanya hp biasa ini tahan banting sehingga bisa lebih awet dan lama digunakan. Bandingkan dengan sebuah smartphone, saat terjatuh tak jarang langsung mengalami kerusakan terutama dibagian layar atau LCD. Dari sisi daya tahan baterai, hp biasa bisa diandalkan karena sekali cas bisa bertahan sampai 2 hari lebih.

handphone samsung biasa yang bukan android

Apakah hp biasa bisa dirubah menjadi Android? Jawabannya cukup jelas sekali yakni tidak bisa. Dari sisi hardware mulai dari layar, memori, sampai RAM dan Prosesor, handphone biasa tidak akan kuat dan mampu menjalankan sistem operasi Android. Jadi jika kamu terlanjur membeli sebuah hp biasa tapi kemudian ingin juga menggunakan Android, maka solusinya harus membeli smartphone Android karena hp biasa tidak bisa dirubah jadi Android.

Leave a Reply