Telegram Tidak Bisa Screenshot

Setelah BBM secara resmi mengundurkan diri dari persaingan aplikasi pesan singkat yang kini tersisa dan memiliki banyak pengguna diantaranya adalah WhatsApp, Line, WeChat dan Telegram. Di Google Play Store maupun App Store memang tersedia puluhan aplikasi perpesanan yang masing-masing menawarkan banyak sekali fitur dan menu namun tentunya kita tidak ingin memakai aplikasi chat yang jarang penggunanya karena nantinya terasa percuma sebab tidak ada yang bisa diajak chatting di aplikasi tersebut.

WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan nomor satu yang seolah wajib diinstall dan dimiliki oleh setiap pengguna smartphone baik Android atau iPhone. Hampir semua teman, rekan kerja sampai konsumen telah menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama dan pertama untuk berkomunikasi lewat teks, suara dan bahkan video. Selama kita terkoneksi ke internet baik lewat paket data internet di smartphone atau terhubung ke jaringan Wifi, komunikasi lewat WA bisa dilakukan dengan lancar tanpa lagi khawatir dengan sisa pulsa.

Namun meski mayoritas pengguna smartphone saat ini memakai WhatsApp untuk menjalin komunikasi bukan berarti aplikasi perpesanan lain seperti Telegram sepi peminat. Jangan salah, pengguna Telegram setiap hari selalu bertambah meski tidak sebanyak pengguna baru WhatsApp. Biasanya mereka yang mulai memakai Telegram adalah orang yang mulai jenuh dengan fitur WA yang standar, dan bosan melihat status update kontak di WhatsApp yang terkadang terasa mulai berlebihan.

Telegram sendiri memiliki banyak fitur dan menu yang tidak ada di WhatsApp sebagai contoh fitur secret chat yang akan menjaga semua percakapan aman. Dengan obrolan rahasia atau secret chat di Telegram semua percakapan terenkripsi secara end to end dan tidak meninggalkan jejak di server Telegram, percakapan memiliki batas waktu tertentu yang nantinya akan otomatis terhapus dengan sendirinya, selain itu semua pesan tidak bisa diteruskan ke kontak lain dan bahkan kita tidak bisa mengambil screenshot di secret chat Telegram tersebut.

Apabila kamu pernah mengalami masalah tidak bisa mengambil screenshot di Telegram besar kemungkinan karena kamu sedang berada di jendela obrolan rahasia atau secret chat. Tujuannya tentu saja sangat jelas yakni akan semua pesan yang kita terima dan kirim tetap terjaga kerahasiaannya tanpa bocor ke pihak lain yang tidak berhak mengetahui isi percakapan tersebut.

kenapa telegram tidak bisa screenshot

Ini tentunya menjadi sebuah kelebihan tersendiri dari Telegram dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya karena kita memulai sebuah chat dengan aman tanpa khawatir ada yang mengambil screenshot.Tak usah khawatir untuk chat biasa di Telegram yang bukan secret chat kita masih bisa dan bahkan bebas kok untuk mengambil screenshot tanpa harus pakai aplikasi dari pihak ketiga.

Pengguna baru Telegram juga pasti pernah mengalami keadaan dimana chat Telegram hilang tanpa jejak. Sekali lagi ini bisa disebabkan karena kamu berada di secret chat dimana salah satu fitur pentingnya adalah chat akan akan otomatis hilang setelah periode waktu tertentu, hal ini untuk mencegah orang lain membaca chat tersebut di kemudian hari.

Bila kamu tidak pernah memakai fitur obrolan rahasia tapi tetap chat Telegram hilang bisa jadi karena teman atau rekan yang diajak berkomunikasi tersebut telah menghapus pesan untuk pengirim dan penerima sehingga secara otomatis pesan tersebut hilang di Telegram kamu. Seperti kita ketahui, di Telegram pengguna bisa hapus pesan kapan saja tanpa dibatasi waktu bukan hanya untuk pengirim saja tapi juga menghapusnya di Telegram penerima pesan tersebut.

Leave a Reply