Apa Efek Hapus Cache Aplikasi Android

Pernahkah Android kamu mengalami masalah memori internal penuh sehingga akhirnya tidak bisa install aplikasi atau menyimpan file karena selalu muncul error tidak cukup ruang penyimpanan padahal kamu tidak terlalu banyak menyimpan data di hp Android kamu tersebut. Setelah di cek, ternyata memori internal penuh disebabkan karena besarnya cache yang ada di Android, terpaksa kamu pun akhirnya harus melakukan clear atau hapus cache secara rutin. Lalu apa saja sih efek hapus cache di Android? Apakah kita harus rutin melakukan hapus cache?

Apa itu Cache Android? Secara sekilas cache adalah memori penyimpanan sementara yang fungsinya untuk lebih mempercepat akses dari aplikasi yang sering kita pakai di Android. Dengan adanya cache maka proses loading aplikasi akan lebih cepat tanpa harus menunggu waktu lama. Namun di sisi lain adanya cache tersebut tentu saja akan membuat memori internal Android kamu menjadi lebih cepat penuh karena digunakan untuk cache atau penyimpanan sementara tersebut. Apabila kamu masih bingung, bisa telusuri cara hapus cache Android yang akan membuat Android kamu bekerja lebih maksimal lagi.

efek hapus cache android

Pertama, menghapus cache di aplikasi Android salah satu efek langsungnya adalah akan membuat memori internal lebih lega atau kosong lagi. Seperti kita ketahui beberapa aplikasi Android terkadang menyimpanan cache sampai ratusan MB, dan dengan melakukan hapus cache maka tentu saja nantinya memori internal kamu akan bertambah lagi kapasitasnya.

Kedua, efek hapus cache di Android akan memperlambat akses atau buka tutup aplikasi atau game di Android. Yups, disisi lain ternyata menghapus cache secara rutin akan menyebalkan proses loading atau membuka sebuah aplikasi atau game menjadi lebih lama. Kenapa? karena aplikasi tersebut akan memulai dari awal kembali untuk proses loading seluruh file yang diperlukan, berbeda bila kamu tidak menghapus cache, maka proses loading akan cepat karena yang diakses adalah file cache tersebut.

Ketiga, Manfaat hapus cache adalah untuk mengatasi error saat membuka sebuah aplikasi. Pernahkan kamu mengalami masalah saat membuka sebuah aplikasi, ternyata aplikasi tersebut hanya mental dan kembali lagi ke menu utama? Nah, dengan melakukan proses hapus cache, maka kamu bisa dengan mudah dan cepat untuk mengatasi masalah error tersebut.

Keempat, Hapus cache Android tidak akan membuat kamu logout, atau kehilangan data level game. Banyak orang yang takut melakukan hapus cache karena takut data di aplikasinya tersebut hilang semisal kontak BBM hilang ataupun data lainnya. Perlu diingat bahwa Hapus Cache berbeda dengan Hapus Data. Proses menghapus cache di aplikasi Android tidak akan menghapus data aplikasi tersebut.

Jadi apabila kamu mengalami masalah ketika membuka sebuah aplikasi atau game, semisal ngehang atau malah balik lagi ke menu utama, juga apabila memori internal Android kamu tiba-tiba saja penuh tanpa sebab, maka proses hapus cache Android bisa mengatasi masalah kamu tersebut namun tentunya dengan sebuah resiko bahwa proses loading aplikasi tersebut akan sedikit lama.

Leave a Reply