Apa Itu Bootloader di Android

Saat kamu akan melakukan proses root Android dan kemudian menggunakan custom rom maka hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah status Bootloader pada Android apakah sudah locked atau sudah di unlocked. Sebenarnya apa sih Bootloader itu, fungsi dan gunanya apa untuk Android? Terus apakah setiap Android dilengkapi dengan bootloader dan kenapa kita harus melakukan unlocked bootloader di Android.

Dalam istilah yang sederhana bootloader di Android adalah bagian dari kode atau program yang berjalan setiap kali handphone Android kamu dijalankan, sebelum sistem operasi berjalan. Bootloader berguna untuk memberitahukan ponsel program apa saja yang harus dimuat agar nantinya hp Android kamu bisa berjalan dengan normal.

Bootloader di Android sangatlah penting karena apabila tanpa bootloader maka hp Android kamu tidak bisa berjalan atau masuk ke sistem operasi. Selain itu bootloader juga berfungsi untuk menjaga kondisi stock rom agar tetap berjalan dan juga menjaga aksesibilitas pengguna maupun untuk menjaga garansi dari Ponsel Android yang kamu miliki tersebut.

Secara default kondisi bootloader pada Android adalah dalam posisi terkunci atau locked bootloader dengan kondisi seperti ini maka stock rom akan terjaga dengan baik dan stabil. Namun kelemahan dari locked bootloader adalah kamu tidak akan bisa melakukan proses root, menggunakan custom rom di Android juga akses terhadap file sistem di Android menjadi sangat terbatas.

Lalu apa itu Unlock Bootloader? Nah kalau ini artinya bootloader di Android kamu sudah terbuka alias tidak terkunci lagi. Dengan unlocked bootloader maka kamu bisa leluasa mengakses file sistem, melakukan proses root maupun install custom rom. Apa kelebihan custom rom di Android? Jawaban singkatnya adalah dengan memakai custom rom kamu bisa menikmati upgrade Android yang lebih cepat semisal dari Lollipop ke Android Nougat tanpa harus menunggu update resmi dari vendornya.

Penggunaan custom rom di Android tentu saja membutuhkan bootloader yang sudah di buka alias unlocked bootloader. Lalu bagaimana cara membuka atau unlock bootloader di Android tanpa komputer? secara default biasanya untuk membuka bootloader sangatlah mudah yakni masuk ke menu Opsi Pengembang di Android lalu pilih Buka Kunci OEM seperti pada gambar di bawah ini.

cara unlock bootloader android tanpa komputer

Bagamana cukup mudah bukan untuk melakukan proses unlock bootloader di Android? dan tentunya kini kamu tidak akan bingung lagi apabila mengalami gagal root Android, karena salah satu penyebabnya adalah bisa jadi karena bootloader di Android masih dalam kondisi locked atau terkunci.

Leave a Reply