Apa Maksud Admin di Grup WA

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna WhatsApp dimana saat ini pemilik smartphone entah itu Android atau iPhone sudah pasti memiliki akun WhatsApp sebagai sarana komunikasi yang cepat, hemat dan tanpa harus pakai pulsa, tak mengherankan bila kemudian Grup WhatsApp atau sering disingkat WAG juga semakin banyak pula. Pengguna WhatsApp tak jarang bergabung dengan satu atau lebih grup WA dengan maksud untuk lebih mempermudah komunikasi dengan anggotanya.

Beberapa grup WA yang paling umum dan sering ditemukan adalah Grup Alumni sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan bahkan sampai teman kuliah. Lalu, ada juga grup teman sekantor atau satu sekolah yang tujuannya adalah agar bisa berbagi berbagai macam informasi terbaru dan terkini seputar pekerjaan atau tugas sekolah. Jangan lupakan juga Grup WA keluarga besar yang selalu heboh dengan berbagai macam gosip dan obrolan seru antar anggota keluarga.

Saat kamu melihat profil grup WA dengan lebih detail termasuk di dalamnya daftar anggota yang ada di grup tersebut tentunya kamu bakal menemukan tulisan admin yang tertera di salah satu nama anggota grup tersebut. Sebenarnya apa sih admin wa itu dan bagaimana cara kita menjadi admin di WA? Kemudian fungsinya untuk apa?

Admin di sebuah grup WA secara sederhana bisa dikatakan sebagai pengurus dari grup tersebut. Biasanya orang yang pertama kali membuat grup WA maka secara otomatis dia akan menjadi admin atau pengurus yang memiliki banyak wewenang dalam mengelola grup tersebut. Jumlah admin di grup WhatsApp jumlahnya bisa lebih dari satu bahkan tak terbatas, sebab nantinya Admin grup bisa juga menambahkan atau mengangkat anggota grup menjadi seorang admin. Perlu diingat bahwa pembuat grup akan selalu jadi admin dan tidak bisa diganti kecuali apabila dia keluar sendiri dari grup wa tersebut.

Bagaimana cara kita menjadi admin WA? Untuk menjadi seorang admin di grup, kamu harus diangkat langsung oleh salah seorang admin yang ada di grup tersebut tentunya dengan persetujuan dari anggota grup lain atau dari pembuat grup yang memiliki wewenang penuh. Masuk ke detail grup lalu pilih salah satu anggota yang akan dijadikan sebagai admin, seperti pada gambar dibawah ini.

maksud admin di grup wa

Fungsi Admin grup WA selain mengangkat anggota menjadi admin juga memiliki wewenang untuk menambahkan dan mengeluarkan anggota dari grup. Tentu saja fungsi ini sangat berguna terutama untuk mencegah masalah yang ditimbulkan oleh salah seorang anggota grup yang kurang memperhatikan etika dan peraturan grup saat melakukan chat di grup, dimana sang Admin bisa leluasa untuk mengeluarkannya dari grup wa tersebut.

Admin di sebuah grup WhatsApp juga bisa membuat tautan undangan untuk masuk grup tersebut, fitur ini akan memudahkan orang lain untuk masuk dan bergabung ke grup wa tersebut tanpa harus terlebih dahulu ditambahkan sebagai kontak di akun WhatsApp milik admin. Dengan tautan undangan grup wa juga, kami bisa menyebarkannya di sosial media seperti Twitter, FB atau Instagram agar orang lain berminat gabung dan menjadi anggota di grup tersebut.

fungsi admin di grup wa

Mengganti nama dan deskripsi grup WhatsApp juga menjadi hak admin berikutnya. Sebagai seorang admin apabila kamu merasa nama grupnya kurang menarik juga deskripsi atau keterangan tentu grupnya kurang tepat dalam menggambar tujuan dan fungsi dari grup tersebut maka kamu bisa dengan mudah melakukan perubahan yang dianggap perlu baik dengan persetujuan anggota atau dengan inisiatif kamu sendiri.

Di menu setelan grup, seorang admin juga bisa melakukan beberapa perubahan, mulai dari siapakah yang bisa dan berhak ikut chat atau obrolan di grup apakah semua anggota bisa mengirimkan pesan atau cuma terbatas pada admin saja. Ada juga menu edit admin, yang berfungsi untuk menghapus peran admin dari satu atau beberapa anggota. Sekali lagi perlu diingat bahwa pembuat grup tidak bisa dirubah jadi anggota biasa oleh admin lain.

admin grup wa artinya apa

Dengan mengetahui beberapa fungsi dan peran seorang Admin di grup WA kamu bisa lebih mudah untuk mengelola sebuah grup dengan benar dan baik. Sebagai seorang pengurus kamu harus memilih rasa tanggung jawab, tegas dan mampu bersikap adil terhadap semua anggota, agar nantinya tercipta rasa nyaman terhadap pengguna grup tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest