Apa Whatsapp Menguras Kuota Internet di Android?

Sedikit heran, baru saja berlangganan paket data dengan kuota sekitar 5GB lebih untuk satu bulan namun baru seminggu digunakan sudah ada notifikasi bahwa sisa kuota hanya 1GB lebih. Itu artinya dalam seminggu kuota di hp Android kamu terpakai hampir 4GB, padahal kamu tidak pernah bermain game online yang menguras kuota, tidak pernah streaming dan jarang sekali melakukan pembaruan atau mengunduh aplikasi dari Google Playstore.

Di hp Android kamu hanya ada aplikasi untuk komunikasi bersama teman saja yakni WhatsApp, tidak ada aplikasi sosial media lainnya seperti Facebook, Instagram dan bahkan BBM tapi kenapa kuota di Android sangat boros, apakah WhatsApp ngabisin kuota internet di Androd sehingga akhirnya menjadi cepat habis? Sebenarnya berapa sih besarnya kuota yang dibutuhkan untuk WhatsApp?

Bila kamu memiliki banyak grup WA yang sering sharing gambar atau foto, banyak melakukan panggilan telepon terutama video call via WhatsApp tentu saja kuota internet di Android kamu akan cepat habis. Mengunduh gambar secara otomatis di Whatsapp terutama apabila ukurannya sangat besar tentunya kuota internet yang terpakai juga akan besar pula tanpa kamu sadari.

Agar WhatsApp hemat kuota, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur WhatsApp agar tidak menyimpan foto otomatis di Android ini artinya setiap ada orang atau anggota grup yang mengirimkan sebuah gambar atau foto, maka file media tersebut tidak akan langsung di unduh oleh WhatsApp, tetapi harus di unduh secara manual. Dengan demikian nantinya kamu bisa memilih mana foto yang menarik dan layak untuk di unduh dan mana yang tidak, agar kuota internet di Android kamu tidak habis terpakai cuma sekedar untuk gambar atau foto yang tidak penting.

apakah whatsapp menguras kuota internet di hp android

Kedua, untuk menghemat kuota WhatsApp di Android adalah hindari untuk melakukan panggilan suara atau video via WhatsApp. Melakukan video call WA sama dengan melakukan streaming secara online yang akan menguras kuota internet. Gunakan fitur telepon dan video call WA apabila memang benar-benar diperlukan. Pilihan pertama tentu saja gunakan komunikasi via text agar lebih bisa menghemat penggunaan kuota internet di hp Android kamu.

Langkah ketiga untuk hemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp di Android adalah hindari melakukan proses backup chat WhatsApp secara online yang disimpan ke Google Drive, cukup backup secara lokal saja yang disimpan di memori internal atau sd card. Kenapa? apabila kamu banyak melakukan chat bersaman teman, grup wa yang disertai dengan gambar juga foto, tentunya ukuran file backup semakin hari akan makin besar dan bila file backup tersebut di upload ke penyimpanan online, kuota internet kamu akan cepat habis.

Jadi sekarang kamu sudah mengetahui apa penyebab WhatsApp menguras kuota internet di hp Android kamu. Mulai sekarang kamu bisa lebih menghemat kuota dengan menggunakan WhatsApp lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest