Apakah Android Nougat Bisa di Upgrade ke Oreo

Setiap tahun Google selalu merilis versi terbaru dari sistem operasi mobilenya, baru tahun lalu kita mendengar tentang Android Nougat dan Oreo, tahun ini sudah hadir Android 9 Pie. Tak seperti iOS dimana pengguna bisa langsung me dapatkan pembaruan terbaru hanya dalam hitungan hari, maka di Android kita harus sedikit bersabar karena update OS Android terbaru tak jarang butuh waktu berbulan-bulan lamanya.

Meski saat ini sudah hadir Android 9 Pie, namun ternyata masih banyak pengguna yang tetap pakai Android Nougat bahkan Marshmallow karena belum juga mendapatkan update terbaru dari vendor ponsel yang digunakannya tersebut. Malah, tak jarang pengguna Android yang ingin memakai OS teranyar justru harus ganti smartphone baru, karena ternyata hp yang digunakanya sekarang tidak akan lagi mendapatkan upgrade ke Android terbaru.

Satu pertanyaan sederhana yang sering terlontar dari pengguna Android adalah apakah Android Nougat bisa di upgrade ke Oreo? Jawabannya tentu saja sangat bisa, bahkan dari Marshmallow atau Lollipop bisa langsung upgrade ke Android Oreo, namun semuanya tergantung kepada vendor hp yang digunakan, apakah akan memberikan upgrade kepada penggunanya atau tidak. Jadi, disini yang menentukan mendapat upgrade atau tidak tergantung kepada vendor dari merk hp yang kamu pakai.

Pengguna Xiaomi mungkin akan bisa langsung upgrade dari Nougat ke Oreo karena vendor handphone ini selalu rutin merilis sistem operasi terbaru untuk penggunanya. Berbeda dengan vendor hp Android lainnya yang sangat jarang dan bahkan tidak pernah rilis update sistem operasi terbaru kepada para penggunanya. Jadi, sekali lagi yang sangat menentukan apakah hp Android bisa upgrade ke Nougat ke Oreo adalah vendor dari hp tersebut. Biar tidak penasaran kamu bisa simak hp Android yang selalu dapat update os terbaru agar nantinya bisa dengan mudah menentukan pilihan saat ingin membeli sebuah hp yang selalu uptodate.

android nougat bisa di upgrade ke oreo

Berbeda bila kamu sudah terbiasa dengan custom rom, tanpa harus menunggu update terbaru dari vendor hp tersebut, kamu bisa langsung melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru baik ke Oreo bahkan Android 9 Pie sekalipun. Namun tentu saja yang namanya custom rom itu terkadang tidak selancar dan senyaman bila dibandingkan dengan rom resmi atau official dari vendor hp tersebut, karena cusrom ini dikembangkan dan dibuat oleh komumitas pengguna hp tersebut.

Custom Rom memang bisa jadi salah satu solusi tercepat dan terbaik bila kamu ingin segera mendapatkan upgrade terbaru dari sistem operasi Android ini. Saat Google merilis OS Android terbaru misal Android 9 Pie, biasanya dalam hitungan minggu bahkan hari, kita bisa langsung mendapatkan upgrade Android terbaru menggunakan custom rom.

handphone android sering dapat upgrade ke os terbaru

Tapi meski dengan custom rom kita bisa langsung mendapatkan upgrade OS Android terbaru, namun harus diingat tidak semua merk hp bisa menggunakan cusrom tersebut. Biasanya hanya merk hp yang populer dan memiliki banyak anggota komunitas yang bisa mendapatkan custom rom dengan cepat, berkat andil dan kerjasama seluruh anggota di komumitasnya untuk mengembangkan dan menghadirkan custom rom ini.

Untuk kamu pengguna type dan merk ponsel yang kurang populer harus lebih bersabar, bila untuk custom rom aja sudah sangat sulit dan susah, jangan heran bila kemudian tidak akan mendapatkan upgrade resmi dari vendor hp tersebut. Bila demikian, maka solusi termudahnya adalah kamu harus mengganti hp ke type terbaru yang sudah dilengkapi dengan OS Oreo atau Android 9 Pie, karena hp lama kamu kemungkinan sudah tidak akan lagi me dapatkan upgrade.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest