Cara Mengetahui Android Snapdragon atau Mediatek

Bagi pengguna Android yang sering bermain game online tentu saja saat akan memilih sebuah handphone terbaru bukan lagi dilihat dari sisi kamera karena yang terpenting bagi mereka adalah game bisa berjalan dengan lancar tanpa ngelag dan daya tahan baterai mampu bertahan sampai lebih dari 8 jam. Dulu, memang sedikit agak susah mencari handphone Android yang khusus diperuntukan bagi yang suka bermain game, karena kebanyakan vendor berlomba hanya di sisi kamera demi menggaet konsumen yang sering selfi.

Kini disaat game online di hp Android mulai menjadi trend, seperti kita ketahui game Mobile Legends atau AOV memiliki banyak sekali user sehingga tak mengherankan bila para vendor handphone mulai merilis hp Android yang khusus untuk gaming seperti Asus Zenfone Max Pro M1 atau Pocophone F1 dari Xiaomi. Hp Android gaming tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor dan chipset yang mampu menjalankan berbagai macam game online terbaru yang disertai daya tahan baterai yang bisa diandalkan.

Bagi mereka yang sering bermain game dengan hp Android menengah ke bawah tentu sudah mengetahui bahwa kinerja hp dengan chipset Snapdragon lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan mediatek. Dengan kisaran harga yang sama di bawah 3 jutaan, bermain game menggunakan hp Snapdragon terasa lebih lancar dengan daya tahan baterai yang lebih lama. Maka tak mengherankan bila kemudian hp Android Snapdragon lebih banyak dipilih oleh mereka yang sedang dengan game online di handpone.

Handphone Android dengan Snapdragon 625 pernah menjadi standar dan banyak digunakan di hp Android gaming dengan harga terjangkau seperti Asus Zenfone 4 Selfie Pro, Xiaomi Mi A1, Redmi Note 4 sampai Xiaomi Redmi 5 Plus, dan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kini Android Snapdragon 636 mulai merebut pasar karena memiliki keunggulan dan daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Beberapa contoh hp Android gaming dengan Snapdragon 636 adalah  Xiaomi Redmi Note 5, Meizu E5 dan Asus Zenfone Max Pro M1.

Mengetahui Android Snapdragon atau Mediatek

Untuk kamu yang sudah terlanjur membeli sebuah hp Android terbaru tanpa terlebih dahulu mengecek apakah hp tersebut memakai snapdragon atau mediatek, jangan khawatir karena kita bisa dengan mudah mengetahui Android Mediatek atau Snapdragon memakai aplikasi yang khusus untuk mengidentifikasi hardware dan software yang dipakai di ponsel tersebut. Beberapa aplikasi seperti Cpu-z atau CPU Identifier yang bisa kamu dapatkan di Google Playstore akan memberikan informasi detail tentang hp Android yang kamu pakai.

Saat menjalankan aplikasi khusus untuk mendeteksi secara detail informasi tentang ponsel mulai dari hardware sampai software kamu bisa langsung melihat apakah hp Android tersebut menggunakan Snapdragon atau Mediatek. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, hp Android tersebut memakai model Snapdragon 636.

cara mengetahui android snapdragon atau mediatek

Jika kamu terlanjur membeli sebuah hp Android dengan chipset mediatek, apakah kita bisa merubah mediatek menjadi snapdragon? Jawabannya jelas sekali, yakni Tidak Bisa. Mau tidak mau kamu harus membeli sebuah handphone Android baru dengan chipset Snapdragon terutama bila ingin menggunakan hp tersebut untuk bermain game.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest