Apakah Factory Reset Bisa Downgrade Android

Istilah upgrade dan downgrade sudah sering kita dengar terutama yang berkaitan dengan sistem operasi di smartphone baik iOS atau Android, juga berkaitan dengan aplikasi dan game yang kita install. Ketika kita melakukan upgrade, maka tidak menutup kemungkinan suatu waktu kita malah akan melakukan downgrade begitu juga sebaliknya.

Bila kita ingin meningkatkan versi aplikasi atau sistem operasi ke tingkat yang lebih tinggi atau terbaru maka disebut upgrade, sebaliknya downgrade justru menurunkan versi ke yang lebih rendah dari yang kita gunakan saat ini. Contoh downgrade adalah merubah sistem operasi dari Android Pie ke Oreo.

Bukan tanpa alasan kenapa banyak orang yang justru ingin melakukan downgrade atau menurunkan versi. Salah satunya adalah karena performa atau kinerja OS atau aplikasi terbaru tersebut terasa lemot dan tidak maksimal, sehingga kita tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal seperti sebelum dilakukan proses update.

Sebagai contoh saat ada pembaruan terbaru Android Pie untuk smartphone, tanpa pertimbangan matang kamu melakukan update ke Android Pie tersebut. Nah, setelah selesai melakukan update ternyata smartphone kamu kinerjanya tidak maksimal dan cenderung lemot bila dibandingkan saat masih pakai Android Oreo.

ternyata factory reset tidak bisa downgrade android

Kemudian muncul keinginan untuk melakukan downgrade atau mengembalikan Android ke versi sebelumnya. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah factory reset atau format ulang ke setelan pabrik bisa secara otomatis downgrade Android ke versi sebelumnya?

Jawabannya cukup jelas bahwa factory reset tidak bisa downgrade versi Android. Bila kamu sudah update smartphone ke Android Pie, maka setelah dilakukan proses factory reset, sistem operasinya akan tetap sama yakni Android Pie, tidak akan berubah ke versi sebelumnya yang dipakai di smartphone tersebut.

Masalah seperti ini seringkali terjadi pada mereka yang sudah terlanjur melakukan update ke Android terbaru, kemudian mereka berubah pikiran dan beranggapan bahwa dengan melakukan factory reset maka otomatis akan downgrade OS Android, padahal semua anggapan tersebut tidaklah benar.

apakah factory reset bisa otomatis downgrade android

Lalu bagaimana cara downgrade Android yang benar dan tepat? Nah, melakukan downgrade Android tidaklah semudah yang dibayangkan, prosesnya cukup rumit terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan istilah flashing menggunakan komputer.

Yups, proses downgrade membutuhkan firmware yang benar-benar tepat dan cocok, program untuk flashing seperti flashtool dan tentu saja semua PC atau laptop. Kita tidak bisa melakukan downgrade OS tanpa bantuan komputer.

Leave a Reply