Apakah iOS Harus Selalu di Update

Dibandingkan dengan Android yang terkadang jarang mendapatkan pembaruan sistem, iOS yang digunakan di iPhone boleh dibilang sebagai sistem operasi yang secara rutin mendapatkan pembaruan sistem. Tidak peduli kamu masih pakai iPhone jadul seperti iPhone 5S atau 5S selama perangkat tersebut masih termasuk ke dalam daftar yang mendapatkan iOS versi terbaru maka jangan heran bila secara rutin akan mendapatkan update iOS baik lewat OTA ataupun update manual via iTunes di komputer.

Hebatnya lagi update iOS akan tersedia untuk sebuah iDevice yang masih didukung mulai dari yang terbaru seperti iPhone XS sampai type jadul secara serentak tanpa ada perbedaan waktu. Bayangkan dengan hp Android tak jarang justru type terbaru yang akan mendapatkan perhatian utama atau prioritas update, sedangkan untuk hp Android tipe lama jarang mendapatkan perhatian dari sisi update dan harus puas hanya menggunakan Android Marshmallow disaat sudah tersedia Android Nougat bahkan Android Pie.

apakah ios harus selalu diupdate

Ukuran update iOS yang tersedia secara OTA biasanya berkisar antara 100MB sampai 500MB tergantung kepada banyak tidaknya fitur terbaru yang disertakan di update tersebut dan juga perbaikan berbagai macam bug yang berhasil ditemukan dan akhirnya diperbaiki lewat pembaruan tersebut. Proses ota update iOS juga disarankan menggunakan Wifi agar nantinya proses mengunduh file pembaruan tersebut tidak mengalami kendala yang disebabkan koneksi seluler yang tak stabil.

Penggunaan jaringan Wifi untuk proses update ios bagi sebagian orang terkadang menjadi sebuah kendala tersendiri karena tidak semua orang memiliki jaringan wifi super cepat di rumah atau tempat kerjanya. Maka tidak mengherankan bila kemudian ada beberapa pengguna iPhone yang jarang sekali melakukan proses update iOS meskipun di pengaturan sistem sudah muncul pemberitahuan tentang pembaruan yang sudah tersedia dan bila langsung diunduh secara ota.

Bagi mereka yang jarang melakukan proses update iOS ke versi terbaru mungkin saja sudah sering bertanya apakah iOS di iPhone harus selalu diupdate ataukah sama sekali tidak perlu di update? Kegunaan dan manfaat update yang utama biasanya memperbaiki berbagai macam error dan bug yang seringkali muncul saat kita mengoperasikan iPhone. Selama kamu masih nyaman menggunakan iOS versi lama dan tidak pernah mengalami error yang parah, maka tidak masalah bila kemudian kamu memutuskan untuk menunda proses update iOS di iPhone tersebut.

Seperti dijelaskan diatas selain memperbaiki berbagai macam error dan bug, update iOS juga biasa memperkenalkan beberapa fitur dan menu terbaru. Nah, bila ternyata fitur atau menu baru tersebut tidak didukung oleh iPhone yang kamu miliki saat ini atau kamu merasa fitur tersebut kurang penting dan cuma sekedar fitur tambahan saja maka kita boleh kok untuk tidak melakukan update iOS.

Namun demikian untuk beberapa kondisi penting, seperti perbaikan terhadap sebuah error atau bug yang berhubungan dengan keamanan penggunaan iPhone, maka sangat disarankan untuk selalu update iOS ke versi terbaru yang dikeluarkan oleh Apple. Terlebih dahulu tentu saja utamakan memilih ota update agar proses lebih cepat, baru bila terjadi kendala kamu bisa pilih opsi update pakai iTunes di Komputer atau PC.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest