Pusat Kontrol iPhone Hilang dan Tidak Muncul

Salah satu fitur iPhone yang sangat berguna untuk mengakses berbagai macam menu dengan cepat dan mudah adalah control center atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah pusat kontrol. Dengan memanfaatkan fitur control center, kita bisa mengaktifkan berbagai macam menu seperti kamera, Wifi, Bluetooth, kalkulator, merubah volume musik, mengatur kecerahan layar, barcode scanner bahkan akses untuk merekam tampilan layar iPhone. Tidak perlu lagi harus masuk ke aplikasi atau menu pengaturan terlebih dahulu tapi cukup memunculkan pusat kontrol di iPhone.

Secara default control center akan otomatis aktif di iPhone kamu apabila di akses di menu utama. Sedangkan apabila di akses di layar terkunci ataupun akses di aplikasi, fitur pusat harus diaktifkan terlebih dahulu karena membutuhkan izin khusus. Kenapa? Sebab pusat kontrol di iPhone ini berhubungan dengan berbagai macam aplikasi dimana setiap orang yang bisa mengakses pengaturan dan data yang ada di iPhone tersebut.

Jadi bila kamu mencoba mengakses pusat kontrol di iPhone saat layar terkunci atau ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi dan ternyata control center iPhone tidak muncul, jangan panik karena mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh pengaturan pusat kontrol memang tidak diaktifkan untuk bisa diakses di lock screen ataupun ketika kita menjalankan sebuah aplikasi. Berikut ini beberapa langkah mengatasi pusat kontrol iPhone hilang atau tidak muncul.

Mengaktifkan pusat kontrol di layar terkunci atau lock screen sangatlah mudah, pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan di iPhone lalu tap pada pilihan Touch ID & Kode Sandi. Apabila sebelumnya kamu sudah mengaktifkan passcode atau kode sandi, silahkan masukan terlebih dahulu passcode atau kode tersebut, selanjutnya aktifkan pada opsi Kontrol Pusat agar nantinya kamu bisa mengakses control center ini dari layar terkunci tanpa perlu memasukan passcode terlebih dahulu.

cara mengaktifkan control center iphone

Saat kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi misalkan Instagram ataupun WhatsApp dan ternyata kamu tidak bisa mengakses control center, bisa jadi karena kamu tidak mengizinkan akses pusat kontrol tersebut diatas sebuah aplikasi. Cara mengatasinya cukup mudah yakni masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Pusat Kontrol dan aktifkan opsi akses di dalam aplikasi. Sekarang, akses control bisa diakses meskipun kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi.

control center iphone tidak muncul

Untuk iPhone jadul seperti iPhone 8 ke bawah termasuk tentunya iPhone 6S dan 5S menu pusat kontrol ini biasanya bisa diakses dengan cara geser dari bawah layar iPhone ke atas. Kamu bisa langsung mengaktifkan beberapa opsi yang ada di pusat kontrol ini.

cara buka pusat kontrol di iPhone

Sedangkan untuk pengguna iPhone X dan yang terbaru adalah iPhone XS dan XR ada sedikit perbedaan ketika kita akan mengakses control center ini, karena bukan di geser dari bawah ke atas, namun kita harus geser dari bagian atas kanan layar (yang ada logo baterai dan sinyal seluler) ke bawah sampai muncul menu pusat kontrol.

cara akses control center di iPhone XS terbaru

Untuk kamu yang baru mengganti iPhone 6S dan sekarang memakai iPhone XS Max, sebaiknya mulai membiasakan diri saat mengakses pusat kontrol di iPhone, karena adanya perbedaan cara mengakses menu control center ini, yang sebelumnya yakni di iPhone 6S kamu terbiasa geser dari bawar layar ke atas, kini di iPhone XS Max kamu harus geser dari kanan atas layar ke bawah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest