Beda DFU dan Recovery Mode di iPhone

Apakah kamu pernah mengalami masalah saat sedang melakukan proses OTA Update iPhone ke iOS terbaru, tiba-tiba saja iPhone kehabisan baterai sehingga proses update menjadi terhenti dan tidak bisa dilanjutkan. Ketika kamu mencoba untuk menyalakan ulang, di layar iPhone hanya muncul logo iTunes dan USB sehingga tidak bisa masuk ke menu utama. Dengan kondisi seperti ini itu artinya sistem operasi atau iOS di iPhone kamu mengalami masalah sehingga tidak booting dengan normal.

Pada saat di iPhone muncul logo iTunes dan Usb itu artinya iPhone dalam kondisi recovery mode, agar bisa berjalan dan berfungsi kembali dengan normal maka harus dilakukan restore atau update secara manual menggunakan iTunes baik di Windows atau Mac. Proses restore iPhone menggunakan iTunes bisa dilakukan secara online ataupun offline dengan terlebih dahulu kamu mengunduh firmware dalam bentuk file ipsw sesuai dengan type iPhone yang kamu miliki tersebut.

beda recovery mode dan dfu mode

Berbeda dengan Android yang hanya mengenal Recovery Mode, saat kita akan melakukan proses restore, flashing atau update iPhone memakai iTunes adalah dua cara yang bisa gunakan yakni dengan masuk ke DFU Mode atau Recovery Mode. Bila kamu baru pertama kali melakukan restore via iTunes tentu akan sedikit bingung dengan perbedaan antara recovery dan DFU mode ini.

Recovery Mode di iPhone bisa dengan mudah dikenali saat di layar muncul logo iTunes dan USB. Dalam kondisi seperti ini iPhone hanya bisa berjalan sampai iBoot tanpa bisa masuk ke sistem operasi utama dalam hal ini iOS. Kamu bisa langsung melakukan proses update atau restore memakai iTunes baik di PC atau Mac.

Bila kamu ingin masuk ke recovery mode secara manual caranya tidaklah terlalu, pertama turn off atau matikan iPhone setelah itu tekan tombol Home selama beberapa detik sambil sambungkan iPhone ke PC atau Mac menggunakan kabel data, tunggu beberapa saat sampai di layar muncul keterangan bahwa iPhone berada dalam mode recovery dan siap untuk dilakukan proses restore.

Proses restore iPhone lewat recovery mode tidak selamanya berjalan dengan normal karena bisa saja muncul error 4005, 4013, dan 4014. Bila kamu mengalami masalah seperti ini, maka proses restore iPhone harus dilakukan lewat mode DFU atau (Device Firmware Update) suatu kondisi dimana iPhone tidak masuk ke bootloader atau iOS itu sendiri, namun masuk tetap bisa terdeteksi oleh iTunes.

DFU Mode iPhone memang menjadi cara terakhir yang paling ampuh untuk melakukan proses restore atau update iPhone yang tidak bisa lewat cara normal biasa. Salah satu tanda iPhone dalam kondisi DFU Mode adalah layar hanya blank hitam tanpa ada gambar USB atau iTunes. Untuk masuk ke mode DFU di iPhone 7 ke bawah kamu bisa mencoba langkah berikut ini.

  1. Sambungkan iPhone ke komputer lalu matikan dengan menekan tombol tombol power.
  2. Setelah iPhone mati kemudian tekan tombol power selama 3 detik
  3. Saat masih menekan tombol Power, lalu tekan tombol Home. Tahan kedua tombol selama 10 detik.
  4. Selanjutkan lepaskan tombol power, sedangkan tombol Home masuk tetap di tekan selama kurang lebih 5 detik.

Bila sukses masuk ke DFU mode maka layar iPhone akan blank hitam namun tetap terdeteksi oleh iTunes dan kamu bisa lakukan melakukan proses restore. Bila di layar muncul logo iTunes, maka kamu masuk ke recovery mode bukan DFU. Ulangi langkah diatas dengan benar dan tepat, untuk bisa masuk ke DFU mode di iPhone.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest