Apakah Versi MIUI Harus Diperbaharui

Salah satu alasan kenapa orang lain memilih smartphone Xiaomi dibandingkan merk lain adalah karena anggapan bahwa Xiaomi selalu mendapatkan update Android terbaru yang tentunya sebagai pengguna kita bisa merasakan bagaimana fitur dan menu yang ada di OS Android paling anyar, tidak hanya terpaku dengan sistem operasi bawaan. Sebagai contoh, bila saat membeli sebuah ponsel Xiaomi kamu baru mendapatkan MIUI dengan OS Marshmallow karena merupakan bawaan defaultnya, maka dalam beberapa bulan ke depan bisa berharap bisa menggunakan OS Oreo bahkan mungkin Android Pie.

Saat ini MIUI sudah mencapai versi 10 dimana dalam beberapa bulan ke depan kemungkinan besar akan segera dirilis MIUI 11 dengan berbagai macam fitur dan menu terbaru baik yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya atau juga fitur yang benar-benar anyar yang baru ada di versi MIUI 11. Untuk kamu yang saat ini masih menggunakan smartphone Xiaomi dengan MIUI 9 bahkan mungkin MIUI 8 mungkin akan sedikit bertanya apakah versi MIUI itu harus selalu di update ke versi terbaru?

Upgrade atau Pembaharuan MIUI terbaru sebenarnya merupakan pilihan opsional dimana kita sendiri bisa menentukan bahwa memang membutuhkan update tersebut atau tidak. Apabila kamu saat ini sudah merasa sangat nyaman dengan versi MIUI lawas, dimana bisa lancar bermain game dengan grafik tinggi tanpa ngelag, tidak ada kendala saat memakai berbagai aplikasi media sosial seperti Instagram, Twitter sampai Facebook bahkan ketika berkomunikasi dengan teman baik lewat WhatsApp atau BBM kamu tidak pernah mengalami masalah apapun, maka sebenarnya kamu bisa kok tidak melakukan proses update ke MIUI versi terbaru tersebut.

Prinsipnya jangan tergoda dengan berbagai macam fitur dan menu yang belum tentu kamu butuhkan dan tidak ada jaminan bahwa semua fitur tersebut akan berjalan dengan sempurna dan lancar dan smartphone milik kamu tersebut. Kenyamanan dan keamanan saat menggunakan smartphone harus menjadi pertimbangan utama ketika kamu memutuskan apakah akan melakukan proses upgrade atau tidak. Hindari, melakukan pembaharuan ke MIUI versi terbaru hanya karena ingin pamer atau sekedar ikut-ikutan teman.

Apakah Versi MIUI Harus Diperbaharui

Namun, bila kamu selalu ingin mendapatkan dan merasakan bagaimana sensasi menggunakan menu dan fitur teranyar dari MIUI versi baru maka melakukan proses update akan menjadi sebuah keharusan yang bisa lakukan baik lewat OTA Update maupun pembaharuan manual via MiFlash di komputer. Cara paling aman untuk meningkatkan versi MIUI di Xiaomi tentu saja melakukan proses OTA update dimana kita bisa langsung melakukan proses pembaharuan tersebut tanpa perlu bantuan komputer.

Di setiap versi MIUI terbaru selalu disertai dengan sederet fitur terbaru sebagai contoh MIUI 11 yang akan segera dirilis memiliki beberapa fitur yang tidak ada di MIUI versi sebelumnya. Perbedaan dibandingkan versi lawas, di MIUI 11 kita akan mendapatkan ikon aplikasi anyar yang sudah tata ulang tanpa menghilangkan ciri khas sebelumnya. Mungkin saja fitur bagi sebagian orang merupakan hal sepele karena kita bisa dengan mudah gonta ganti icon menggunakan iconpack yang banyak tersedia di Playstore namun untuk pengguna pemula, keberadaan icon default dengan tampilan anyar akan memberikan sedikit refresh setelah sekian lama bosan dengan icon lawas.

Fitur penghemat daya atau power saving juga akan mulai diperkenakan di MIUI 11 terbaru dari Xiaomi. Untuk kamu yang sering mengalami lowbet atau kehabisan baterai saat diperjalanan, fitur penghemat daya ini akan memberikan keuntungan tersendiri karena nantinya kita bisa tetap menggunakan fitur SMS dan Telepon disaat fitur sistem lainnya akan otomatis dimatikan untuk menghemat pengguna daya yang akan membuat baterai menjadi lebih awet.

Apakah kamu sering mengalami masalah Android ruang penyimpanan tidak cukup? tak usah di MIUI terbaru ada fitur yang bisa membuat kamu lebih hemat dalam menggunakan ruang penyimpanan internal yakni hasil screenshot di Xiaomi akan otomatis terhapus apabila sudah dikirimkan ke kontak baik via WhatsApp, Email, Bluetooth ataupun media sosial lainnya. Meski mungkin dianggap sepele karena ukurannya tidak terlalu besar, tapi bila jumlah hasil screenshot di Xiaomi kamu berjumlah ratusan maka tentu saja bisa membuat ruang penyimpanan menjadi cepat penuh.

MIUI 11 terbaru akan tersedia untuk berbagai macam perangkat Xiaomi mulai dari Redmi 7, Xiaomi Mi9, Mi8 Lite, Mi Mix 3, Xiaomi Mi Note 3, Redmi Note 6 sedangkan untuk smartphone Xiaomi versi lawas seperti Redmi 4/4A, Redmi Note 4, Redmi 3S/3X, dan Redmi Note 3 kemungkinan tidak akan mendapatkan update MIUI 11 terbaru dari Xiaomi.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest