Bagaimana Cara Xiaomi Split Screen

Salah satu fitur Android terbaru yang jarang sekali digunakan adalah layar split dimana dengan fitur ini kita bisa menampilkan dan menjalankan dua aplikasi sekaligus di smartphone kita. Ini artinya, kamu bisa tetap fokus membaca dan membalas pesan di WhatsApp sambil bermain game atau menonton sebuah video di Youtube. Kita tidak harus menutup terlebih dahulu sebuah aplikasi hanya sekedar untuk beralih ke aplikasi lain, karena secara bersamaan dua aplikasi bisa tampil secara bersamaan.

Smartphone Android terbaru baik itu merk Asus, Oppo, Vivo bahkan Xiaomi sudah mendukung fitur split screen ini. Khusus untuk pengguna ponsel pintar Xiaomi sebelum bisa menggunakan fitur ini kamu harus terlebih dahulu melakukan pengaturan layar split yakni memilih tombol mana yang akan dipakai untuk mengaktifkan split screen. Berbeda dengan smartphone lain, yang secara default cukup menekan tombol menu selama beberapa detik agar split screen aktif.

Langkah berbeda berlaku juga untuk pengguna smartphone Android dengan sistem operasi Android Pie terutama dengan sistem operasi Android murni seperti di Asus Zenfone Max Pro M1 atau yang satu tipe ada cara khusus untuk Mengaktifkan Split Screen di Android Pie yakni tanpa menggunakan tombol apapun tapi cukup tap pada ikon aplikasi yang muncul layar multitasking agar nantinya secara otomatis layar split aktif di smartphone milik kamu tersebut.

Untuk pengaturan layar split Xiaomi sendiri kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan dengan masuk ke menu Setelan Tambahan lalu tap pada pilihan Pintasan tombol dan gerakan seperti tampak pada gambar di bawah ini.

cara xiaomi split screen

Pada jendela yang muncul kamu bisa pilih opsi Buka layar split kemudian kita harus menentukan tombol mana yang akan dipakai untuk mengaktifkan fitur ini. Ada beberapa pilihan yakni menggunakan tombol menu, beranda atau tombol back (kembali). Tentu saja pilih sesuai dengan keinginan, sebagai contoh kita pilih tombol menu saja agar sama dengan tipe smartphone Android lainnya.

cara aktifkan layar split di xiaomi terbaru

Setelah berhasil menentukan tombol mana yang akan dipakai untuk aktifkan layar split di Xiaomi, selanjutnya kamu bisa langsung mencobanya. Jalankan dua aplikasi sekaligus, kemudian saat berada di salah satu aplikasi, kamu bisa tekan selama beberapa detik tombol menu agar nantinya layar Xiaomi otomatis terbagi dua untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus. Ketika kamu kembali ke menu utama, di bilah notifikasi akan ada notif bahwa layar split sedang aktif di Xiaomi milik kamu.

pengaturan split screen di hp xiaomi

Bagi kamu yang masih penasaran apa sih sebenarnya fungsi layar split Xiaomi ini? sekali lagi dijelaskan bahwa dengan fitur ini kamu bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, yang tentu saja akan sangat membantu kamu untuk melakukan multitasking yakni melakukan dua aktivitas sekaligus tanpa harus selalu beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Bagaimana bila kamu ternyata tidak suka dengan fitur ini dan tidak ingin fitur ini aktif di ponsel pintar Xiaomi milik kamu tersebut? Tak usah khawatir kamu bisa lakukan langkah serupa seperti cara di atas, namun kali ini pada pilihan gerakan dan tombol opsional pilih tidak ada, agar nantinya fitur split screen di Xiaomi tidak bisa aktif saat kamu menekan tombol menu, back atau beranda (home).

Leave a Reply

Pin It on Pinterest