Cara Kirim File Lewat Wifi Android

Apakah kamu pernah bertanya bagaimana sih cara mengirim file lewat wifi di Android? Semisal kamu ingin mengirimkan foto dari Android ke Laptop /PC lewat Wifi tanpa menggunakan kabel data, dengan tujuan kamu ingin membackup foto atau file lainnya yang ada di Android tersebut ke laptop.

Untuk transfer file lewat wifi di Android sangatlah mudah, karena kini telah banyak aplikasi yang tersedia di Google untuk proses kirim file lewat Wifi Android. Namun, sebelum kamu melakukan tips di bawah ini, ingat baik-baik bahwa baik hp Android dan Laptop/PC kamu harus terhubung ke jaringan atau laptop kamu harus terkoneksiĀ  ke hotspot wifi Android yang kamu pakai.

Silahkan install dan download terlebih dulu aplikasi kirim file lewat Wifi Android yang banyak tersedia di Playstore, dalam contoh kita pakai Wifi File Transfer untuk Android. Bila kamu belum pernah download aplikasi dari Google Play Store simak cara download aplikasi Android di playstore biar nantinya kamu terbiasa.

transfer data lewat wifi di android

 

Setelah berhasil menginstall aplikasi Wifi File Transfer for Android, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut sentuh Start. Kamu akan melihat alamat untuk transfer file lewat Wifi catat baik-baik alamat tersebut agar kamu bisa mengaksesnya lewat laptop.

transfer foto ke android lewat wifi

 

Setelah ingat alamat untuk transfer file lewat Wifi Android, sekarang buka firefox atau chrome untuk membuka alamat tadi, sampai muncul Wifi file transfer seperti di bawah ini.

transfer foto dari Android ke laptop lewat wifi

 

Untuk Transfer File dari Android ke Laptop lewat wifi, kamu tinggal pilih (beri tanda ceklis) file, foto atau data lainnya kemudian download. Jangan khawatir proses download disini tidak akan menghabis kuota internet kok.

transfer file dari laptop ke android lewat wifi

 

Pilih One Zip Archive agar proses transfer file lewat wifi dari Android ke laptop berjalan dengan cepat.

transfer foto dari android ke komputer lewat wifi

 

Lalu, bagaimana kalau ingin mengirimkan file dari Laptop/PC ke Android lewat Wifi? Nah, untuk transfer data dari laptop lewat wifi ke Android, kamu tinggal pilih menu transfer file to device, kamu bisa pilih Select Files untuk transfer beberapa file atau Select Folders untuk transfer satu folder sekaligus ke Android via wifi.

transfer file lewat wifi android

 

Kini kamu bisa dengan mudah transfer file dari Android ke Laptop via Wifi ataupun sebaliknya dari komputer ke Android lewat Wifi. Namun, jangan lupa proses transfer ini hanya bisa dilakukan bila Laptop dan hp Android kamu berada di satu jaringan atau hotspot wifi yang sama.

2 Responses to “Cara Kirim File Lewat Wifi Android”
  1. Emi S 25/05/2015
  2. Alimaruf 13/07/2015

Leave a Reply