Apa itu Downgrade Android?

Pengguna smartphone tentu sudah hafal betul dengan istilah update yakni memperbarui aplikasi, game dan bahkan sistem operasi ke versi terbaru. Bahkan setiap hari, kamu pasti pernah menerima notifikasi update aplikasi terbaru dari Google Play Store, tujuan jelas sekali yakni agar kita bisa menggunakan game atau aplikasi tersebut dengan berbagai macam fitur anyar, bisa juga cuma perbaikan dari beberapa masalah yang sering muncul di versi sebelumnya.

Proses update tentu saja bisa dilakukan secara otomatis maupun manual. Sebagai contoh di Google Play Store ada setelan dimana kita bisa memilih apakah proses update atau upgrade game atau aplikasi bisa dilakukan secara otomatis lewat jaringan apapun atau cuma wifi saja, ada juga opsi dimana kita bisa menentukan sendiri kapan ingin melakukan update.

apa itu downgrade hp android

Setelah melakukan proses update, tak jarang banyak pengguna smartphone yang merasa menyesal dan tidak puas dengan kinerja aplikasi, game atau smartphone yang ternyata menjadi lebih lambat dibandingkan sebelum update. Nah, istilah untuk mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya (lama) dikenal dengan sebutan downgrade.

Jadi, untuk kamu yang masih merasa bingung dan bertanya apa sih downgrade itu? Tak usah bingung lagi, downgrade itu adalah lawan kata upgrade. Down artinya ke bawah yang berarti kita mengembalikan versi aplikasi, game atau sistem operasi ke versi lama sebelum dilakukan proses update atau upgrade.

Downgrade Android bisa diartikan adalah mengembalikan sistem operasi Android ke versi lama, sebagai contoh apabila kamu telah melakukan upgrade smartphone ke Android 10 dan ternyata tidak puas dengan kinerjanya karena menyebabkan hp kamu menjadi lambat, kemudian dilakukanlah proses downgrade yakni mengembalikan sistem operasi Android ke versi sebelumnya bisa Android Pie, Oreo bahkan Android Nougat sesuai dengan keinginan.

Berbeda dengan proses upgrade, untuk downgrade hanya bisa dilakukan secara manual, karena baik di Google Play Store ataupun di pengaturan sistem Android tidak ada opsi untuk melakukan proses downgrade secara otomatis. Kita harus mencari firmware atau ROM sendiri agar bisa melakukan proses downgrade Android ke versi lama.

Dimana kita bisa mendapatkan firmware atau ROM tersebut? Jangan khawatir, vendor dari smartphone tersebut biasanya akan menyediakan halaman khusus di website resminya yang berisi firmware berbagai versi yang bisa kita unduh dengan mudah. Cara lain kamu bisa masuk ke komunitas pengguna smartphone tersebut, lalu bisa sharing tentang berbagai hal yang berhubungan smartphone tersebut termasuk tentunya berbagi firmware dan rom baik itu versi resmi atau custom rom.

apa itu downgrade android

Perlu diingat untuk melakukan downgrade Android biasanya hanya bisa dilakukan via PC, dan menggunakan aplikasi khusus seperti Flashtool, Samsung Kies, Mi FlashTool khusus pengguna Xiaomi. Pastikan kamu telah mengunduh firmware atau rom yang benar-benar sesuai dengan tipe smartphone yang digunakan, karena apabila terjadi kesalahan saat memilih firmware bisa berakibat bootloop dan resiko terbesar adalah softbrick.

Sebelum dilakukan proses downgrade Android, sebaiknya backup terlebih dahulu data penting yang ada di smartphone kamu tersebut mulai dari kontak, file dan dokumen penting lainnya sampai data login dari akun yang digunakan di smartphone tersebut, karena biasanya downgrade selalu diiringi dengan proses format penyimpanan internal ke setelan pabrik.

Leave a Reply