Fungsi Siri di iPhone yang Jarang Diketahui

Fitur Siri telah diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2011 seiring dengan dikeluarkannya iPhone 4S. Pertama kali dirilis, fitur ini telah banyak menuai pujian karena pengenalan suaranya dan pengetahuan kontekstual dari berbagai informasi pengguna iPhone. Seiring dengan waktu, fitur Siri pun semakin meningkat dan mampu berinteraksi dengan pengguna. Bagi kamu yang sudah lama menggunakan iPhone tentu saja tidak akan bingung lagi apa fungsi dan manfaat Siri di iPhone, namun untuk yang baru migrasi dari Android ke iOS, ada kemungkinan kamu masih awam dan sedikit sekali mengetahui apa sebenarnya Siri itu.

Siri di iPhone adalah asisten pribadi pintar yang akan membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan atau aktivitas di iPhone cukup dengan perintah suara. Tentu saja fungsi Siri sama dengan Asisten Google di Android dimana kita bisa memberikan berbagai macam perintah cukup dengan mengucapkan Oke Google, sedangkan di iPhone cukup ucapkan Hai Siri lalu diikuti dengan berbagai macam perintah yang dibutuhkan mulai dari kirim pesan, membuat jadwal bahkan mencari berbagai macam informasi.

manfaat siri di iPhone

Dengan Siri di iPhone kamu bisa tetap terkoneksi atau terhubung bersama kerabat, rekan kerja sampai keluarga tanpa membutuhkan sentuhan jari tangan di layar iPhone. Tentu saja, fitur ini sangat penting dan berguna ketika kamu sedang mengemudi atau aktivitas lainnya yang tidak memungkinkan untuk menyentuh layar iPhone. Cukup dengan perintah suara dari Siri, kita bisa kirim SMS ke nomor yang diinginkan, melakukan panggilan telepon pada kontak yang ada di Phonebook atau ke nomor baru dan bahkan ketika ada SMS masuk, kamu bisa meminta Siri untuk membaca SMS tersebut.

Tidak hanya sekedar membantu kamu untuk kirim dan menerima SMS juga nelpon, fitur Siri di iPhone juga sangat berguna untuk menyelesaikan tugas sehari-hari yang biasa dilakukan lewat iPhone seperti membuat pengingat atau reminder tentang sebuah acara, aktivitas sehari-hari, mengatur timer dan alarm sampai kalender. Siri dapat melakukan sebuah tersebut secara otomatis dengan perintah suara tanpa lagi kita harus mengambil perangkat dan menggerakan jari tangan. Lebih jauh lagi, Siri juga bisa membantu mengantisifikasi apa yang mungkin kamu butuhkan untuk menjalani pekerjaan sehari-hari.

Mengaktifkan fitur Siri di iPhone tidaklah terlalu sulit yakni masuk ke menu Pengaturan – Siri dan Pencarian selanjutnya aktifkan pada opsi “Hey Siri” dan pilihan tekan tombil utama (Home) untuk Siri bagi kamu pengguna iPhone yang masih dilengkapi dengan home button seperti iPhone 7, 6S dan 5S.

fungsi siri di iPhone untuk apa

Untuk kamu yang sebelumnya sudah terbiasa dengan fitur Oke Google di Android, maka tidak akan lagi kesulitan saat harus menggunakan fitur Siri di iPhone, karena cara kerjanya yang sama dan tidak terlalu jauh berbeda. Bila di Android kita bisa memberikan perintah untuk membaca aplikasi seperti WhatsApp dan mengirimkan pesan ke kontak yang ada di WA, maka tak jauh berbeda dengan yang bisa dilakukan oleh Siri di iPhone.

Persaingan asisten pribadi di smartphone memang semakin sengit, setelah Apple secara resmi merilis Siri di iPhone pada tahun 2011 menyusul kemudian Google juga meluncurkan fitur Asisten serupa yang lebih dikenal dengan istilah Oke Google dan bahkan Samsung juga memiliki fitur asisten pintar di Smartphone flagshipnya yang diberi nama Bixby. Sebagai pengguna tentu saja kita diuntungkan dengan persaingan ini karena bisa mendapatkan asisten pintar yang semakin mengerti dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest