Ganti Nama Akun Gmail Android

Bagi pengguna smartphone Android tentu tidak asing lagi dengan akun Gmail karena merupakan akun wajib yang harus dimiliki dan digunakan bila kita ingin memanfaatkan berbagai macam fitur di Android. Mulai dari Google Playstore, penyimpanan cloud Gdrive dan berbagai layanan Google lainnya di Android termasuk tentunya email Gmail semuanya terintegrasi ke dalam satu akun Google. Dengan menggunakan akun Google ini juga kita bisa memindahkan data dari hp lama ke handphone baru dengan cepat dan mudah tanpa perlu lagi menggunakan komputer atau PC.

Pertama kali memiliki sebuah hp Android mungkin saja kamu membuat akun Google dan memberi nama profile di Gmail dengan nama yang asal jadi tanpa memperhitungkan penggunaannya untuk jangka panjang. Namun setelah satu tahun atau lebih kamu menjadi lebih terbiasa dengan akun tersebut, mulai dari kirim email ke teman, rekan kerja sampai keluarga memakai akun yang aktif di hp Android tersebut.

Setelah sekian lama digunakan kamu baru sadar bahwa nama profile atau akun gmail kamu ternyata memakai nama yang aneh tidak sesuai dengan nama kamu sebenarnya. Bagi orang yang sudah lama kenal dengan kamu, mungkin tak masalah dan sudah mengetahui bahwa email tersebut benar-benar dikirim oleh kamu, tapi bagaimana bila yang kita kirimi email tersebut adalah kenalan baru atau rekan kerja baru yang belum mengetahui nama akun gmail kita sebelumnya? Tentu saja akan membuat penerima email menjadi bingung, siapa sebenarnya yang kirim email tersebut.

Jangan khawatir karena kita bisa dengan mudah mengganti nama akun gmail pada hp Android sesuai dengan nama yang kita inginkan. Bila sebelumnya di email selalu muncul nama yang aneh karena waktu membuatnya dulu asal jadi, kini kamu bisa mengganti nama di akun Gmail tersebut sesuai dengan nama kamu sendiri sehingga nantinya mereka yang menerima email bisa mengenalinya dengan mudah dan cepat.

Untuk ganti nama akun gmail melalui hp langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Pengaturan – Google dibagian paling atas tap pada menu Akun Google dimana kita bisa merubah berbagai opsi mulai dari info, keamanan sampai personalisasi akun agar sesuai dengan keinginan kita.

Ganti Nama Akun Gmail Android

Pada tab Info pribadi kita bisa merubah berbagai macam opsi mulai nama, foto, tanggal lahir, update nomor telepon yang terkait ke akun tersebut sampai mengubah kata sandi. Tap pada bagian nama untuk mengganti nama akun gmail kita. Sebelum bisa mengganti nama biasanya akan diminta untuk memasukan kata sandi terlebih dahulu untuk proses konfirmasi bahwa kamu benar-benar pemilik dan pengguna akun tersebut.

Apakah Nama Akun Gmail Bisa Diganti

Selanjutnya untuk tap pada icon pensil untuk mengganti akun gmail sesuai dengan nama kamu yang sebenarnya. Masukan nama depan dan belakang sesuai keinginan dan tentu saja agar nantinya penerima email bisa dengan mudah mengenali bahwa email tersebut benar-benar milik kamu, bukan dari orang lain.

cara mengganti nama akun gmail pada hp

Selesai, kini nama akun gmail di hp Android kamu sudah berubah, jangan khawatir semua perubahan yang telah dilakukan akan terupdate secara otomatis ke semua layanan Google yang menggunakan akun tersebut tanpa perlu lagi proses manual. Bagaimana bila kamu ternyata tidak hanya sekedar ingin mengganti nama akun tapi malah ingin ganti akun secara keseluruhan? Tak usah khawatir silahkan simak cara ganti gmail di Android dengan memakai akun Google baru.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest