Kenapa Android Boros Kuota Internet

Benarkah Android itu boros kuota internet? Apakah kamu pernah mengalami masalah dimana kuota internet Android cepat habis, baru saja memperpanjang paket internet yang 2GB per bulan, ternyata baru beberapa hari dipakai pas dicek, kuotanya tinggal sedikit. Apa dong yang menyebabkan Android boros kuota internet? Apakah terlalu banyak aplikasi yang di install atau apakah karena ada settingan Android yang salah, sehingga kuota internet di Android cepat habis?

Kuota internet di Android kamu boros dan cepat habis bisa disebabkan oleh beberapa faktor, pertama faktor kamu tidak mengaktifkan fitur penghemat data di browser yang kamu pakai ketika sedang berselancar. Yups, browser seperti Google Chrome memiliki fitur untuk menghemat data, nah bila kamu lupa mengaktifkan fitur ini maka tentu saja kuota internet akan cepat. Seperti terlihat di bawah, dengan mengaktifkan fitur ini kita bisa menghemat kuota internet sebesar 300MB, lumayan bukan?

Kenapa Kuota Internet di Android Cepat Habis

Faktor kedua, kamu lupa menonaktifkan auto update aplikasi dan game di Google Play Store. Yups, karena adanya auto update aplikasi ini maka kuota internet kamu akan terkuras untuk proses update otomatis. Bayangkan saja, bila sehari ada 5 aplikasi yang melakukan auto update dan masing-masing aplikasi besarnya 20MB, maka sehari kamu bisa menghabiskan kuota internet sebesar 100MB cuma untuk update otomatis tersebut. Karena itulah, sebaiknya kamu disable auto update aplikasi Android agar kamu bisa menghemat pemakaian kuota internet di Android.

Ketiga, terlalu banyaknya aplikasi yang melakukan sinkronisasi data dan menyimpan file di cloud/ online.  Sebagai contoh fitur auto backup yang ada di galery foto Android, akan menyimpan foto di server, itu artinya ketika kamu menyimpan sebuah foto entah itu foto hasil selfie, maka secara otomatis foto selfie tersebut akan di upload ke server, alhasil tentu saja fitur auto backup ini akan memakan kuota internet untuk proses upload tersebut.

Kuota cepat habis di Android

Keempat, fitur GPS yang selalu aktif di ponsel Android. Apabila kamu jarang bepergian atau berwisata, maka sebaiknya matikan saja fitur gps / lokasi di Android. Fitur Lokasi/GPS yang selalu aktif akan membuat ponsel terus menerus terkoneksi ke satelit yang membutuhkan paket data alhasil kuota internet kamu bisa cepat habis.

Hemat kuota internet Android

Kelima, seberapa banyak aplikasi dan game online yang kamu install dan pakai di Android kamu. Semakin banyak aplikasi online yang kamu gunakan semisal Path, Vine, Instagram dan sebagainya, maka tentu saja kuota internet di Android kamu akan cepat habis. Begitu juga semakin sering kamu bermain game online seperti COC, LGR, sampai Dominations tentunya kuota internetpun akan semakin boros. So, untuk menghemat kuota internet di Android, sebaiknya kamu cuma install game dan aplikasi yang sering dipakai saja.

Leave a Reply