Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Melihat Riwayat Komentar Kita di Instagram

Berinteraksi dengan teman dan rekan kerja di sosial media Instagram seakan telah menjadi aktivitas rutin kita sehari-hari disamping berkomunikasi teks atau suara lewat WhatsApp. Apalagi bagi orang yang selalu aktif di luar atau sering liburan menghabiskan waktu luang di tempat wisata, tentu bakal rutin update status berupa foto di Instagram dengan tujuan agar orang lain, teman, keluarga dan rekan kerja tahu bahwa kamu termasuk orang yang selalu eksis di sosial media. Jangan heran, bila nantinya banyak komentar atau sekedar like yang mampir di foto yang kamu upload tersebut.

Sebuah akun Instagram yang selalu dipenuhi dengan komentar dan juga banyak Like menjadi dambaan setiap pengguna IG, yang menandakan bahwa orang tersebut termasuk selebgram yang cukup terkenal. Selama kamu selalu aktif berinteraksi di Instagram setiap saat, perlahan tapi pasti nantinya akun Instagram kamu akan mulai banyak pengikutnya, begitu juga komentar dan Like akan selalu ada baik dari orang yang telah berteman sebelumnya, atau dari pengguna lain yang kebetulan mampir di akun Instagram karena adanya rekomendasi postingan yang hampir serupa.

Jangan pelit dan segan untuk memberikan like ke postingan foto atau video teman atau pengguna lain, karena nantinya kamu juga pasti akan menerima balasan sehingga membuat akun IG kita semakin dikenal. Begitu juga selalu biasakan untuk memberikan komentar positif terhadap postingan orang lain di Instagram agar nantinya mereka juga tidak akan segan untuk memberikan komentar terhadap foto yang juga kita posting. Semakin sering kita berinteraksi, maka semakin besar kemungkinan akun Instagram kita mulai terkenal.

Bila kamu rajin memberikan komentar terhadap postingan orang lain, tentunya kita akan sedikit sulit untuk mengingat kembali semua riwayat komentar di IG yang pernah kita tulis dan berikan tersebut. Bila di aplikasi Facebook ada fitur Log Aktivitas untuk melihat semua riwayat aktivitas yang kita lakukan di FB mencakup didalamnya komentar, suka dan tanggapan sampai halaman dan minat, nah apakah di Instagram juga ada menu serupa untuk melihat semua riwayat aktivitas kita di IG? Jawabannya tidak ada.

Lho kok tidak ada fitur untuk melihat riwayat komentar kita sendiri di IG lalu bagaimana dong bila kita penasaran ingin mengecek kembali setiap komentar kita di IG, apakah ada cara lain? Tenang saja, khusus bagi kamu yang benar-benar ingin melihat dan mengetahui riwayat aktivitas termasuk di dalamnya komentar kita sendiri di Instagram, kita bisa memanfaatkan fitur backup data yang tersedia di Instagram.

Langkah pertama silahkan lakukan proses Backup semua data Instagram ke email, yang nantinya akan berisi semua data dan aktivitas yang pernah terjadi di akun Instagram milik kita, mulai dari semua foto yang pernah kita unggah berikut komentarnya, foto dan video yang pernah dibuat Instagram Story sampai pesan dan daftar kontak di Instagram. Masuk ke menu Pengaturan – Keamanan lalu Unduh Data, disini kamu harus memasukan email yang benar karena nantinya backup data IG akan dikirimkan ke email tersebut.

melihat riwayat comment di Instagram

Proses untuk backup data Instagram ini membutuhkan waktu maksimal 24 jam, namun jangan khawatir karena biasanya dalam hitungan jam atau menit, kita bakal menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh data tersebut.

backup semua komentar di IG ke email

Setelah file backup data IG berhasil kita unduh, silahkan ekstrak ke folder yang diinginkan dimana nantinya kita akan mendapatkan beberapa folder termasuk di dalamnya riwayat komentar yang pernah kita tulis di Instagram. Tap pada file Comments untuk melihat seluruh komentar yang pernah kita tulis dan buat di Instagram, mulai dari komentar pertama sampai terakhir.

cara melihat komentar sendiri di Instagram

Cara ini memang sangat ribet karena kita harus melakukan beberapa langkah, tidak semudah saat kita melihat Log aktivitas di Facebook. Namun, bagi kamu yang benar-benar ingin melihat dan cek kembali semua komentar yang pernah ditulis di Instagram, tentunya langkah ini bisa jadi alternatif terbaik karena kita bisa mengetahui semua riwayat komentar kita sendiri di IG.

28 comments

    1. @Eva :: coba lihat di folder download di hp Androidnya, atau jika tetap error bisa dicoba pakai komputer terlebih dahulu untuk membuka emailnya dan kemudian unduh backup Instagram-nya

          1. @Dita :: Caranya seperti di atas mbak, langkah demi langkahnya dijelaskan di artikel diatas.

  1. Cara buka file yg extenstion .json ini gimana? Tampilannya kok blank ya pas di klik nama file comment.json?

  2. Ini cara baca tanggal komentarnya bagimana? Contohnya begini : [[“2020-02-21T19:37:08+00:00”
    Beginikan? tahun 2020 bulan feb, terus 21T19:37:08+08+00 ini aku ga paham.
    Mohon dijawaban, fast respon 🙏

  3. Kak, saya kan login IG nya dari facebook, dan kebetulan saya login facebooknya menggunakan nomor telepon bukan email, saya ingin unduh datanya tetapi gabisa, caranya bagaimana ya kak?

    1. @Ahduy :: Agan bisa tambahkan email terlebih dahulu ke akun Facebook tersebut. Setelah itu bisa coba kembali untuk unduh data FB.

  4. Pas di klik “unduh informasi” itu langsung masuk ke profil ig,, jadi bingung, diulang ulang juga begitu

    1. @Ita :: Emailnya tidak langsung masuk tapi butuh beberapa waktu, bisa sampai 24 jam kok.

  5. Ka, kalau mau hapus komentar kita yang tenggelam di postingan orang lain bagaimana ya ka?

    1. @Tiara : Kalau komentarnya pernah dibalas oleh orang lain, bisa dilihat di notifikasi lalu hapus manual. Tapi kalau komentar kita belum pernah ada yang balas, biasanya harus manual dihapusnya.

    1. @Bams :: Tidak. Komentar IG yang sudah dihapus tidak bisa dipulihkan atau dilihat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.