Membatasi Akses Internet Aplikasi Android di Xiaomi

Tentu kamu pernah mangalami masalah dimana kuota internet di Android terasa cepat habis, baru melakukan isi ulang kuota sebesar 10GB namun baru saja tiga hari muncul notifikasi sms bahwa kuota internet yang dimiliki hanya tersisa sebesar 1GB, apakah Android memang boros atau karena ada hal lainnya. Kenapa kuota cepat habis padahal kamu hanya menjalankan beberapa aplikasi saja, tidak pernah melakukan streaming ataupun mengunduh aplikasi dan game yang berukuran besar?

Sebenarnya masih terbilang beruntung bila hanya kuota yang habis, karena ternyata kadang ada operator yang secara otomatis memotong pulsa secara otomatis tanpa ada notifikasi terlebih dahulu bahwa kuota telah habis, sehingga koneksi internet memotong pulsa secara langsung. Agar kuota dan pulsa tidak terpotong tanpa diketahui sebabnya, ada baiknya kamu melakukan cek ulang terhadap semua aplikasi yang banyak menghabiskan kuota internet tersebut.

Untuk hemat kuota salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan koneksi data Namun tentu saja cara seperti ini memiliki banyak kelemahan, karena bila tidak ada koneksi internet maka kita juga tak bisa melakukan komunikasi menggunakan WhatsApp, BBM atau akses sosial media seperti Twitter dan Instagram.

Salah satu langkah terbaik agar kuota internet di Android tidak cepat habis adalah dengan membatasi koneksi internet aplikasi Android, disini kita bisa mengatur aplikasi dan game apa saja yang bisa mengakses internet sehingga nantinya diharapkan kuota tidak cepat habis hanya karena ada beberapa aplikasi dan game terus menerus menggunakan koneksi data tanpa sepengetahuan kita.

Pengguna Android Xiaomi cukup beruntung karena secara default sudah ada pengaturan untuk blokir akses internet aplikasi Android. Disini kamu bisa dengan mudah apakah sebuah aplikasi bisa menggunakan internet atau tidak. Caranya masuk ke menu Keamanan seperti gambar di bawah ini. Disini ada beberapa pilihan mulai dari kelola aplikasi, pembersih, peningkatan kecepatan dan karena kita akan mengatus aplikasi apa saja yang boleh akses internet di Android maka pilih penggunaan data.

blokir akses internet aplikasi android

Berikutnya adalah tap pada pilihan batasi penggunaan data untuk melihat daftar aplikasi dan game yang terinstall di hp Xiaomi kamu. Kamu bisa langsung nonaktifkan pada aplikasi yang tidak boleh menggunakan akses internet di Android.

membatasi akses internet aplikasi di android

Sebagai contoh, agar aplikasi seperti Kata Status WA Kekinian tidak bisa mengakses internet maka tap pada bagian sim1 atau sim2, sehingga nantinya akses internet untuk aplikasi tersebut dibatasi dan bahkan tidak boleh sama sekali.

batasi penggunaan data internet aplikasi di xiaomi

Namun perlu diingat apabila sebuah aplikasi online seperti WhatsApp atau Instagram tidak bisa mengakses internet di Android maka tentu saja nantinya aplikasi tersebut tidak akan berjalan normal seperti biasanya dan bahkan kamu tidak bisa memakai aplikasi tersebut sama sekali. Namun demikian fitur batasi penggunaan data internet di Xiaomi akan sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang ingin offline dan tidak ingin menerima chat terlebih dahulu di WhatsApp.

Untuk kamu yang merasa terganggu dengan banyaknya chat yang masuk di WA sedangkan kamu sedang ingin berkonsentrasi terhadap sebuah pekerjaan, maka dengan membatasi akses internet WA di Android nantinya kamu akan terlihat offline, pesan yang dikirim oleh teman atau kerabat akan ceklis satu alias status masih terkirim belum diterima dan dibaca.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest