Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke SD Card

Smartphone Android dengan memori internal 64GB dan bahkan 128GB saat ini bukanlah hal yang langka, karena kamu bisa mendapatkan dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. Sebagai contoh, Smartphone Android dari brand Asus dan Xiaomi yang dilengkapi dengan RAM 4GB dan internal memori 64GB bisa diperoleh dengan harga sekitar 3jutaan lebih dikit. Semakin besar penyimpanan internal akan membuat kita leluasa untuk menyimpan berbagai macam file dan menginstall banyak aplikasi atau game di Android.

Namun meski sudah kita sudah tersedia hp Android dengan penyimpanan internal besar, ternyata masih banyak pengguna yang masih setia memakai ponsel Android hanya dengan internal memori sebesar 8GB atau 16GB. Beberapa tahun ke belakang dimana aplikasi Android tidak seboros sekarang ini, penyimpanan 8GB sudah sangat mencukupi, namun kini dengan memori sebesar itu maka jangan heran bila kita akan sering mengalami masalah memori internal tidak mencukupi karena hanya tersedia beberapa MB.

Pengguna WhatsApp di hp Android dengan internal memori kecil yakni 8GB atau bahkan16GB tentu sering sekali mengalami masalah penyimpanan WhatsApp penuhdisebabkan oleh banyak file media baik gambar, foto ataupun video yang diterima atau dikirimkan via WhatsApp. Apabila bila kamu masuk ke grup yang sangat aktif dan sering banget berbagi atau share gambar dan video, jangan heran bila kemudian memori internal Android akan cepat penuh karena terlalu banyaknya file media dari WA tersebut.

Secara default aplikasi WA akan menyimpan semua file media yang diterima atau dikirim di memori internal Android, tujuannya tentu saja untuk mempercepat akses saat membuka atau membaca kembali file media tersebut. Di setelan WhatsApp pun tidak ada opsi atau pilihan memindahkan penyimpanan dari internal ke eksternal atau SD Card. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengubah penyimpanan WhatsApp ke external?

Satu solusi termudah untuk memindahkan penyimpanan WhatsApp ke SD Card yakni dengan menambah memori internal Android, caranya menjadikan SD Card sebagai penyimpanan portable atau internal.  Namun perlu diingat bahwa langkah hanya tersedia untuk kamu yang sudah menggunakan sistem operasi Marshmallow, Nougat atau Oreo dan yang terbaru.

Perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di kartu memori (SD Card) jadi sebelum melakukan langkah diatas sebaiknya backup terlebih dahulu seluruh data penting yang ada di SD Card ke komputer atau laptop.

Pertama masuk menu Pengaturan di Android lalu pilih Penyimpanan dan USB. Disini akan terlihat besarnya kapasitas memori internal dan juga SD Card yang terpasang atau digunakan di hp Android tersebut. Tap pada SD Card untuk memformatnya menjadi penyimpanan internal.

memindahkan penyimpanan whatsapp ke sd card

Setelah masuk ke detail SD Card kamu akan mendapatkan opsi atau pilihan untuk format SD Card sebagai memori internal, itu artinya nanti SD Card tersebut akan berfungsi sebagai memori internal sehingga semua data aplikasi di Android akan disimpan ke SD Card yang telah berubah fungsi tersebut.

mengubah penyimpanan whatsapp ke external

Tunggu sampai proses mengubah SD Card menjadi memori internal selesai. Apabila berhasil maka kini memori internal Android kamu sudah berhasil ditambah sesuai dengan kapasitas SD Card yang digunakan. Bila kamu memakai SD Card dengan kapasitas 32GB maka secara otomatis memori internal Androidpun akan bertambah dan berubah menjadi 32GB itu artinya kini kamu tidak akan lagi mengalami masalah memori WhatsApp penuh meskipun sering berbagai media di grup WA.

Tidak ada settingan lain yang harus diubah karena nantinya secara otomatis penyimpanan WA akan berpindah ke SD Card yang sudah diformat menjadi memori internal di Android. Cara ini cukup ampuh terutama bila kamu hanya memiliki Android dengan internal memori kecil yakni sekitar 8GB atau 16GB.

35 comments

  1. Nantinya akn ad pengaruhnya gx bila sd card di ambil, dn klopun tidak di ambil(ttap terpasang) ap msh bs brfungsi ntk mnyimpan file,, ?
    Apa jumlah internal akn vrtambh, jika awlnya ad 16gb,di pk sd card yg 16 gb,jd brp,, ,thnks infonya bos slm kenl dr newbie

    1. @Juan :: Kalau SD Card sudah dijadikan sebagai memori internal, maka hanya akan terbaca oleh handphone tersebut, jadi sebaiknya jangan dilepas. Bisa kok dipakai untuk menyimpan file sebagaimana layaknya memori internal hp, kapasitasnya akan bertambah dalam contoh yang agan berikan nanti total internal memorinya jadi 32GB.

      1. Kalo mau dinormalkan kembali bagaimana caranya? Maksudnya SD card biar tidak jadi memori Internal

        1. @Luh Putu :: Lakukan proses format ulang seperti biasanya, atau bila dipasang di hp Android lain nanti otomatis akan ada perintah untuk format ulang sd card tersebut.

  2. salam dr luke’ …apa bs jg diterapkan diatas ttg kartu bs utk internal diterapkan pd hp asus zenfone terbaru skrg?

  3. untuk HP Vivo bisa nggak ya?? kok di pilihan format tidak ada pilihan “Format sebagai Internal”

    1. @Bambang :: Ada kemungkinan vendor hp agan tersebut tidak menyertakan fitur ini, jadi agan harus memakai aplikasi pihak ketiga.

        1. @Kimlyn :: Tidak pakai aplikasi kok, sudah merupakan default dari Android Marshmallow keatas.

  4. Efeknya semisal sdcard nya di copot trs dipasang lg gimn?

    1. @Robby :: efeknya cuma aplikasi dan file yang tersimpan tidak lagi bisa dibaca lewat hp tersebut, dan perlu diingat SD Card yang sudah diformat sebagai internal tidak bisa dipasang di hp lain karena khusus untuk hp awal yang digunakan pertama kali. Bila agan tetap ingin memasang di hp lain, harus lakukan format SD Card terlebih dahulu.

      1. Berarti kalo tercabut.. saat dipasang kembali ke hp yg sama, jd tidak bisa terbaca lagi? Lalu solusi mengembalikan agar bs terbaca lagi bagaimana ya? Apakah dr PC bisa terbaca?

        1. @Dehush :: di Format ulang terlebih dahulu gan, baru dipindahkan SD Cardnya ke hp lain.

    1. @Agus :: Setiap vendor hp memang berbeda-beda, ada yang mengaktifkan fitur ini ada yang tidak. Bila agan tetap ingin menggunakan fitur format SD Card sebagai memori internal coba rubah ROM-nya menggunakan custom rom aja.

  5. Enggak juga sih…
    Hape lama saya androidnya lolipop tapi ada fitur jadikan sd card sebagai default…
    Tapi emang gitu sih…datanya jadi keformat..

    1. @Pri :: yups, karena itu disarankan menggunakan SD Card baru yang belum pernah dipakai agar data tidak ada yang hilang

  6. cakep nih artikel.

    Hp saya samsung j2. kalau mau ganti Os nya di mana ya..?

    Terima kasih atas jawabannya

    1. @Parman :: agan bisa pakai custom rom yang banyak tersedia di forum xda-developers atau bisa juga menggunakan stock rom dari sammobile.

  7. Kalo SD Card diformat sebagai internal, data yg ada di penyimpanan internalnya sama yg ada di SD Card nya hilang gak…

  8. Mau tanya nih. Kan file foto wa masuknya di memori telepon tapi pas dipindah ke memori card pakai leptop biar cepat kok malah hilang ?
    Caranya agar file foto wa yg lama bisa balik lg gimana ya

    1. @Teddy :: hilang bagaimana? cek kembali apakah sd cardnya berfungsi dengan normal dan tidak error? untuk mendapatkan kembali file yang sudah terhapus coba pakai program recovery untuk pc atau laptop.

  9. Mau tanya maaf. Jadi di hp lama ada beberapa foto dr wa yg sudah di unduh tapi kenapa pas di hp baru foto nya tidak ada ya? Hanya foto foto baru itu saja sisanya foto foto yg asalnya dari wa ada semua . Apakah foto tsb tersimpan di memori internal hp lama? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.