Mengaktifkan Dark Mode di Browser Chrome Android

Dimulai dari Android Pie kemudian berlanjut ke Android 10, dark mode menjadi salah satu fitur andalan karena konon dengan mengaktifkan mode gelap di smartphone maka kita bisa menghemat penggunaan baterai. Tentu saja ini merupakan sebuah kabar gembira bagi kamu yang selalu aktif bekerja di lapangan dan seringkali mengalami masalah lowbat atau baterai cepat habis padahal aktivitas masih padat. Membawa power bank dalam jangka pendek memang bisa jadi solusi jitu, tapi bila setiap hari kamu harus tergantung dengan power bank, tentu saja bukan hal yang efektif lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone yang ingin menggunakan ponsel pintarnya seharian penuh mendukung aktivitas kerjanya, saat ini banyak sekali smartphone yang telah dilengkapi kapasitas baterai yang lumayan besar dan di sisi sistem operasi tak ketinggalan Android pun kini sudah mulai menerapkan dark mode baik dari sisi tampilan atau user interface juga untuk aplikasi bawaan satu persatu mulai menyediakan opsi dark mode. Tujuannya tentu saja agar pengguna bisa mendapatkan kinerja baterai yang maksimal dan lebih tahan lama dibandingkan saat menggunakan mode standar biasa.

Salah satu aplikasi bawaan Android yang mulai menerapkan fitur dark mode adalah browser Chrome. Sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android di samping browser lainnya dari pihak ketiga, Chrome seolah telah menjadi aplikasi wajib yang digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi dan berita dari internet. Hadirnya fitur dark mode di Android meski baru sebatas beta, setidaknya kini pengguna bisa lebih betah saat berselancar di dunia maya dengan tampilan yang lebih nyaman di mata, juga dari sisi penggunaan baterai, bisa menjadi lebih hemat.

Secara default opsi untuk mengaktifkan dark mode di browser Chrome Android ini memang belum ada, kita harus mengaktifkan dulu mode ini di pengaturan khusus Chrome. Caranya silahkan masukan alamat : chrome://flags/#enable-android-night-mode di Chrome Android selanjutnya pilih Enabled agar nantinya pilihan untuk mengaktifkan fitur ini akan tersedia di menu setelan Chrome.

mengaktifkan mode gelap di android chrome

Langkah berikutnya adalah silahkan masuk ke menu Setelan di Chrome, pilih Tema dan kini kita bisa memilih mode atau tema gelap (dark) sebagai tampilan default di browser Chrome Android. Sekali lagi dengan mengaktifkan fitur ini, maka diharapkan penggunaan baterai di hp Android kamu bisa lebih hemat dibandingkan saat masih memakai mode standar.

merubah tampilan chrome di android ke dark mode

Tak hanya di aplikasi bawaan Google Chrome, ada beberapa aplikasi lain yang juga sudah mulai dilengkapi dengan opsi dark mode ini. Sebagai contoh kontak atau phonebook di Android, silahkan masuk ke menu Setelan di kontak lalu pilih opsi tampilan dan aktifkan tema gelap, dalam hitungan detik, kini daftar kontak akan menggunakan dark mode yang akan membuat kamu lebih mudah dan nyaman saat mencari sebuah kontak untuk dihubungi.

mengaktifkan dark mode di aplikasi android

Bahkan beberapa pengguna smartphone terutama yang sudah melakukan upgrade ke Android 10 bisa menjalankan aplikasi Gmail dan Google Play Store dalam dark mode. Apabila kamu masih penasaran apa dan bagaimana itu fitur mode gelap tidak ada salah untuk menyimak fungsi dark mode di Android agar nantinya bisa paham dan mengenal lebih jauh dengan salah satu Android yang wajib digunakan.

Sebelum mencoba sendiri bagaimana kinerja dan performa dark mode di Android memang seperti fitur ini tidak jauh berbeda dengan beberapa fitur lainnya, namun setelah beberapa menit mengaktifkan dan menggunakan mode atau tema gelap di Android, pasti kamu tidak ingin beralih ke tampilan default standar yang dulu lagi.

2 Comments

  1. Knp Untuk xiomi not5a ttap g bisa mba?
    Jadi kesel padahal lagi dapat create spesial :'(

    Reply
    • @Santoso :: Seharusnya bisa kok, agan sudah mengikuti setiap langkahnya dengan tepat?

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest