Mengatasi iCloud Cepat Penuh di iPhone

Untuk kamu yang sudah lama menggunakan iPhone tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur penyimpanan atau storage iCloud dimana kita bisa menyimpan berbagai macam dokumen terutama foto secara online di iCloud. Tentunya ada banyak keuntungan tersendiri saat kita menyimpan foto di storage iCloud karena nantinya bisa dengan mudah melakukan proses restore atau memindahkan data foto dari iPhone lama ke iPhone baru tanpa harus menggunakan komputer atau PC namun cukup login memakai akun iCloud yang sama yang pernah digunakan sebelumnya.

Secara default pengguna iCloud di iPhone akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 5GB yang bisa dipakai baik untuk menyimpan foto, backup data WhatsApp maupun aplikasi dan game lainnya sehingga nantinya semua data akan tersimpan dengan aman secara online. Jika kamu mengaktifkan fungsi sinkronisasi foto ke akun iCloud pasti pernah mengalami masalah dimana penyimpanan iCloud cepat penuh sehingga akhirnya muncul error tidak bisa menyimpan foto baru ke iCloud.

Salah satu penyebab kenapa iCloud cepat penuh adalah karena banyak data aplikasi (termasuk backup chat WA di iPhone) juga karena banyak foto yang sudah tersimpan di iCloud. Untuk kamu yang sering swafoto atau selfie, tentunya jatah storage iCloud yang sebesar 5GB tidaklah cukup, apalagi saat ini ukuran foto yang dihasilkan oleh kamera iPhone memiliki ukuran yang cukup besar sehingga penyimpanan 5GB iCloud akan cepat habis.

Sebelum bisa mengatasi masalah iCloud yang cepat penuh, ada baiknya kita cek terlebih dahulu berapa sisa storage iCloud yang ada di akun kita. Pertama masuk ke menu Pengaturan di iPhone lalu dibagian paling atas tap pada Apple ID selanjutnya pilih iCloud. Seperti pada gambar di bawah ini terlihat bahwa sisa penyimpana iCloud masih lumayan cukup besar yakni baru terpakai sebesar 225MB lebih dikarenakan penulis jarang sekali bahkan tidak mengaktifkan sinkronisasi foto ke iCloud.

iCloud penuh bagaimana mengatasinya

Setelah mengetahui berapa sisa penyimpanan iCloud di iPhone kini kamu bisa cek juga apa yang menjadi penyebab iCloud cepat penuh, apakah data aplikasi atau karena terlalu banyaknya foto yang tersimpan? Tap pada menu kelola penyimpanan, untuk melihat lebih jelas aplikasi apa saja yang memakai penyimpanan terbesar.

mengapa iCloud cepat penuh

Kamu bisa melakukan proses hapus dokumen dan data pada aplikasi yang sudah dibutuhkan lagi, namun sebelumnya melakukan itu semua pastikan bahwa kamu tidak memiliki data penting di aplikasi tersebut karena nantinya akan terhapus secara permanen. Jadi, sebaiknya cek dan recheck sebelum melakukan proses hapus data aplikasi di iPhone ini.

apabila iCloud storage penuh

Apabila ternyata iCloud di iPhone cepat penuh disebabkan karena banyaknya foto yang tersimpan di iCloud, maka solusi terbaik adalah kamu harus menghapus foto yang sudah diperlukan lagi. Foto lama yang sekiranya tidak lagi berguna bisa kamu hapus. Bila tidak ingin menghapus foto tersebut, kamu bisa kok mengunduh terlebih dahulu semua yang tersimpan di iCloud kemudian disimpan di komputer atau laptop, selanjutnya setelah semua foto berhasil di backup secara offline, kamu bisa mulai menghapus foto yang tak lagi dibutuhkan di iCloud.

Sebenarnya ada satu cara termudah dan cepat untuk mengatasi masalah iCloud cepat penuh di iPhone yakni dengan melakukan proses upgrade untuk meningkatkan besarnya kapasitas penyimpanan iCloud namun tentunya kamu harus berlangganan per bulan. Sebagai contoh dengan 15ribu per bulan, kamu akan mendapatkan penyimpanan tambahan iCloud sebesar 50GB, cukup besar bukan?

Mengatasi iCloud Cepat Penuh di iPhone

Itulah beberapa solusi termudah untuk mengatasi permasalahan iCloud yang cepat penuh di iPhone kamu. Kamu bisa menentukan sendiri langkah mana yang diambil sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja melakukan proses upgrade penyimpanan iCloud merupakan solusi yang paling cepat dan tidak terlalu ribet namun kamu harus menyiapkan dana bulanan untuk berlangganannya.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest