Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul di Layar Kunci

Di smartphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS ada dua cara bagaimana sebuah notifikasi atau pemberitahuan ditampilkan yakni di layar utama saat kita sedang memakai smartphone tersebut dan saat kondisi layar dalam keadaan terkunci. Biasanya, jika dalam keadaan layar aktif semua notifikasi akan muncul dan bisa kita baca sedangkan dalam keadaan layar terkunci biasanya hanya sekedar ikon aplikasi saja tanpa bisa kita membaca apa isi dari notifikasi dan bahkan tak jarang, notifikasi tidak muncul sama sekali dengan alasan untuk menjaga agar pemberitahuan tersebut tidak bisa dilihat oleh orang yang tak berhak.

Mengaktifkan atau memunculkan semua notifikasi di layar kunci semisal saat ada pesan baru di WhatsApp atau pemberitahuan adanya DM di Instagram sebenarnya memberikan keuntungan tersendiri karena kita bisa langsung melihat isi notifikasi atau pesan yang diterima tersebut tanpa perlu membuka kunci layar terlebih dahulu baik menggunakan sidik jari, PIN atau pola. Ini artinya kita bisa menghemat waktu beberapa detik, bila ternyata isi pesan tidak begitu penting, maka kita harus buru-buru membuka kunci layar untuk membalas pesan tersebut.

Selain memiliki keuntungan tersendiri, namun ternyata mengaktifkan opsi untuk menampilkan semua pemberitahuan atau notifikasi di layar kunci juga memiliki kelemahan juga karena sudah jelas sekali setiap orang nantinya bisa melihat sebuah notifikasi misalkan pesan WhatsApp yang diterima tanpa membutuhkan lagi pola, PIN ataupun autentikasi sidik jari pengguna ponsel tersebut. Jangan heran, bila nantinya sebuah pesan yang berisi informasi rahasia bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain lewat notifikasi yang muncul di layar kunci smartphone tersebut.

Lain halnya bila smartphone yang kamu gunakan tersebut selalu ada dalam genggaman tangan sendiri, tanpa pernah disimpan atau diletakan di sembarang tempat misalkan meja tamu, atau tempat umum lainnya, maka pilihan memunculkan notifikasi di layar kunci bisa menjadi opsi yang bijak karena kita tidak khawatir akan ada orang lain yang membaca notifikasi yang akan muncul.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah pemberitahuan tidak muncul di layar kunci saat kita ingin mengaktifkannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Pengaturan Android lalu pilih aplikasi dan notifikasi. Di layar berikutnya akan muncul deretan aplikasi yang ada di smartphone yang kamu gunakan, tap pada pilihan Notifikasi.

pemberitahuan whatsapp dan instagram tidak muncul di layar kunci

Dibagian paling atas yakni pada layar kunci kamu bisa menentukan tindakan akan apa yang diambil apabila muncul sebuah notifikasi. Tentu saja pilih opsi Tampilkan semua konten notifikasi agar nantinya semua pemberitahuan entah itu pesan WhatsApp, Instagram dan notifikasi dari aplikasi lain akan selalu muncul meski dalam kondisi layar terkunci.

mengatasi notifikasi tidak muncul di layar kunci android

Apabila di kemudian hari kamu berubah pikiran dan tidak ingin notifikasi dari aplikasi apapun muncul di layar kunci, caranya tidaklah sulit yakni lakukan langkah seperti diatas tersebut namun kali ini pilih opsi jangan tampilkan notifikasi sama sekali sehingga nantinya saat ada pesan baru entah itu di Instagram, WhatsApp bahkan SMS tidak akan terlihat di layar kunci dan baru bisa kamu baca saat layar diaktifkan dengan menggunakan sidik jari, PIN atau pola Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest