Android Device Manager Itu Apa

Pernahkah kamu bertanya sebenarnya apa itu Pengelola Perangkat Android atau Android Device Manager? Bila di iPhone kita mengenal adanya iCloud dan pengguna Xiaomi akrab dengan Mi Cloud maka di Android ada yang disebut dengan Android Device Manager yang salah satu fungsinya hampir sama dengan kedua layanan tersebut, yakni untuk melacak atau menemukan perangkat, mengunci, menderingkan dan bahkan menghapus seluruh data yang ada di hp Android tersebut.

Android device manager adalah sebuah alat atau layanan untuk melindungi informasi penting yang ada di hp Android kamu dan bahkan bisa diandalkan untuk menemukan ponsel Android yang hilang sekalipun. Saat ini pengelola perangkat Android banyak digunakan untuk melacak hp Android menggunakan akun Google kamu baik menggunakan aplikasi ataupun langsung via web dari komputer.

Agar kamu bisa menggunakan layanan pengelola perangkat Android pastikan fitur ini sudah diaktifkan di hp Android kamu. Untuk mengaktifkan Android Device Manager masuk ke menu Pengaturan – Keamanan – Administrator lalu aktifkan pada Pengelola Perangkat Android.

apa fungsi android device manager

Syarat lain agar Android Device Manager bisa berfungsi adalah kamu harus mengaktifkan GPS atau lokasi (Location Service) di hp Android caranya masuk ke Pengaturan – Lokasi lalu aktifkan seperti pada gambar di bawah ini.

android device manager lokasi tidak tersedia

Apabila kamu mengalami masalah atau error Android Device Manager lokasi tidak tersedia (location unavailable) salah satu penyebabnya adalah karena data lokasi atau gps tidak aktif di hp Android, karena itulah agar fitur ini berfungsi dengan maksimal dalam menemukan hp Androod yang hilang pastikan gps atau location service di Android selalu aktif.

android device manager tidak berfungsi

Setelah kamu berhasil mengaktifkan Android Device Manager dan juga Lokasi atau GPS di Android maka kini kamu bisa menemukan perangkat Android tersebut via web yakni di android.com/devicemanager ataupun memakai aplikasi khusus Android Device Manager yang tersedia di Google Playstore dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak cara melacak hp Android. Tentu saja kamu nanti harus login atau masuk ke akun Google yang aktif di perangkat Android tersebut.

Leave a Reply