Pengaruh Hapus Data Pada Aplikasi Android

Setiap aplikasi dan game yang kita install di smartphone Android sudah bisa dipastikan akan memiliki data aplikasi maupun cache. Semakin sering kita menggunakan sebuah aplikasi, maka data yang tersimpan di aplikasi juga akan semakin besar yang berisi semua informasi yang berkaitan dengan aktivitas kita di aplikasi tersebut.

Sebagai contoh, saat kita menggunakan aplikasi WhatsApp maka secara otomatis data aplikasi yang tersimpan akan berisi history percakapan, data chat yang diterima maupun dikirim, riwayat telepon dan informasi terbaru semua kontak di WhatsApp kita. Dengan adanya data aplikasi, maka kita tidak kehilangan semua aktivitas yang terjadi WhatsApp tersebut.

Apakah jika kita menghapus data aplikasi di Android bisa mempengaruhi sebuah aplikasi? jawabannya tentu saja sangat berpengaruh. Saat sebuah data aplikasi kita hapus, maka nantinya aplikasi tersebut akan kembali ke default dimana kondisinya sama persis ketika kita baru menginstalnya dari Play Store.

Semua informasi mulai dari data login, riwayat percakapan, dan semua aktivitas yang pernah kita lakukan di aplikasi tersebut akan hilang saat kita melakukan proses hapus data aplikasi. Kita harus mulai dari awal lagi saat ingin kembali menggunakan aplikasi tersebut seperti sedia kala.

pengaruh hapus data terhadap aplikasi di android

Saat kamu melakukan proses hapus data aplikasi terhadap WhatsApp, maka nantinya ketika kamu mencoba untuk menjalankan WA kembali maka akan diminta untuk login atau masuk, semua riwayat percakapan otomatis lenyap dan kamu harus mulai dari awal lagi.

Sebelum melakukan proses hapus data aplikasi di hp Android, ada baiknya kamu telah melakukan proses backup terlebih dahulu terhadap semua data yang pernah kita simpan di aplikasi tersebut, termasuk di dalamnya data login, jika kita tidak ingin kehilangan hal berharga.

Fitur hapus data aplikasi di Android secara default memang disediakan dengan tujuan agar kita bisa mengembalikan sebuah aplikasi ke setelan pabrik tanpa harus melakukan proses install ulang. Cukup hapus data, aplikasi kembali ke setelan awal.

Namun, adakalanya bagi mereka yang belum mengetahui fungsi sebenarnya dari hapus data aplikasi di Android, tindakan ini justru memberikan efek merugikan karena tanpa disadari seringkali mereka harus kehilangan semua data di aplikasi tersebut tanpa adanya proses backup terlebih dahulu.

Jadi untuk kamu yang masih bertanya apa pengaruh hapus data atau penyimpanan di Android terhadap sebuah aplikasi? jawabannya cukup besar yakni bisa menghilangkan semua data yang pernah kita simpan di aplikasi tersebut. Karena itulah, sebelum melakukan tindakan ini, ada baiknya catat terlebih dahulu semua hal yang berhubungan dengan aplikasi tersebut, mulai dari data login, dan informasi lainnya.

Leave a Reply