Penyebab Kuota Internet Cepat Habis di Android

Baru beberapa hari membeli paket freedom combo dengan kuota yang melimpah mencapai 20GB di jaringan 4G LTE tiba-tiba saja sudah ada notifikasi bahwa kuota internet di handphone Android kamu hampir habis dan disarankan untuk berlangganan ekstra kuota. Lho kok bisa kuota internet cepat habis di Android? Apa sih penyebabnya? Apakah emang benar bahwa Android itu boros kuota internet?

Jangan kesal dulu apabila kuota internet di Android kamu cepat habis karena mungkin saja penyebabnya adalah hal sepele yang tidak pernah kamu perhatikan namun ternyata menyebabkan kuota di Android cepat terkuras habis. Inilah beberapa penyebab kenapa kuota internet di Android cepat habis.

  1. Fitur auto update atau pembaruan otomatis di Android kamu aktif.

Tanpa disadari inilah yang bisa menyebabkan kenapa kuota internet cepat habis di Android karena terpakai untuk proses update aplikasi, game maupun system Android. Bayangkan saja, apabila di hp kamu banyak sekail game dan aplikasi berukuran besar dan melakukan proses update otomatis, yaa tentu saja kuota akan habis tanpa kamu sadari. Solusinya adalah kamu bisa nonaktifkan update aplikasi otomatis di Android dan sebisa mungkin gunakan wifi untuk proses update tersebut.

penyebab kuota internet cepat habis di android

 

  1. Sering banget membuka sosmed berbasis gambar dan video

Jangan tanya lagi, apabila kamu sering menggunakan media sosial yang berbasis video dan gambar seperti Instagram atau Line, jangan heran bila kuota internet akan cepat habis apalagi jka kamu mengaktifkan autoplay video di Instagram dan Line.

  1. Bermain game online

Apakah kamu sedang bermain game online seperti COC, Hayday ataupun Pokemon Go? Jika iya, maka jangan heran lagi bila kemudian kuota internet di Android akan cepat habis. Bagaimanapun game online tersebut akan memaksa kamu untuk terus menerus terkoneksi ke internet.

  1. Video Call dan Nelpon Online via BBM, Line atau Skype

Keuntungan melakukan video call dan nelpon online adalah kamu akan hemat pulsa, namun di sisi lain kamu harus siap kuota internet cepat habis. Jadi, apabila kamu tidak ingin kuota internet di Android cepat habis, sebaiknya sebisa mungkin hindari video call dalam jangka waktu lama, seperlunya aja.

  1. Streaming Video

Siapa sih yang tidak suka nonton video online seperti Youtube? Apabila dalam sehari kamu streaming video selama 1 jam saja, maka jangan kaget bila kuota internet akan berkurang 2GB bahkan lebih bila kualitas video yang nonton sudah HD.

So, untuk kamu yang masih bertanya dan kaget bercampur kesal karena kuota internet cepat habis di Android, jangan dulu menyalahkan operator yang kamu pakai, bisa jadi penyebabnya adalah karena aktivitas kamu yang memang boros kuota internet di Android.

Leave a Reply