Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Mengatasi Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Aneh bin ajaib, saat kamu akan download sticker di Line atau saat menerima kiriman foto di BBM dan WhatsApp selalu saja timbul memori penuh, padahal aplikasi dan game di hp Android kamu sedikit,  udah gitu kamu juga selalu menyimpan foto hasil selfie dan groufie di memori eksternal (SD Card). Lalu apa sebab selalu muncul memori internal penuh?

Memori internal Android selalu penuh bisa disebabkan karena dua hal yakni adanya file thumbnail dan cache yang besar di hp Android kamu. Kedua file ini dari waktu ke waktu akan semakin membesar seiring dengan semakin seringnya kamu membuka berbagai aplikasi dan game di Android juga dengan semakin banyaknya koleksi foto di Android.

Seperti kita ketahui, setiap kali kamu membuka koleksi foto di Android, maka di galery foto Android selalu ada gambar kecil (thumbnail) yang akan memudahkan kita melihat berbagai koleksi foto di hp Android. Nah, dengan semakin banyak koleksi foto maka file thumbnail pun akan semakin besar dan membuat memori internal penuh oleh sebab itulah sebaiknya kamu rajin menghapus file thumbnail tersebut setidaknya seminggu sekali.

Untuk hapus file Thumbnail di Android caranya dari file manager masuk ke folder DCIM di memori internal, lalu cari folder Thumbnail setelah ketemu langsung hapus saja folder tersebut, jangan khawatir koleksi foto kamu tidak akan hilang meski kamu menghapus folder thumbnail ini.

cara hapus thumbnail android

Solusi kedua memori internal penuh padahal aplikasi sedikit adalah karena besarnya file cache di Android. Cache ini otomatis bertambah besar seiring dengan semakin seringnya kamu membuka berbagai macam aplikasi dan game Android. Untuk Hapus Cache di Android caranya mudah saja yakni masuk ke menu Pengaturan – Penyimpanan lalu sentuh pada menu Data dalam Cache.

hapus cache android

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi memori internal Android yang selalu berkurang dan penuh tanpa sebab, padahal aplikasi Android kamu sedikit dan kamu tidak banyak menyimpan koleksi foto di memori internal.

33 comments

  1. selain karena cache, bisa juga karena pinned docs file sist, karena saya pernah upload file rekaman ke google drive, lalu memori perangkat malah bertambah padahal file tersebut sudah saya hapus dari perangkat android saya setelah saya pindah ke google drive. Dan setelah saya cek ternyata file google drive itu pinned (jadi tersambung ke android saya, dan saya bisa menyakan file rekaman saya langsung dengan membuka aplikasi google drive tanpa harus mendownloadnya kembali di android saya) dan itu file pinned itu memenuhi memori android saya juga… 😀 *cuma share pengalaman

    1. @ega :: yups betul, kalau hanya hapus thumbnail tidak akan menghapus foto asli kok di Android.

    1. @Toyibah :: Sabar gan, mungkin karena di Android agan terlalu banyak game dan aplikasi jadi sering banget muncul notifikasi memori internal penuh.

    1. @Anandira :: Kalau thumbnail sudah di hapus berarti nanti memori internal akan sedikit bertambah.

    1. @Dilan :: Apabila tidak ada folder thumbnail berarti tidak ada cache untuk foto atau gambar di Android punya agan.

  2. Kenapa ya semua aplikasi di android 00b semua. Udh gitu gal bisa download aplikasi APA pun. Kaya error gitu penyimpanan internalnya

    1. @septian :: Coba di format terlebih dahulu Androidnya ke setelan pabrik, apabila tidak bisa di reset ke default pabrik berarti memang penyimpanan internal error.

  3. memori internal sy 4 gb n hampir penuh gan tp ko file2 besar itu sy cari tdk ketemu. kira2 dmn ya?

    1. @Uttan :: Coba masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi disini agan bisa melihat aplikasi apa saja yang ukurannya sangat besar.

  4. saya punya juga di bilang memori internalnya penuh padal foto saya cuma sedikit sekali….di bilang memori yang di gunakan sudah 7,25 GB dari 8 GB…padahal poto saya dan file saya sedikit sekali…HP sya samsung J2 prime

    1. @123 :: bisa disebabkan karena terlalu banyak cache dan data aplikasi, jadi sebaiknya hapus saja aplikasi yang tidak pernah digunakan.

  5. Coba membantu bila tumbnail tidak ada, liat apakah ada folder yg di sembunyikan? Punya saya di smbunyikan alhasil pas si hapus kosong. makasi infonya gan

  6. Total internal 12gb. Used datanya 10gb. Dari 10gb Kepake folder thumbnail itu 6gb. Udah hapus folder thumbnail. Foldernya ilang, tp kenapa tetep ya memorinya used 10gb? Help suhu!

    1. @Antares :: memori usednya 10GB atau lebih bisa disebabkan karena banyak data/cache aplikasi dan sistem di hp Android agan, terutama bila memiliki banyak aplikasi dan game.

  7. Sy sdh hapus thumbnail, cache juga. Alhamdulillah nambah ruang ksong 300an MB. Tp wktu liat di penyimpanan internal, folder gambar ngisi sampai 11,40 GB. Pdhl ruang galeri dihitung2 cm 40an MB. Itu knp ya? Mohon bantuannya master ????

    1. @Eva :: Bisa jadi karena banyaknya cache dari gambar yang agan simpan di hp Android tersebut.

  8. Saya sudah hapus thumbnail n cache memori masih aja penuh apa harus di reset ke setelan pabrik ya gan ?

    1. @Putu :: Yups, jalan terakhir memang agan harus coba untuk reset ulang Android ke setelan pabrik.

    1. @Putri :: Data dan apk yang tersimpan di memori internal pasti akan hilang karena nanti hp Android mbak kondisinya akan kembali seperti baru lagi.

  9. Saya kirim gambar banyak kanapa tidak bisa keliatan ya..padahal saya sudah coba semua aplikasi tetap tidak bisa mengembalikan Poto sya yang sudah lama saya hapus..

Leave a Reply

Your email address will not be published.