Solusi Android Sering Keluar/Exit Pada Saat Bermain Game

Tiada yang paling menyebalkan selain dikacangin sang pacar tercinta adalah saat kita sedang seru bermain game tiba-tiba tanpa alasan apapun malah keluar atau exit ke menu utama Android kita, alhasil kitapun harus mengulang lagi dari awal level yang sedang kita mainkan atau paling parah kita dianggap kalah, karena keluar secara tiba-tiba dari game. Apa sih solusi Android sering keluar atau exit pada saat bermain game?

Masalah keluar secara tiba-tiba saat bermain game disebabkan karena kernel Android kehabisan memori, nah untuk memenuhi kebutuhan memori yang habis tersebut maka kernel terpaksa menghentikan aplikasi atau game yang sedang berjalan, tujuannya adalah untuk mencegah Android kamu menjadi hang atau not responding.

Dari keterangan diatas sudah jelas bahwa penyebab keluar atau exit pada saat bermain game adalah karena masalah kehabisan memori. Apa yang bisa menyebabkan memori habis? Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyaknya aplikasi atau game yang berjalan secara bersamaan. Karena itulah untuk mencegah keluar tiba-tiba saat bermain game, kamu harus rutin melihat aplikasi yang sedang berjalan dan kalau ada aplikasi yang tidak diperlukan lagi kamu bisa menstop atau menghentikan aplikasi tersebut.

solusi android sering exit ketika bermain game

Sentuh tombol Overview/Pintasan atau multitasking untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, disini kamu bisa langsung menonaktifkan aplikasi tersebut (dengan menyentuh tombol X) agar berhenti, sehingga tidak memakan memori RAM Android kamu sampai habis.

Game Android sering keluar secara tiba-tiba bisa juga disebabkan karena hardware hp Android kamu tidak memenuhi syarat specs yang diinginkan oleh game tersebut. Semisal karena pengolah grafis (GPU) Android milik kamu terlalu rendah dibandingkan dengan specs GPU yang diminta oleh game tersebut, alhasil sudah bisa dipastikan bahwa game tersebut akan sering keluar karena hp kamu tidak kuat menjalankan grafis dari game tersebut. Jadi solusinya, sebelum membeli sebuah hp Android, sebaiknya cek dulu dan lihat-lihat dulu hp Android Terbaik untuk main game, sehingga ketika dipakai bermain game, kamu tidak akan mengalami masalah sering keluar atau exit saat bermain.

Memori Eksternal atau SD Card yang jelek juga bisa menyebabkan Android kamu sering exit pada saat dipakai bermain game apabila bila kamu menyimpan data game tersebut di SD Card.  Seperti kita ketahui bahwa setiap SD Card memiliki kecepatan yang berbeda-beda, dengan menggunakan SD Card dengan kecepatan baca tulis yang rendah maka sudah bisa dipastikan bila akhirnya game yang kamu mainkan akan sering keluar secara tiba-tiba. Karena itulah sebaiknya simak terlebih dahulu Tips Membeli Kartu SD yang bagus untuk Android, agar dikemudian hari kamu tidak menyesal karena salah memilih SD Card yang menyebabkan game yang kamu mainkan sering hang atau keluar.

Solusi lain untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan melakukan Hapus (Clear) Cache dari game atau aplikasi yang sering keluar tersebut. Masuk ke Setelan – Aplikasi lalu pilih aplikasi / game yang sering error tersebut, kemudian lakukan Hapus Cache. Meskipun langkah ini sifatnya hanya sementara, tapi setidaknya bisa dicoba.

cara mengatasi android sering keluar ketika main game

Apabila game yang sering keluar atau exit tersebut adalah game online seperti LGR atau COC, maka koneksi internet yang lemot dan tidak stabil juga bisa menyebabkan masalah seperti ini. Solusinya cukup mudah yaitu pastikan koneksi internet di hp Android kamu stabil dan cepat atau bisa juga gunakan koneksi Wifi untuk memainkan game online tersebut.

Leave a Reply