Solusi Aplikasi Android Force Close

Salah satu error yang paling menyebalkan dan mengganggu adalah saat membuka aplikasi Android dan ternyata muncul error force close, sehingga akhirnya kamu tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Iya, kalau yang error itu aplikasi yang engga penting, nah kalau yang terjadi force close adalah BBM, Line atau Path pasti akan sangat mengganggu karena bisa menyebabkan kamu tidak bisa membalas obrolan teman atau tidak bisa memberi komentar di status update kontak Line atau BBM. Mengatasi cara mengatasi aplikasi Android force close ini?

Ada dua solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi error force Android, cara pertama yang paling sederhana adalah dengan melakukan Hapus Data dari aplikasi yang mengalami force close ini. Semisal bila aplikasi yang error tersebut adalah BBM maka kamu lakukan Hapus (Clear) Data BBM. Masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi – BBM setelah itu sentuh pada Hapus Data. Namun, sebelum melakukan hapus data ini sebaiknya kamu backup kontak BBM terlebih dahulu agar kontak dan group BBM kamu tidak hilang.

solusi android force close

 

Apabila dengan cara Hapus Data seperti diatas belum juga berhasil, maka cara kedua adalah melakukan proses format ulang atau kembali ke setelan pabrik Android. Namun sebelum melakukan proses reset ke factory default ini, sebaiknya kamu backup dulu berbagai data penting di Android kamu mulai dari foto selfie, dokumen dan data lainnya karena seperti kita ketahui proses reset Android ke setelan pabrik ini akan mengembalikan Android kamu seperti baru kembali alias kondisnya sama seperti kamu baru membeli dari toko. Untuk melakukan hard reset Android masuk ke menu Pengaturan – Buat Cadangan dan Setel Ulang lalu sentuh pada Kembalikan ke Setelan Pabrik.

solusi aplikasi android force close

 

Dengan dua cara diatas, seharusnya masalah error Aplikasi Android force close bisa diatasi dengan mudah dan cepat, namun tentunya cara diatas harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti, agar nantinya kamu tidak kehilangan data penting akibat dari kesalahan ketika kamu melakukan kedua tips diatas.

Leave a Reply