Solusi Android Muncul Sistem UI Telah Berhenti

Masalah error di sistem ui atau user interface memang sangat mengganggu karena bila kamu mengalami masalah seperti ini, jangankan bisa menjalankan aplikasi lain seperti Whatsapp atau Instagram, untuk sekedar masuk menu Android saja sangat susah dan bahkan tidak bisa sama sekali karena akan terus menerus muncul sistem ui telah berhenti.

Munculnya error sistem ui telah berhenti (has stopped) bisa disebabkan setelah kita melakukan proses ota update. Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah coba hapus cache pada aplikasi bawaan sistem Android di smartphone kamu. Masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi tampilkan aplikasi sistem kemudian cari System UI dan lakukan hapus cache.

mengatasi error sistem ui telah berhenti

Bila cara pertama tidak berhasil, maka solusi kedua adalah kita harus mencoba untuk mengembalikan semua setelan sistem Android ke default dengan reset ulang Android ke setelan pabrik. Langkah ini tentu saja akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal dan juga seluruh aplikasi dan game yang pernah kamu unduh dari Playstore akan hilang. Jadi sebelum melakukan tindakan format ulang ke default pabrik sebaiknya backup dulu seluruh data penting yang ada di hp Android kamu.

solusi system ui has been stopped

Error Sistem UI telah berhenti di Android juga bisa disebabkan oleh hal yang paling parah yakni ada kerusakan di eMMC Android. Ini jelas sudah merupakan kerusakan hardware yang sangat sulit untuk diperbaiki sendiri, tapi harus di bawa ke service center. Namun sebelum kita berkesimpulan bahwa hp Android mengalami masalah di bagian eMMC sebaiknya lakukan terlebih dahulu flash ulang atau update Android menggunakan stock firmware resmi menggunakan PC atau laptop.

Seharusnya apabila sebuah smartphone sudah di flash ulang via PC maka kinerjanya akan sama seperti kita baru membeli perangkat tersebut dari toko. Namun bila setelah dicoba beberapa kali melakukan flash ulang dengan berbagai firmware yang berbeda versi, tapi tetap muncul masalah Android Sistem UI telah berhenti, maka bisa disimpulkan ada masalah atau kerusakan di bagian hardware terutama eMMC Android.

Berbagai error di Android memang tak selamanya hanya sebatas software saja namun bisa disebabkan oleh hardware yang bermasalah. Kerusakan software masih bisa diperbaiki dengan membersihkan cache dan data aplikasi, flash ulang dengan stock rom, sampai format ulang ke setelah pabrik. Sedangkan error yang disebabkan oleh kerusakan hardware, maka solusinya adalah mengganti atau memperbaiki bagian hardware yang bermasalah tersebut.

Leave a Reply