Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas (Second)

Apakah kamu berniat membeli sebuah iPhone bekas (second), dan takut mendapatkan iPhone yang bermasalah atau malah mendapatkan iPhone replika alias supercopy? Sebelum membeli sebuah iPhone second, banyak sekali hal yang harus diperhatikan, tentunya agar iPhone yang kamu beli benar-benar iPhone asli dan dalam kondisi yang baik dan layak pakai alias tidak mengalami error atau masalah lainnya. Berikut ini adalah Tips Sebelum Beli iPhone Bekas (Second).

Pertama, iPhone asli atau replika (supercopy). Dari sisi tampilan atau bentuk, antara iPhone asli dan iPhone SC sangat mirip sehingga secara sekilas memang bisa membuat kita terkecoh. Untuk mengetes apakah iPhone tersebut asli sangat mudah sekali, yaitu masuk ke menu Pengaturan (Setting) – Mengenai (About). Bila iPhone tersebut asli bukan replika maka akan muncul Versi iOS, Model dll seperti di bawah ini.

tips sebelum iphone bekas

Minta kepada penjual iPhone second tersebut untuk menyambungkan (connect) iPhone tersebut ke Laptop, apabila iPhone tersebut terdetect (dapat dikenali) oleh iTunes maka sudah bisa dipastikan iPhone tersebut adalah iPhone asli. Kamu juga bisa cek iPhone tersebut asli atau tidak dengan mengeceknya secara online di website resmi Apple https://goo.gl/2VhzAN masukan serial number, kalau iPhone tersebut asli bukan replika nanti akan muncul data tentang iPhone tersebut.

tips sebelum beli iphone second

Ciri lain dari iPhone replika atau supercopy adalah menggunakan OS Android, Layar sentuhnya kurang responsif, dan ketika dinyalakan tidak tampil logo Apple.

Kedua, cek apakah iPhone bekas tersebut mengalami iCloud Activation Lock alias Terkunci iCloud. Banyak yang menjual iPhone asli dengan harga murah, dan ternyata setelah dipakai mengalami masalah yaitu iCloud Terkunci. Ada beberapa penyebab kenapa iPhone terkunci iCloud, bisa karena pemilik iPhone tersebut emang lupa dengan Apple ID-nya atau karena iPhone tersebut bukan miliknya alias milik orang lain (hasil nemu misalkan). Untuk mengecek iPhone terkunci icloud atau tidak silahkan cek di https://www.icloud.com/activationlock/ kemudian masukan atau serial number (untuk serial number dan imei iPhone, kamu bisa lihat pada tips pertama diatas).

Tips Membeli iPhone seken

Untuk berjaga-jaga, engga ada salahnya kamu minta kepada penjual iPhone tersebut untuk melakukan Reset/ format iPhone ke pengaturan awal di depan kamu, dengan melakukan format iPhone, maka akan terlihat apakah iPhone tersebut benar-benar aman dan tidak mengalami terkunci icloud. Apabila setelah di format, iPhone tersebut tidak lagi bisa masuk ke menu, alias terkunci iCloud, jangan beli iPhone bekas tersebut karena percuma tidak akan bisa dipakai.

Ketiga, masukan kartu SIM ke iPhone ini berguna apakah ada sinyal atau tidak ketika menggunakan sim card yang kita pakai. Apabila ketika dimasukan kartu sim tidak ada sinyal dan hanya muncul searching atau mencari sinyal terus, maka sebaiknya urungkan untuk membeli iPhone tersebut, bisa jadi iPhone tersebut bukan factory unlock (fu), sehingga tidak bebas memakai kartu sim apa saja.

Keempat, test suara, speaker dan mix iPhone tersebut. Mainkan beberapa lagu di iPhone pastikan iPhone mengeluarkan suara dengan normal, lalu test iPhone tersebut untuk nelepon, pastikan kamu bisa melakukan pembicaraan (ngobrol) untuk memastikan mix dan speaker iPhone tersebut normal.

Kelima, test Home Button. Tekan beberapa kali tombol menu yang ada di iPhone, apakah masih empuk atau sudah teras keras. Jika sudah terasa keras, sebaiknya urungkan saja membali iPhone tersebut. Tombol menu yang keras akan sangat menyulitkan kamu untuk mengakses menu iPhone tersebut

Keenam, teliti pada layar dan cassing iPhone. Pastikan di layarnya tidak ada goresan, titik warna hitam begitu juga dengan cassing, bebas dari goresan atau bekas jatuh (benturan).

Terakhir, hindari membeli iPhone bekas karena iming-iming harga murah, secara logika orang menjual iPhone karena dia ingin mendapatkan keuntungan, apabila dijual murah apakah dia mendapatkan untung? Dia bisa menjual murah bisa dikarenakan iPhone tersebut mengalami masalah atau cuma iPhone replika atau supercopy.

15 Responses to “Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas (Second)”
  1. Ade 17/07/2015
  2. cyntiaaa 11/08/2015
  3. Arlin 05/11/2015
  4. zahra 27/05/2016
  5. Aan Jhee 01/06/2016
    • Siti Syarah 01/06/2016
  6. Mafaz 15/08/2016
    • Siti Syarah 15/08/2016
  7. bram 18/12/2016
    • Siti Syarah 19/12/2016
  8. lita 07/02/2017
    • Siti Syarah 07/02/2017
  9. riko 21/09/2017
    • Siti Syarah 21/09/2017
  10. ervan 20/12/2017

Leave a Reply