Apa Beda iPhone Fu dan Su

Harga iPhone memang semakin terjangkau terutama iPhone 4 dan 5 sehingga tak mengherankan bila kita iPhone dijadikan sebagai alternatif pilihan bagi mereka yang bosan menggunakan Android. Apalagi iPhone seken, harganya kini tidak terlalu tinggi, semisal iPhone 4S second dijual dikisaran 1,5 jutaan sedangkan harga barunya masih 2,5 juta keatas.

Seperti kita ketahui sebelum membeli iPhone seken ada beberapa tips membeli iPhone second yang wajib kita teliti dan perhatikan, salah satunya adalah pastikan bahwa iPhone second yang kamu beli benar-benar iPhone Fu alias factory unlock, jangan sampai kamu membeli iPhone Su (Software Unlock).  Lho, apa perbedaan iPhone su dan fu itu?

iPhone Fu atau singkatan dari Factory Unlock secara sederhana adalah iPhone yang bebas menggunakan kartu sim GSM apapun yang ada di Indonesia entah itu pakai Indosat, Telkomsel ataupun XL dan Tri. Jadi kamu mau gonta ganti sim card apapun tidak masalah, karena iPhone akan tetap aktif dan bisa digunakan untuk nelpon, sms dan tentu saja internetan menggunakan koneksi seluler.

perbedaan iPhone su dan iPhone fu

Kebalikannya yaitu iPhone SU atau Software Unlock, secara sederhana iPhone ini adalah iPhone yang belum di unlock alias masih terkunci oleh operator asal (bundling operator), itu artinya iPhone SU ini tidak akan bebas menggunakan kartu apapun. semisal apabila iPhone SU berasal dari Jepang atau Korea, maka iPhone ini hanya bisa digunakan menggunakan kartu sim dari negara asalnya, tidak bisa menggunakan kartu sim card dari Indonesia.

Agar bisa menggunakan operator Indonesia maka dilakukan unlock software (SU), namun tentu saja proses unlock atau membuka kunci ini tidak akan bertahan lama, terutama bila kamu melakukan update iPhone ke iOS terbaru maka biasanya secara otomatis iPhone akan terkunci kembali alias tidak bisa digunakan pakai operator Indonesia.

Jadi, kesimpulannya apabila kamu akan membeli sebuah iPhone second sebaiknya hindari membeli iPhone SU karena bisa saja suatu saat iPhone tersebut tidak akan bisa menggunakan kartu sim dari Indonesia alias ketika dimasukan kartu SIM akan muncul Kartu SIM Tidak Sah dan tidak akan ada sinyal alias No Signal, itu artinya iPhone tidak akan bisa dipakai untuk nelpon dan sms.

Pilih mana iPhone SU atau iPhone Fu? Tentu saja selalu pilih iPhone Fu yang bisa bebas menggunakan kartu sim gsm apapun yang ada di Indonesia.

2 Responses to “Apa Beda iPhone Fu dan Su”
  1. Rocky 13/04/2017
    • Siti Syarah 14/04/2017

Leave a Reply