Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Apa Beda Reset dan Restore iPhone itu

Ketika iPhone mulai bermasalah seperti makin lemot dari hari ke hari, tidak bisa kirim sms dan nelpon sampai yang terparah adalah iPhone hanya muncul logo iTunes ataupun cuma ada logo Apple lalu restart lagi terus menerus. Apabila berbagai macam tersebut muncul ada kemungkinan iPhone kamu memang sudah waktunya harus di reset atau restore agar nantinya kembali normal untuk digunakan. Tapi sebelum melakukan itu semua, mungkin kamu pernah bingung apa sih beda reset dan restore iPhone itu?

Apa itu Restore iPhone?

Proses restoring iPhone hanya bisa dilakukan via iTunes tidak bisa langsung dari iPhonenya. Untuk melakukan langkah restore ini kamu membutuhkan Firmware iPhone sesuai dengan type yang kamu miliki tersebut. Proses restore iPhone lewat iTunes selain akan mengembalikan iPhone ke setelan pabrik juga akan merubah iOS atau sistem operasi, semisal bila saat ini kamu menggunakan iOS9 maka ketika dilakukan restore maka akan berganti menjadi iOS10. Kapan proses restore ini harus dilakukan di iPhone kamu?

apa beda reset dan restore iPhone

  1. iPhone tidak bisa masuk ke menu utama karena hanya muncul logo Apple lalu restart kembali, ataupun cuma ada tulisan Sambungkan ke iTunes dan gambar USB di layar iPhone ketika dinyalakan. Apabila kamu mengalami masalah seperti ini maka sudah jelas sekali bahwa iPhone harus di restore lewat iTunes di komputer.
  2. iPhone kamu sudah di jailbreak dan kamu ingin mengembalikan iPhone ke setelan pabrik atau factory reset. Khusus iPhone yang sudah di JB kamu tidak akan bisa melakukan factory reset langsung dari iPhone tetapi harus lewat proses restore menggunakan iTunes.

Atur Ulang atau Reset iPhone

Bila kamu ingin mengembalikan iPhone ke setelan pabrik tanpa harus menggunakan komputer atau PC maka bisa pilih proses reset langsung dari iPhone. Masuk ke menu Pengaturan – Umum – Atur Ulang selanjutnya pilih Hapus Konten dan Pengaturan. Atur Ulang iPhone tentu saja akan menghapus seluruh data dan foto yang di iPhone karena itulah sebelum melakukan langkah ini ada baiknya backup iPhone ke iCloud terlebih dahulu agar tidak hilang. Kapan kamu bisa melakukan proses reset iPhone ?

Apa Beda Reset dan Restore iPhone itu

  1. Kamu masih bisa masuk ke menu utama alias bisa mengakses berbagai menu di iPhone dengan lancar dan normal.
  2. iPhone belum pernah di Jailbreak. Perlu diingat bahwa proses reset iPhone secara langsung tanpa iTunes hanya bisa untuk iPhone yang belum pernah di Jailbreak.
  3. Bila kamu hanya ingin mengembalikan jaringan iPhone ke pengaturan awal maka bisa pilih teknik reset ini, jangan menggunakan proses restore iPhone.
  4. Proses reset iPhone hanya untuk mengembalikan iPhone ke factory reset tanpa harus merubah iOS iPhone.

Sekarang sudah jelas kan perbedaan antara reset dan restore iPhone dimana keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengembalikan iPhone ke setelan pabrik, namun berbeda dari sisi cara dan teknik yang digunakan.

21 comments

  1. Apakah setelah iPhone di restart pabrikan memori penyimpanan kembali seperti awal kita beli? Mohon pencerahannya mbak

    1. @Joni :: Iya tentu saja, apabila di reset ke setelan pabrik nanti iPhone akan kembali seperti kondisi baru beli.

        1. @Joni :: Kalau cuma reset atau format ulang tidak harus connect wifi kok, kecuali kalau ingin melakukan proses restore.

        2. Pengen nanya mba,, saya reset iPhone pake iTunes,, apakah aplikasi yg pernah ada sebelumnya seperi fb, instagram dan WA akan tetap ada setelah di reset, atau harus di download lagi di appstore

          1. @Vano :: agan harus install lagi semua aplikasi tersebut dari App Store bila telah dilakukan proses restore via iTunes.

  2. Mbak mau tanya, ini hp saya ukuran sistem nya makin lama makin nambah, pernah sampe 10.3 Gb, cara nya biar normal gimana ya? Posisi iphone 5s iOS 11.1.2

    1. @Medha :: backup terlebih dahulu data yang ada di iPhone ke komputer via iTunes, nanti sis bisa coba untuk restore iPhone ke default pabrik terlebih dahulu agar memorinya bertambah lagi.

  3. halo, saya mau tanya sis, iphone saya tiba tiba muncul loading dan hitam sesaat, tapi habis itu nyala lagi dan ke lock screen gitu. seakan akan seperti di restart. Tapi bukan direstart. Dan kasus ini terjadi ketika panas. Apabila di restore apakah bisa kembali seperti semula laykanya produk pabrik baru beli ya? thx

    1. @Sari :: Coba aja dulu di restore ke iOS terbaru, yang penting saat menggunakan iPhone jangan sampai overheat secara terus menerus.

    1. @Richo :: Di flash bisa, tapi nanti setelah selesai di flash akan tetap diminta untuk memasukan akun iCloud yang aktif di iPhone tersebut.

  4. Mba sy mau nanya. Sblm sy restore, ip sy sdh sy backuo smuanya terlebih dlu melalui itunes.
    Nah Klo ip 7plus sy restore pake itunes Kan nnti bakal ilang smua datanya. Trs nnti pas nyala lagi sy pasti donlod app2 yg sdh kehapus smua di apps store. Nah data app whtsapp kembali sprti dulu atau ilang smua sprti baru lagi? Sy pengen restore iphone tpi data chattingan WA tdk ingin hilang. Gimana mba? -makasi

    1. @Fara :: Kalau sis mengaktifkan backup data WhatsApp ke iCloud, nanti bisa di restore saat masuk kembali WhatsApp di iPhone tersebut.

  5. Mba mau tanya. Ios saya udah paling terupdate. Setelah diupdate hp tiba tiba mati dam stuck di logo apple dan kadanv minta restore itunes. Setelah beberapa hari saya coba nyalakan dan bisa. Apakah dengan saya reset all content and setting bisa jadi solusi agar tidak stuck lagi di logo apple dan meminta restore by itunes?

    1. @Yogie :: sebaiknya memang di restore aja via iTunes. Kembalikan ke setelan pabrik, agar iPhone agan bekerja lebih fresh seperti baru pertama kali beli.

  6. Kalo utk menghapus file “Others” di memori iphone, apakah sebaiknya di rest atau restore? Thank you

    1. @Rick :: agan harus login menggunakan akun icloud yang sama seperti yang digunakan sebelum dilakukan reset. Itu juga dengan ketentuan, agan mengaktifkan backup iCloud di akun tersebut.

  7. halo mba siti, mau tanya kamera ip saya ngeblur terus dan tidak mau fokus itu kira2 kenapa ya, ada kesalahan dmn ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.