Apa Fungsi Izin Aplikasi di Android dan iOS

Tahukah kamu bahwa setiap aplikasi dan game yang kita install baik itu di Android maupun iOS tak jarang selalu meminta izin untuk mengakses beberapa fitur yang tersedia di sistem operasi tersebut seperti yang paling umum adalah izin mengakses dan membaca kontak, menggunakan kamera, microphone, mengaktifkan koneksi wifi, sampai izin untuk memakai fitur GPS agar nantinya aplikasi tersebut bisa mengetahui dengan pasti dimana posisi kita saat ini secara akurat.

Tentu saja tidak ada masalah dengan izin yang diminta oleh aplikasi atau game tersebut selama dipergunakan untuk tujuan yang jelas, ada keterangan dan syarat ketentuan yang mengatur kenapa izin tersebut dibutuhkan sehingga kita sebagai pengguna aplikasi tidak merasa dirugikan malah sebaliknya bisa mendapatkan manfaat yang besar. Sebagai contoh, aplikasi ojek online sudah bisa dipastikan akan membutuhkan izin lokasi dengan alasan dan tujuan yang jelas yakni agar kita bisa mudah berinteraksi saat menggunakan layanan aplikasi transportasi tersebut, dimana driver dapat menemukan dan menjemput kita di titik gps yang telah disepakati.

fungsi izin aplikasi di android dan ios

Contoh lain adalah aplikasi WhatsApp yang akan selalu membutuhkan izin untuk mengakses kontak, kamera dan telepon dengan tujuan yang jelas sekali yakni agar nantinya kita bisa mudah berkomunikasi dengan teman teman, rekan ataupun kerabat. Bayangkan saja bila WhatsApp tidak diberi izin untuk mengakses kontak yang terjadi adalah kontak WhatsApp berubah jadi nomor semua sehingga kita akan kesulitan untuk mengenali dan mengetahui siapa sih yang mengirim pesan ke WA kita. Begitu juga saat WhatsApp tidak mendapatkan izin terhadap kamera dan penyimpanan di Android atau iOS yang bakal terjadi adalah pengguna tidak bisa lagi mengirimkan berkas atau file media lainnya lewat aplikasi WhatsApp tersebut.

Dari kedua contoh diatas sangatlah jelas bahwa fungsi izin aplikasi di iOS ataupun Android tersebut sangatlah penting karena ternyata bisa membuat sebuah aplikasi berjalan dan berfungsi dengan baik dan normal tanpa kendala apapun. Selama kita benar-benar mengetahui apa tujuan dan maksud dari izin yang diminta oleh aplikasi tersebut maka tidak ada masalah bila akhirnya kita mengizinkan aplikasi tersebut karena nantinya izin tersebut tidak akan mungkin disalahgunakan untuk tujuan di luar konteks sesuai dengan yang telah disepakati antara pengguna dan aplikasi tersebut.

Izin aplikasi di sistem operasi iOS maupun Android sangatlah penting dan merupakan fitur yang harus selalu menjadi perhatian utama bagi penggunanya karena dengan izin tersebut kita bisa menentukan apakah sebuah aplikasi bisa mengakses sebuah fitur atau tidak. Perlu diingat bahwa saat ini tak sedikit aplikasi yang meminta izin misalkan akses kontak dan lokasi padahal manfaat dan fungsi aplikasi tersebut tidak berhubungan dengan lokasi ataupun komunikasi.

Kita harus selalu berhati-hati terhadap aplikasi yang membutuhkan izin mengakses fitur seperti kontak dan lokasi tanpa disertai penjelasan yang jelas yakni akan digunakan untuk apa izin tersebut. Sebagai contoh, sebuah aplikasi untuk edit foto tentunya hanya membutuhkan izin untuk mengakses penyimpanan di Android atau iOS tujuannya tentu saja agar kita bisa edit foto dan lalu save atau menyimpan hasil edit foto tersebut ke memori penyimpanan internal maupun eksternal. Bila kemudian aplikasi edit foto tersebut meminta izin lokasi dan ingin mengakses kontak, kita patut curiga karena kedua izin tersebut tidak berhubungan sedikitpun dengan fungsi dari aplikasi edit foto tersebut.

manajemen izin aplikasi di android

Sebagai pengguna smartphone kita meski mampu membedakan mana izin yang benar-benar dibutuhkan oleh sebuah aplikasi dan mana yang sama sekali tidak diperlukan. Sebuah aplikasi yang hanya digunakan untuk edit foto, tentunya saja tidak butuh izin untuk membaca dan mengakses kontak karena aplikasi tersebut tidak dipakai untuk berkomunikasi, yang kita edit kan foto bukan kontak! Lebih aneh lagi bila aplikasi edit foto tersebut butuh izin lokasi, manfaatnya untuk apa? Jangan-jangan nantinya aplikasi tersebut justru dipakai untuk hal yang tidak berhubungan langsung dengan proses edit foto.

Kesimpulannya fungsi izin aplikasi entah itu di Android maupun iOS sangatlah penting karena berguna agar sebuah aplikasi bisa berfungsi dengan baik, namun demikian kita juga harus selalu teliti dan berhati-hati sebelum memberikan izin kepada sebuah aplikasi, baca dan pahami terlebih dahulu apa alasan dan tujuan sebuah aplikasi meminta izin akses ke sebuah fitur, pastikan bahwa izin aplikasi yang diminta tersebut sudah sesuai dengan dan manfaat dan fungsi aplikasi tersebut.

Leave a Reply