Apakah iOS Bisa Di Downgrade

Pengguna iPhone, iPad ataupun iPod tentu sudah tidak asing dengan iOS yang merupakan sistem operasi dari Apple tersebut. iOS memang istimewa karena hanya digunakan di produk buatan Apple, berbeda dengan Android yang banyak digunakan oleh berbagai macam vendor mulai dari Xiaomi, Samsung, Oppo bahkan sampai Evercoss dan Advan. Sehingga tak mengherankan bila kemudian iOS menjadi identik dengan Apple.

Salah satu kelebihan iOS dibandingkan Android adalah kita bisa mendapatkan update atau pembaruan iOS terbaru lebih cepat hanya dalam hitungan hari sejak iOS terbaru tersebut dirilis oleh Apple. Berbeda dengan Android, meski sudah ada Android Oreo, tapi masih jarang yang menggunakan Android terbaru tersebut karena lambatnya proses upgrade, sehingga tak mengherankan bila saat ini masih banyak yang menggunakan Android Marshmallow dan bahkan Lollipop dan Kitkat di handphonenya.

Apakah iOS bisa di downgrade

Namun satu kelemahan saat kita telah melakukan upgrade iOS ke versi terbaru misal dari iOS9 ke iOS11 adalah kita tidak bisa melakukan proses downgrade atau kembali ke iOS versi lama. Jadi untuk kamu yang penasaran dan bertanya apakah iOS bisa di downgrade? Jawabannya singkatnya adalah tidak bisa. Ketika kamu sudah melakukan proses upgrade maka secara otomatis kamu harus siap menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Apple tersebut.

Meski demikian, apabila Apple baru saja merilis iOS versi terbaru dan kamu sudah melakukan proses upgrade ke iOS terbaru tersebut dan ternyata tidak cocok dan kurang nyaman memakai iOS versi baru tersebut sebenarnya masih ada kesempatan untuk proses downgrade ke versi lama dengan syarat bahwa Apple masih mengizinkan untuk proses signing iOS versi lama tersebut.

Jadi syarat utama agar bisa sukses melakukan proses downgrade iOS ke versi lama adalah Apple masih melakukan proses signing terhadap iOS versi lama tersebut. Jika Apple telah menghentikan atau tidak mendukung proses signing iOS tersebut maka secara otomatis kamu sudah tidak bisa lagi melakukan proses downgrade iPhone ke iOS versi lama. Perlu diingat bahwa signing terhadap iOS lama ini hanya berlangsung selama beberapa hari saja sejak iOS terbaru dikeluarkan Apple, setelah itu maka tidak akan ada lagi kesempatan untuk bisa melakukan proses downgrade iPhone atau iPad ke iOS versi lama.

Bila kamu baru saja akan melakukan proses update iPhone ke iOS terbaru dan ternyata kamu ingin mengurungkan niat, jangan khawatir kamu bisa kok membatalkan update iOS di iPhone tentu dengan satu syarat bahwa proses update tersebut dilakukan secara OTA Update dan masih dalam proses mengunduh pembaruan di iPhone milik kamu tersebut.

Tidak bisa melakukan downgrade bisa dibilang sebagai salah satu kelemahan iOS, karena di Android sendiri kita bisa bebas melakukan proses downgrade, dari Marshmallow ke Lollipop bahkan ke Kitkat, atau bila tidak cocok menggunakan Android Oreo kita bisa kembali menggunakan Nougat atau Marshmallow di hp Android kita.

Leave a Reply