Beda Update dan Upgrade Android

Bagi pengguna Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah update juga upgrade. Namun sebenarnya apa sih beda antara update dengan upgrade itu? Karena saat hp Android kita error atau ada aplikasi yang tidak bisa dibuka, banyak yang menyarankan untuk melakukan update aplikasi di Google Playstore atau juga upgrade Android ke versi terbaru.

Update secara sederhana adalah melakukan pembaruan terhadap sesuatu semisal aplikasi agar lebih uptodate semisal dari sisi menu sehingga nantinya aplikasi tersebut bisa berjalan lebih stabil, lebih aman dan tentunya dengan penambahan beberapa fitur meski dalam sekala kecil. Jadi perubahan dalam proses update tidaklah terlalu signifikan dan bahkan mungkin efeknya tidaklah terlalu besar kita rasakan. Contoh adalah update dari Android 6.0 ke Android 6.1 yang sama-sama masih Marshmallow.

Sedangkan upgrade adalah meningkatkan sesuatu ke level yang lebih tinggi dengan berbagai menu dan fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya. Sebagai contoh adalah upgrade dari Android 6.0 Marshmallow ke Android 7.0 Nougat. Seperti kita lihat bahwa proses upgrade memberikan sesuatu yang baru kepada kita yang berbeda dengan versi sebelumnya entah itu dari sisi tampilan, menu ataupun fitur-fitur pelengkap lainnya.

apa beda update dan upgrade

Jadi apakah kini kamu masih bingung dengan beda update sama upgrade di Android? Ingatlah bahwa update hanyalah sebuah pembaruan kecil sedangkan upgrade adalah peningkatan versi atau pembaruan besar yang terkadang berbeda dengan versi sebelumnya.

Leave a Reply