Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Cara Ganti Nomor Tagihan Playstore Android

Setelah sekian lama menggunakan nomor hp lama akhirnya kamu mengganti nomor handphone di Android dengan nomor baru yang berbeda operator, dengan alasan agar kuota internet besar tapi tidak mahal dibandingkan dengan operator lama. Tentu saja nomor untuk tagihan Playstore di Android yang dipakai untuk pembayaran saat membeli aplikasi atau game pun harus otomatis dirubah agar nantinya bisa sesuai dengan nomor baru kamu. Bagaimana sih cara menghapus dan mengganti nomor tagihan di Google Playstore?

Perlu diingat bahwa kamu bisa mengganti nomor tagihan di Playstore tanpa harus menghapus terlebih dahulu nomor lama kamu di akun Google Playstore. Namun bila kamu berniat ingin menghapus nomor lama terlebih dahulu dan lalu menggantinya dengan nomor baru, ikuti caranya seperti di bawah ini.

Untuk hapus nomor hp di Playstore, pertama masuk ke Google Playstore, pilih menu Akun Saya lalu Setelan Pembayaran Lain.

hapus nomor di playstore

Kamu akan diminta untuk Login ke akun Google Playstore, masukan kata sandi akun Google kamu dengan benar. Selanjutnya pilih nomor yang akan dihapus.

delete nomor di playstore

Untuk menghapus nomor lama kamu di Playstore pilih Remove lalu lakukan konfirmasi dengan memilih Yes.

cara menghapus nomor playstore

Selamat kini nomor lama kamu yang dipakai untuk penagihan di Playstore telah berhasil diganti, langkah selanjutnya kamu bisa mengaktifkan pembayaran di Google Playstore pakai pulsa menggunakan nomor baru dengan beberapa langkah mudah, namun sebelumnya pastikan bahwa nomor yang akan dipakai sebagai alat pembayaran di Playstore telah di simpan di SIM1 bukan di SIM2 handphone Android kamu.

60 comments

  1. Kenapa saat di “my account” di google playstore gak ada pilihan setelan pembayaran lain seperti gambar diatas? Cuman ad 3 opsi : 1. Add credit or debot card, 2. Enable telkomsel billing (ini ga bisa dihapus2), 3 Reedem. Itu aja ga ada yg lain. Mau buka google wallet trus remove telkomsel juga ga ngefek. Tetep ada trus tuh telkomsel. Heelp

    1. @Orang :: Coba masuk playstorenya via komputer/pc lalu lakukan edit metode pembayaran seperti diatas.

      1. Mba, ko tetap ga bisa ya buat edit di pc, di pc cuma tertera tambahkan kartu kredit sama tukarkan saja,

        1. @Vina :: Solusi termudahnya saat ini adalah mbak harus coba pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu.

    2. Gini kak aku pakai kartu telkomsel tapi kok do Google play nya malah indosat ya, aku malah binging sendiri ini, tolong bantuannya kak…

      1. @Afie :: Apakah dulu agan pernah menggunakan kartu Indosat? Sebaiknya agan hapus aja dulu metode pembayaran via Indosat tersebut lalu ganti menggunakan operator yang agan pakai sekarang yakni Telkomsel.

    3. Pembayaran tidak berhasil. Pulsa anda tidak cukup.
      Harganya 75.000 rupiah
      Pulsa ane ada 75000 rupiah
      Kok malah dibilang pulsa anda tidak mencukupi ?

      1. @Fikri :: Pulsa yang agan memiliki pas, jadi tentu saja tidak mencukupi karena harga 75ribu belum termasuk PPN sekitar 20% atau lebih.

  2. Mba, saya sudah remove yang nomor lama, tapi di playstore untuk pendaftaran pakai nomor baru gabisa di tekan “seperti masih terhubungan dengan nomor lama” itu gimana ya?

    1. @M. Hudan :: Coba lakukan dulu clear data dan cache di menu Pengaturan – Aplikasi – Google Play Store lalu pilih Hapus Data dan Cache. Selain itu coba agan Logout dulu dari Playstorenya baru login lagi.

  3. sebelumnya pada saat awal pengunaan billing ini tdk ad masalh hanya sja saat ganti nomer si nomer pertama ini tdk mau bernjak pergi :v . masalah tetap sj tdk berubah 😀 walau sdh ikuti smua proses d atas tetp saja setelah kita kmbali pilih “use telkomsel billing” selanjutkan bukanya mengisi data awal layaknya pegguna pertama kali tetapi ini lgsung dhapkan dengan tombol “save” seperti kita selesai isi data saat pertma kali dulu 😀 pdhl ngak ngapa-ngapaen (sepertinya data pertma nomer pertma, dll yg d daftarkn dhulu blom spnuhnya terhapus walau sdh dhapus d wallet.google, sharusnya si ad kolom edit/perbaruhi tp enth itu ad atau tdk, nyatanya ada cuma hapus ) jikalau ad info baru mohon dinformaskn.

    1. @Nurul :: coba Clear Data dan Cache dulu di Pengaturan – Aplikasi – Google Playstore lalu gunakan akun Playstore yang lain terlebih dahulu.

    1. @Alifah :: yups, kartu yang dipakai sebagai metode pembayaran di Playstore harus ada di SIM1

  4. Kak saya mw tanya saya udha iktin di cara ditas berulang” sampe saya bingung sendiri

    Soalnnya pas masuk plystore terus ke akun metode pembayaran yang muncul hanya dua pilihan metode pembayaran kartu kridit
    Sma tuker kode

    Supaya muncul metode pembayara telkomsel itu gimna ya kk

  5. Kenapa ya setalah masuk ke gmail tidak ada pilih untuk menggati melainkan di suruh isi pemebayaran kredit ?

  6. Saya sudh rubah ke sim 1, lalu sudah saya hapus data dan cache nya tapi masih saja pembayarannya menggunakan operator lama. kira-kira bagaimana lagi ya

  7. Kalau misalnya saya pake telkomsel buat android saya. Kan daftar dulu yaa buat pembayarannya, nanti saya bisa ga ngedaftarin nomor telkomsel lain yang bukan nomor telkomsel yang ada di android saya?

  8. Kok punya saya nggak bisa bayar pake billing Telkomsel ya ? Padahal yg Telkomsel itu yg d sim1

    1. @Akmal :: gunakan satu sim card aja dulu, apabila tetap tidak muncul coba gunakan operator lain semisal Indosat Ooredoo atau XL/Axis muncul tidak? siapa tahu operator yang agan sekarang sedang gangguan atau bermasalah.

  9. Saya sudah hapus tu metode pembayaran setelah saya mau masukin nomor yang baru gak ada pilihan edit adanya cuma langsung aja, gimana ya

    1. @Syafi’i :: Langsung bagaimana? apabila agan sudah menghapus nomor yang dipakai sebagai alat pembayaran di Playstore, agan bisa coba untuk logout terlebih dahulu dari Playstore, kemudian masuk atau login kembali dan coba untuk menambahkan nomor baru sebagai alat pembayaran.

  10. Mba tolong saya saya sama sekali ga bisa beli di play store selalu alasannya ga bisa verivikasi akun lewatsms ke provider xlnya

    1. @Fizy :: Kemungkinan ada masalah dengan operator yang agan pakai, coba aja pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu.

  11. gan nanya, kalo punya saya kok muncul cuma tukarkan sama kartu doang? padahal udah pake kartu indosat. gimana tuh??

    1. @Arghyte :: alamat di Playstorenya sudah menggunakan alamat Indonesia? selain itu pastikan kartu sim cardnya pastikan diletakan di SIM 1

  12. emang klo di pasang di sim dua g bisa yach gan ,, soal nya hp aq smartfreen
    sim 1 harus smart

  13. Mba, saya sudah remove nomer2 yang sudah tidak dipakai, tapi waktu saya pencet Add payment method tuh keluarnya malah suruh memasukkn debit card, padahal saya maunya bayar lewat pulsa, gimana dong mb?

    1. @Ienn :: hapus dulu cache di Playstore, logout akun di androidnya setelah itu agan bisa coba untuk menambahkan nomor baru kembali. Atau bisa juga agan pakai akun Playstore lain terlebih dahulu, bisa tidak?

  14. Teh knpa yah di play store syah ga muncul tagihan operator nya cman tagihan n kredit aja

    1. @Dinar :: biasanya disebabkan alamat agan bukan Indonesia juga kartu yang dipakai sebagai pembayaran diletakan di SIM2

  15. Mbak saya mau tanya gimana caranya metode pembayaran ny itu ada xl/axis gitu mba ?? Saya nggk mngerti

    1. @Fadil :: apabila tidak ada pilihan pembayaran pakai kartu telkomsel (AS), bisa jadi karena akun Playstore agan tidak menggunakan alamat Indonesia dan agan belum melakukan proses konfirmasi akun via sms.

        1. @Fadil :: Konfirmasi akun biasanya waktu pertama kali membuat akun Playstore tersebut.

  16. sist koq akun ku ttp gak bs ya aku udh cb berulang ulang msh aja tulisanny pulsa anda tidak mencukupi pdhl ada pulsa nya dan d google pay ny add new payment method tp gak bs d klik indosat nya

    1. @Devi7 :: Pastikan pulsa mencukupi setelah ditambah dengan pajak, selain itu sis bisa coba untuk logout dulu dari Playstore lalu login kembali. Bila tetap masih error, coba gunakan metode pembayaran lain terlebih dahulu semisal Voucher Google Play dari Indomaret.

  17. Ka kan aku kemaren2 bisa ya bayar via pulsa. Nah tiba2 tadi pas aku mau bayar via pulsa, eh gabisa. Di tulisan xl/axis nya itu ada tulisan merah “not eligible” trus akhirnya aku apus kan yang pembayaran via pulsa. Pas mau aku tambahin lagi yang via pulsa, gaada pilihannya. Cuma ada credit sama reedem. Itu gimana?

    1. @Angel :: Tes dulu pakai kartu dari operator lain semisal telkomsel atau indosat, muncul tidak pilihan pembayaran pakai pulsa? atau sis bisa coba juga menggunakan metode pembayaran lain semisal menggunakan voucher playstore dari Indomaret.

    2. Sama kayak saya udh clear masalahnya bro ? Saya udh gk bisa jga tinggal ad pilihan debit sama tukarkan code

      1. @Rizky :: Coba logout dulu dari akun Playstore yang sekarang, ganti dulu menggunakan kartu dari operator lain selanjutnya agan bisa coba untuk masuk lagi ke Playstore.

  18. Cara supaya nomer kita diketahui google play gimana ya kak? Saya kok cmn ad metode kartu kredit dan tukarkan voucher..untuk tombol tagihan via pulsa tidak muncul..ada solusi?

    1. @Razin :: Biasanya otomatis akan muncul kok di menu metode pembayaran selama akun Playstore agan menggunakan alamat Indonesia dan menggunakan kartu yang sudah di support oleh Playstore.

  19. Just Info untuk yang kesulitan..
    Rubah dulu recovery phone number google nya menjadi yang akan di gunakan untuk billing, saya pake dual sim.. bisa ganti ganti koq mba/mas…

  20. Mau tanya bak syarah? Gini y. . . Dulu aku pkek hp j5 dgn gmail dn nomor telkomsel. Dn pmbyaran google play jg lancar. Trus skrg aku ganti hp bru dn pakek nomor itu yg dulu dpkek ke j5 dngmail jg yg prnh dpkek hp j5. Trus pmbayaran kok jdi gk bs d hp yg bru ini. Google bilang tidk dpt memverifiksi akun saya. Trus gmna caranya ini bak? Kan aku mau beli theme berbayar gk bs2 ksel aku. Mhon bantuanya bak? ?

    1. @Ali :: Coba di hapus dulu nomor yang dipakai sebagai pembayaran tersebut, kemudian nanti ditambahkan kembali.

  21. Mbak, saya sudah masuk ke setelan pembayaran lain. Tapi di sana ditulis “Belum ada metode pembayaran” saya harus gimana ya mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.