Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Tidak Ada Pilihan Telkomsel Billing di Playstore

Pas mau melakukan pembelian aplikasi dengan pulsa di Google Playstore ternyata tidak muncul pilihan pembayaran menggunakan pulsa, semisal bila kamu menggunakan operator Indosat tidak muncul pilihan Tagih Akun Indosat Saya atau bila pakai Telkomsel tidak ada pilihan Enable Telkomsel Billing bagaimana dong solusinya? Jangan khawatir dengan sedikit langkah singkat kita bisa memunculkan pilihan Enable Billing Operator di Google Playstore milik kita.

Tidak ada pilihan Tagih Akun Telkomsel Saya atau Enable Indosat Billing salah satu penyebabnya karena alamat kamu di Google Wallet tidak menggunakan negara Indonesia, tapi menggunakan negara lain semisal Amerika, karena itulah silahkan rubah dulu alamat akun Playstore kamu ke negara Indonesia, juga jangan lupa masukan nomor handphone yang akan dipakai sebagai media pembayarannya.

Masuk ke halaman https://wallet.google.com dari komputer atau juga bisa dicoba dari hp Android kamu, masuk menggunakan akun playstore yang dipakai di Android kamu. Setelah berhasil masuk ke Google Wallet, selanjutnya pilih menu Address Book atau Buku Alamat, disini kamu bisa Edit yang sudah ada atau menambahkan alamat baru.

memunculkan enable telkomsel billing

Pada bagian negara pilih Indonesia, masukan juga alamat tempat tinggal kamu dengan lengkap, beserta propinsinya, kode pos dan tentu saja nomor handphone kamu. Setelah selesai pilih Save untuk menyimpan perubahan. Jangan lupa jadikan ini sebagai default alamat kamu selain itu kamu harus hapus alamat yang menggunakan negara lain selain Indonesia.

aktifkan penagihan akun indosat saya

Setelah merubah negara ke Indonesia, selanjutnya masuk ke Pengaturan Aplikasi di hp Android kamu, pilih Google Playstore dan pilih Clear (Hapus Data).

aktifkan penagihan xl/axis

Masuk kembali ke Google Playstore, dan kini pilihan Tagih Akun Indosat Saya atau Aktifkan Penagihan xl/axis akan muncul di menu Setelan Akun.

memunculkan enable indosat billing di playstore

Kamu pun bisa mulai melakukan pembelian aplikasi atau game di Playstore menggunakan pulsa, pastikan pulsa mencukupi dan ingat Pembelian di Playstore Pakai Pajak, jadi jangan kaget bila harga aplikasinya sebesar 10ribu tapi nanti yang pulsa kamu terpotong bisa lebih dari 12ribu.

338 comments

  1. Gan, saya kan pake kartu telkomsel tapi kenapa munculnya axis/xl di playstorenya? Saya juga tidak bisa aktifin billingnya

    1. @Arth :: Coba rubah pada bagian Payment Method Playstore seperti diatas. Hapus dulu metode pembayaran yang pernah dipakai. Setelah selesai menghapus metode pembayaran agan bisa masuk ke Playstore, lalu tambahkan metode pembayaran yang akan digunakan (dalam hal ini pakai pulsa telkomsel)

      1. Kalau hp smartfren dan saya pakai pulsa xl kok gak ada metode pulsa billingnya gak ada knp?

        1. @Mustofa :: penyebabnya bisa disebabkan karena agan menggunakan XL di SIM2 bukan sim utama.

      2. Gan maaf mau tanya nih
        Menu buku alamat di google wallet nya di mana si kok gak nemu nemu, nah terus kan udah saya hapus metode pembayaran yg lama , terus kok gak bisa di tambahin lagi pakai akun telkomsel
        Terimakasih…

          1. Ka kalau pake simpati bisa ngga? Saya ga muncul enable telkomsel billingnya

          2. @Richard :: bisa banget, yang penting agan menggunakan akun Google Playstore untuk wilayah Indonesia dan juga memasang sim card simpati tersebut di slot sim 1

      3. Mba koq yg saya gx bisa”
        Asalnya pake akun indosat di hapus
        Pas mau di pake lagi gx ada tulisan tagih akun indosat lagi
        Yg ada cuman visa doang

        1. @Candra :: coba dulu pakai kartu dari operator lain juga gunakan akun Playstore yang baru terlebih dahulu, bisa tidak?

      4. Gan, saya ini membeli diamond di salah satu game dan setelah ingin membeli malah adanya indosat payment, padahal saya ingin membelinya menggunakan pulsa xl setelah saya otak atik saya malah menghapus payment indosat di payment.google.com dan ketika saya ingin menambahkan payment methodsnya menggunakan xl billing saya malah tidak menemukan pilihan menambahkannya menggunakan billing adanya menggunakan debit card sama redeem code, solusinya gimana yaaa? Makasih

        1. @Mukhara :: agan sudah coba diatas terlebih dahulu? hapus data dan cache dulu di playstore lalu tambahkan ulang metode pembayarannya.

      1. @Rhia :: keterangan errornya bagaimana? juga pastikan sis cuma membeli aplikasi, game atau iap yang sekali beli, bukan sistem berlangganan atau subscribe seperti langganan PIN BBM bulanan dan sebagainya.

  2. Masih tidak bisa kak!hp saya advan T1J
    D hp saya tidak ada kata2 + metode pembayaran
    Dan setelan pembayaran lain!itu kenapa y kak?

    1. @M. Harisul :: Kalau hp Android dual SIM, coba pakai satu SIM dulu misalkan pakai Telkomsel atau Indosat saja. Cara lain bisa dicoba untuk membuat akun playstore baru, langsung dari hp Androidnya. Pastikan ketika membuka akun baru, agan lakukan verifikasi nomor telepon sehingga nantinya akun playstorenya benar-benar terverifikasi keabsahan datanya.

  3. Kok g muncul adress book y.? Solusiny gmn? Payment cm muncul kartu kredit n debit g muncul byr pky pulsa.

    1. @Deddy :: Coba edit Google Wallet via Laptop, seharusnya muncul Address yang berisi alamat kita. Gunakan alamat Indonesia.

    1. @sue :: Coba pakai kartu SIM Card baru juga menggunakan akun google play store baru.

    1. @Ridwan :: History / riwayat pembelian tidak akan bisa dihapus. Kalau untuk berhenti berlangganan agan bisa masuk ke Playstore lalu cari aplikasi dimana agan berlangganan (semisal BBM), selanjutnya pilih Berhenti Berlangganan.

  4. Gan awalnya saya udah bisa pake pulsa xl, trus saya ganti nmr tapi xl juga ke hp saya, pa saya bayar malah masuk ke nmr yang 1. Saya coba remove di setting, keremove 22nya pas saya mau pake payment pulsa lagi, gaada pilihannya. Gimana gan?

    1. @Kian :: Coba tambahkan metode pembayarannya seperti cara diatas yakni via Google Wallet. atau agan bisa lakukan dulu Clear Data pada aplikasi Google Playstore (Pengaturan-Aplikasi-Playstore lalu pilih Hapus Data) juga agan bisa logout/keluar dulu dari akun playstore/google di hp Androidnya. Setelah itu baru login lagi dan coba untuk melakukan pembelian menggunakan pulsa kembali.

  5. asslkum, semisal hp andro tidak dipasang simcard, hanya menggunakan wifi.. apa bisa kita set motode pembayaran via telkomsel/pulsa ???

    1. @Syaiful :: asalkan nomor yang dipakai pembayaran aktif di handphone lain dan juga sebelumnya sudah dimasukan sebagai metode pembayaran, seharusnya tidak masalah alias bisa.

    1. @Reza :: masa sih? coba dilakukan dulu clear data di aplikasi playstorenya, juga sign out dulu dari akun yang sekarang dipakai.

  6. Kok keknya saya masih gak ada juga ya enable telkomsel account? Padahal sayapakai kartu telkomsel di sim 1 udah di edit jadi negara indonesia dan udah hapus data terus buka lagi pas di cek akun saya gk ada enable telkomsel account. Gimana nih kak??????

    1. @Wilson :: coba untuk menggunakan satu simcard dulu. Kalau nanti tetap tidak ada pilihan telkomsel billing, agan bisa coba untuk membuat akun playstore baru saja, pastikan di akun baru nanti agan menggunakan biodata yang sesuai, jangan asal-asalannya, juga pastikan bahwa akun tersebut langsung diverifikasi via sms dari google.

        1. @Dara :: Coba menggunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu atau gunakan akun playstore yang baru saja.

  7. Sis di wallet udah indo, tpi hp saya kan hp smart frend 4g lte, pertama masukin kartu, ada billing indosat, pas bsoknya ga ada, knp tuh?

    1. @Akbar :: ada kemungkinan yang terdetect adalah sim1, coba sis nonaktifkan dulu sim1 dan gunakan hanya sim2 yakni yang Indosat.

  8. Saya sudah pake berbagai metode, mulai dr bikin akun google baru, hapus data, terus google wallet. Masih aja ga bisa, eror verfication katanya pas mencet enable telkomsel billing. Sampe ke grapari, eh malah ga ngerti cs nya hadeh -_-

    1. @Dom :: apakah agan sudah mencoba untuk menggunakan kartu sim baru terlebih dahulu baik yang sama operator ataupun yang berbeda operator semisal bila sekarang agan pakai telkomsel, coba pakai dulu indosat.

  9. Sis, di google play store ku kok gak ada metode pembayaran pakai pulsa ya. Yg adanya Tukarkan, sama Tambahkan kartu kredit atau kartu debit? Bisa dibantu gak sis

    1. @Dy Ae :: Coba agan ikuti langkah diatas, edit metode pembayaran via Google Wallet terlebih dahulu.

      1. Gan gw mke hp smartfren 4g lte sim1 kartu samrtfren,sim2 kartu telkomsel tapi kok setiap gw mau mem vertivikasi gagal terus ya padahal jaringan data udah telkomsel mohon pencerahan nya

        1. @Putra :: Untuk pembayaran sebaiknya kartu disimpan di SIM1 bukan di SIM2 untuk kelancaran ketika mengaktifkan operator billing di playstore.

  10. Misi gan mau nanya, di akun play store Saya kn udah ada penagihan telkomselnya. Tapi pas verifikasi datanya gagal mulu. Gmna tu? Mohon Pencerahan gan

    1. @Dhanra :: Coba edit metode pembayaran di playstore nya via Google Wallet seperti langkah diatas.

  11. asslkm, mau tanya, saya sudah berulang kali mengikuti langkah demi langkah di atas, kok tetap tidak ada..
    yang belum saya coba yaitu menggunakan koneksi internet langsung dri simcard telkomsel tersebut,, saya hanya menggunakan via wifi

    1. @Syaiful :: agan harus coba menggunakan satu sim card terlebih dahulu, jga pakai koneksi seluler di hp Androidnya. Bisa juga edit metode pembayarannya seperti diatas via Google Wallet.

  12. sist, tagihan pembayaran di palystore gaada tiba tiba ilang.. pas saya ganti XL di sim 1 tetep ga muncul.. tadi di wallet saya sudah payment, remove tagihan XL yang awal.. pas di cek tetep ga muncul, iyu gimana solusinya ??

    1. @Gunadarma :: coba pakai sim card dari operator lain semisal telkomsel atau indosat. Setelah itu agan bisa beralih kembali menggunakan operator XL yang agan pakai.

  13. Gimana cara mengubah nomer telepon yg udah terdaftar utk billing telkomselnya? Mau ganti nomernya, tapi tetap pake operator yg sama juga..

    1. @Yulia :: sis bisa rubah nomor telepon yang dipakai pembayaran di playstore via Google Wallet seperti diatas.

  14. Kak masalah saya sama seperti deddy, ga ada menu addres book di google wallet, padahal ubah tak ubah ke via laptop

    1. @Adi :: Ada kemungkinan dulu waktu membuat akun Google Playstore agan tidak memasukan alamat yang sesuai.

  15. Mb siti mau tanya.. aku berlangganan vip smule pke pembayaran pulsa telkomsel..pertama aku daftarin smule ku yg berlangganan 1 thn sukses pulsa terpotong.tp pas daftarin akun smule tmn ku pke hp ku jg yg setahun kok otomatis laporan langganan..pdhl blm klik beli yg sebulan/setahun. Sukses tapi g tau itu langganan yg sebulan/setahun.sukses berlangganan vip..tp pulsa gak kepotong.saya bingung..sblmnya mksh mb.

    1. @Ibnu :: Saat daftarin akun Smule punya teman apakah agan masih menggunakan akun playstore yang sama? Apabila iya, ada kemungkinan agan dianggap menggnti akun Smule, jadi yang terdaftar tetap cuma satu.

  16. Mbak siti
    Bagai mana cara mengatasi menu addres book di google wallet yg tidak muncul.. mohon bantuan ny

    1. @Anto :: apakah agan sudah mencoba untuk login dari laptop bukan dari hp android? terus waktu membuat akun playstore apakah agan memasukan data yang benar dan sesuai dengan biodata agan?

  17. Punya ku uda ada telkomsel billing nya tapi waktu verifikasi kok gagal terus ya

    1. @Krisna :: ada kemungkinan gangguan pada sisi operatornya atau bisa juga saat agan daftar akun playstore menggunakan data yang asal-asalan.

  18. sist/gan, aku udah buka wallet.google.com di laptop , udah clear data juga playstorenya, udah ikutin saran sist/gan tapi metode pembayaran cuman kredit dan tukarkan.. tagihan XL/axis ga bisa di klik.. solusinya gimana ??

    1. @Gunadarma2013 :: agan bisa coba untuk menggunakan kartu lain terlebih dahulu, setelah semua normal baru kembali pakai XL

    2. Agan klo pengenya telkomsel tpi masih XL coba kartu XL nya di lepas gan ntar jadi Penagihan Telkomsel Trimakasih

    1. @Dwi :: kartu CDMA juga seharusnya bisa dipakai sebagai alat pembayaran di playstore.

  19. Sy pernah remove pilihan telkomsel billingnya karna gak fungsi sama skali,bisa dikembalikan gak k’?mohon bantuannya…

    1. @Fifah :: bisa, sebelumnya silahkan hapus metode pembayaran yang pernah dimasukan seperti cara diatas. Kemudian nanti sis bisa menambahkan metode pembayaran lain.

  20. Aku udah ada menu itu, tapi tiap mau melakukan pembayaran kok gagal terus ya? pasti ada kesalahan. Padahal internet stabil.

    1. @Emul :: Pastikan sisa pulsa mencukupi untuk melakukan pembelian, pastikan akun playstore agan sudah terverifikasi dan menggunakan data yang benar.

  21. udah hapus XL biling..ganti sama kartu halo,,ngikutin langkah kakak dr atas sampai bawah secara detil..1jam lebih nyoba..hasil nya nihil kak..ada lagi ada lagi XL billing nya..pusing pala bibeh kak..uninstall dlu playstore nya apa restart ulang tab nya ya??dohh..mana dah lollipop baru ni OS..ada cara lain gk kak kira-kira supaya saya bisa ganti billing akun XL saya dengan Kartu Halo.. ?

    1. @Ringgos :: Pastikan agan pakai kartu Hallo-nya di SIM1, kemudian kartu XL-nya di cabut dulu jangan dipasang.

  22. min numpang tanya

    ane udah baca 2 artikel mimin
    dan juga udah pakai 2 kartu yaitu telkomsel dan xl
    sudah address booknya juga sudah sesuai
    sudah ane coba yang mimin comment di 2 artikel tersebut
    dan saya tidak mempunyai cc

    kenapa tidak mau verifikasi ya?
    terimakasih sebelumnya min

    1. @Tes :: pakai koneksi wifi sebenarnya tidak masalah, seharusnya penagihan via pulsa operator di Playstore tetap muncul. Coba bikin saja lagi akun playstorenya, pastikan saat membuat akun baru agan sudah melakukan verifikasi sms dan memilih negara Indonesia.

  23. dan 1 lagi min, apa harus pakai data paket providernya dulu baru bisa?
    karena saat ini ane pake wifi

  24. di android saya tidak muncul enable telkomsel billing, tapi yang muncul use telkomsel billing, kok beda ?

    1. @Telkom5191 :: sama aja, agan bisa menggunakan penagihan akun telkomsel di Playstore.

  25. Klo pas bli item ad tulisan. Keslahan saat mengambil informasi dari server[df-ppa-10] ini gimana solusinya gan,,,mohon infonya,,,

  26. Gan kan saya mau daftar telkomsel billing tapi knapa di akun playstorenya masih indosat billing ya?
    Cara merubah jadi telkomsel billing gimana ya gan..makasih

    1. @LanX :: pastikan agan pasang kartunya di SIM1, gunakan satu sim card terlebih dahulu, juga bisa dicoba pakai akun playstore baru yang sudah terverifikasi.

  27. permisi saya mau nanya, cara-cari diatas sudah dliakukan tetapi masih belum berhasil. telkomsel billingnya masih belum muncul. bisa tolong dibantu? HP saya dual sim dan nomor telkomselnya saya letakan di sim 2. apakah hal itu berpengaruh?
    Terima kasih

    1. @Winson :: yups pengaruh banget. pastikan nomor telkomselnya di letakkan di SIM1 sebagai SIM Utama.

  28. Sist awalnya saya bisa menggunakan tsel billing tapi tiba” tsel billingnya hilang. Data sudah saya hapus seperti di atas tetap saja tidak bisa. Data saya di google wallet gk ada masalah. Mohon pencerahannya dong terimakasih?

  29. Mau purchase di sebuah game,,pulsanya dipotong,ehh yg dibeli gk dapat,,gimana ni kak??

    1. @Ardiyanto :: Tunggu sampai 1×24 jam, apabila masih tetap engga ada, agan bisa complain ke CS operator yang agan pakai tersebut. Kemungkinan gangguan atau error dari pihak operatornya.

  30. sis, permisi saya mau nanya, sudah melakukan sesuai yang diatas tetapi masih belum berhasil. Kartu saya dual sim dan yang nomornya sudah saya letakan di sim utama/sim 1. Kartu yang saya gunakan kartu axis. Mohon pencerahannya sis?

  31. Sis saya sudah lakuin rubah address book, hapus cache dan saya masuk kembali tetap sama gimana ya?

    Pesan dari penyedia layanan seluler Anda: You have or will exceeded the maximum amount of allowed transactions

    1. @Rizqi :: masalah yang agan hadapi karena agan terlalu banyak melakukan transaksi yang diperbolehkan, biasanya tunggu beberapa hari agar normal kembali

  32. mbk saya mau beli aplikasi smule, simcard sy Axis, sy udh mencoba saran dr mbk, dr yg buat akun google baru, clear data, ganti negara di google wallet, tapi koq gk bisa jg ya beli paket smule nya? dpt balasan “tidak dapat memverifikasi akun anda. coba lagi nanti.”
    itu kenapa mbk? apanya yg salah ya????? mohon sekali pencerahannya mbk

    1. @Yuni :: dari error yang muncul sudah jelas bahwa akun playstore sis belum pernah diverifikasi? apakah waktu membuat akun tersebut sis sudah melakukan verifikasi sms dari Google atau belum?

  33. Gan kok gw gk bisa ngaktivinnya padahal gw udh ngelakuin langkah2 di atas,……. Hp gw andromax……emang gk bisa yah… Atau gimana yah,…..tsel gw taruh di sim2 kalo di sim1 harus ttp smartfren,…. Mohon bantuannya

    1. @Dio :: yups, sebaiknya kartu yang akan dipakai untuk pembayaran di playstore harus di sim1

  34. Hp saya andromax smarfren , saya pakai indosat di sim 2 dan koneksi internet indosat tapi kenapa yaa tidak muncul juga billing indosatnya ? Cara di atas sudah semuanya di ikuti tetep saja ga bisa , mau taruh indosat di sim 1 ga bisa kan harus smartfren kartu sim 1 nya , kalau kartu smartfren nya di copot sama saja tidak muncul gsm nya,,
    Tolong kasih solusinya dong gan ? Help me πŸ™

    1. @Vigi :: kartu yang dipakai sebagai pembayaran di playstore memang seharusnya di letakan di SIM utama yakni SIM1

  35. Misi sis kalo saya mau daftar kartu kredit tapi kodenya tidak valid terus gimana ya solusinya? Kartu debit saya bca
    Makasih

  36. sis saya mau beli coin di line pake tsel tapi yg selalu muncul itu indosat. saya sudah pkai berbagai cara tapi tetap sama. mohon bantuan nya.

  37. Udah coba cara diatas tapi tetep pembillingannya ke twlkomsel. Padahal aku udah ganti pake Indosat. Kok gag berubah yaaa?

    1. @Sandi :: engga bisa bagaimana? sudah mengikuti langkah demi langkah diatas belum?

    1. @Dwi :: jangan lupa sim cardnya dipasang di SIM1, gunakan akun playstore yang sudah diverifikasi dan pakai alamat Indonesia bukan negara lain.

  38. udah memperbarui nomor di myaccount.google, udah coba ganti akun, udah coba masang google wallet, udah hapus data, udah hapus akun sinkronisasi, tapi masih aja belum bisa memvertifikasikan akun, selalu saja keluar kalimat “Kesalahan, SMS Vertivikasi akun tidak dapat dikirim. silahkan coba lagi” udah mencet coba lagi dari pagi hingga malem juga ga bisa bisa, apa karna gangguan operator, atau ada solusi dari kak siti syarah mungkin? sebelum saya lempar ini hape ke tembok

    1. @Snakeoz :: udah dicoba menggunakan kartu dari operator lain? apabila pakai operator lain lancar, berarti yang bermasalah operatornya.

  39. Aku sudah muter muters buat account baru hapus ini itu, ganti no, semua cara udah gue lakuin, , tp mungkin nasifku yaa gak beruntung, , tetap saja semua cara tidak berhasil, , huhuhu my god, , , setres pala gue

    1. @Belle :: coba gunakan hp Android lain untuk proses daftar nomornya, setelah berhasil baru sis bisa melakukan transaksi pembelian di hp Android milik sendiri.

  40. Min mau nanya, masalah sy gabisa melakukan pembayaran melalui billing tsel. Sblmnya sy pake tsel (simpati) kemudian saya ganti nmr ttp tsel (loop). Waktu bln kemarin sy bs melakukan pembayaran dgn tsel (loop) tp knp bln ini gabisa ya min? Aku udah ikutin cara dr tutorial yg mimin ksh ttp gabisa dr yg clear cache, clear data, edit google wallet, remove payment method terus sy add lg ada use billing tsel lgs. Tp nmrnya ganisa didaftar lagi gada yg katanya.minta data2 ulang lagi. Gimana ya min? Pad melakukan payment decline terus cancelled udah berapa kali :(. Tlg solusinha terimaksih sebelumnya πŸ™‚

    1. @Indiary :: sis harus coba dulu pakai nomor lain, apabila setelah pakai nomor lain, sis bisa melakukan transaksi dengan normal, maka sudah bisa dipastikan nomor lama yang bermasalah. Selain itu pastikan bahwa sis tidak menggunakan operator billing untuk berlangganan di playstore.

  41. Misi gan, ane juga bermasalah nih, abis klik telkomsel billing, loading verifikasinya lama banget sampe akirnya error. Terus2an gini kenapa ya? Udh coba banyak hal, bikin id baru (no simpati sama), pake hp lain (no simpati juga berbeda) semuanya tetep verifikasi account error. Help

    1. @Orang :: udah coba pakai kartu sim dari operator lainnya, dari masalah yang agan alami tampaknnya operator yang sekarang sedang bermasalah.

      1. Semua penjelasan udah saya coba tapi kok tetep ngga bisa ya
        Hp saya evercros a75w
        Mohon bantuannya

        1. @Wahyu :: kalau tetap engga bisa, sebaiknya agan coba gunakan kartu sim dari operator lain.

  42. Maaf nih.. langkah langkah di atas udah aku isi dg bener tapi tagih akunya kok gak muncul

    1. @Andre :: Apabila agan gagal menggunakan operator yang sekarang, coba gunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu.

  43. Ka aku kan selalu pake telkomsel billing nih. Nah pas mau beli vip dr aplikasi knp declined terus? Biasanya sih engga. Tlg jawab ka. Makasih

    1. @Afifah :: apakah yang akan sis beli sifatnya berlangganan (subscribe)? kalau iya, tentu saja tidak akan bisa untuk sistem berlangganan menggunakan metode pembayaran operator billing.

  44. Ini gimana ya kan saya mau top up lalu saya masuk ke akun>penagihan telkomsel>terus ada tulisannya “mengirim Sms verifikasi gagal” itu kenapa?

  45. Makasih kak Siti Syarah, Info nya sangat membantu saya,
    Terus Berkarya kak Siti, ?

  46. pynya ku ngga bisa teteup. isinya cuman add credit card atau redeem. kenapa sih ini?

    1. @Adinda :: pastikan sis menggunakan alamat Indonesia, memasang sim card yang akan dipakai sebagai media pembayaran di SIM1.

  47. mbak kok saya pas mw beli diamond di game ONLINE pembayaran tidak berhasil.
    dan katanya you have insufficient balance, please top up your mobile account.
    padahal pulsa udh ckup bahkan lebih tolong BAGI INFOya makasih

    1. @Ruy :: Dari keterangan errornya ada kemungkinan memang pulsa tidak mencukupi, namun bisa juga disebabkan karena ada masalah dari operator yang agan pakai.

  48. Mbak saya mau tanya saya uda ikutin langkah diatas kenapa masih ttep gak ada pembayaran melalui telkomsel ya? Apa hp yg kita pakai harus kartu telkomsel?

    1. @kelvin :: 1. Letakkan kartu di SIM 1 baik itu Indosat, XL ataupun Telkomsel 2. Pastikan akun playstore agan menggunakan alamat negara Indonesia dan sudah melakukan verifikasi akun Playstore via SMS saat daftar dulu.

  49. hello kak, aku mau purchase smule vip dengan telkomsel billing tapi keluar notif “Your mobile payment service isn’t available. try again later or contact your mobile operator” sudah saya ikuti dengan cara-cara yg kakak share tapi tetap tidak bisa. mohon bantuannya kak, terimakasih.

    1. @Rizka :: berlangganan smule memang tidak bisa memakai pembayaran pakai pulsa harus menggunakan metode pembayaran lain semisal kartu kredit.

  50. Ko masih ga bisa ya mba. saya sudah mengikuti langkah2 diatas dan kartu indosat saya sudah terpasang di sim 1

    1. @Dimas :: kalau cara diatas engga bisa, coba edit metode pembayaran play store via Google Wallet di komputer

  51. Saya udh lakukan semua saran tapi tetap gak bisa dan juga ketika saya klik indosat billing tidak muncul untuk memasukkan nomor hp alamat dan lain sebagainya

    1. @Haidar :: Hapus dulu semua metode pembayaran via Google wallet lalu agan bisa menambahkan ulang langsung dari Google Playstore, jangan lupa untuk menghapus data dan cache play store terlebih dahulu.

  52. Masih gak ada pilihan untuk masukan metode pake pulsa. Yang ada cuman make credit card sma masukan kode. Mohon bantuannya gan

    1. @Rian :: Pastikan simcard yang akan dipakai sebagai metode pembayaran di plays store sudah diletakan di SIM1, akun playstore agan sudah diverifikasi dan memakai alamat Indonesia.

  53. Mba saya mau nanya, kenapa Telkomsel bilingnya tidak mau di verifikasi, mohon bantuannya, terimakasih…..

    1. @Ikhlasul :: kemungkinan operatornya sedang bermasalah, coba pakai operator lain lancar tidak?

  54. Caranya bagus nih πŸ™‚
    Bolehkah sya posting dngan cara yang sama?..
    Sumber tertera nnti.. hehe

  55. Saya sudah coba cara diatas, tetapi menu aktifkan penagihan telkomselnya belum ada juga, hp saya 1 sim card, tolong solusinya..

    1. @Ri6 :: sudah coba untuk menggunakan akun playstore baru terlebih dahulu? siapa tahu dengan akun baru akan muncul pilihan pembayaran pakai telkomsel/ indosat di Playstore.

  56. Kak aku ni pakai jaringan wifi.. tapi knp y di play store ku ga ad cara pembayaran pemotongan pulsa? Uda dilakukan cara yg kakak share tp ttp ga bs. Mohon bantuannya

    1. @Chinthia :: Apakah sis sudah mengedit terlebih metode pembayaran playstorenya via Google Wallet? terus coba gunakan akun playstore baru dengan data dan alamat lengkap sesuai id sis.

  57. Malam mba siti
    Kok dipilan pembayarannya cuma ada kartu kredit sama redeem aja utk telkomselnya gk ada

    1. @Andi :: apakah di akun playstore sudah menggunakan alamat Indonesia dan sim card diletakan di SIM1?

  58. Mba… di google walet udah saya tukar jadi imdonesia dan alamat sesuai di KTP..lalu saya coba lagi bill nya tetapi masi juga gagal memverifikasi akun… harus gmna lg ni mba… galau saya??

    1. @Reza :: apabila tidak bisa pakai pulsa, agan bisa coba untuk menggunakan Kode Voucher Google Playstore yang saat ini sudah bisa dibeli di Indomaret jadi lebih praktis dan mudah tanpa harus setting apa-apa lagi. Voucher Play Store di Indomaret tersedia dalam nomimal 150 ribu, 300ribu dan 500ribu saja.

  59. Kenapa tetap gak bisa makai operator. Padahal sudah ngikutin jalur yang mba suruh tapi metode pembayarannya cuma ada yang pakai debit/card dan tukarkan kode T_T

  60. Kak kok aku mau beli diamond di game beli lewat pulsa tapipembayaran lewat telkomsel ditolak terus?? Kenapa yaa kak .tolong bantu saya penting kalau bisa lewat line add id saya naufilaz11 tolong dijawab trimakasih

  61. Mbak,saya mau beli gemz coc harga 75000,pulsa saya 126000,tpi kok masih di suruh top up.?
    No yg saya verifikasi di hp lain

  62. mba mau tanya, saya kan pake hp smartfreen kartu yg sim 1 nya pke kartu smartfreen yg sim 2 xl, apakah bisa metode pembayarannya pake yang xl?
    mohon infonya,, makash πŸ™‚

    1. @Syaifullah :: bisa saja, tetapi mengaktifkan metode pembayarannya harus menggunakan hp Android lain dan letakan XL di SIM1

  63. Kak siti sebelumnya saya pernah beli google play gift 10usd dan untuk redeem saya harus rubah negara dulu ke US. Tapi setelah itu kenapa ya kok ga bisa dirubah ke negara indonesia lagi tulisannya “you can’t chance your country because you’ve set up a Google Play balance” dan payment via pulsanya juga hilang. Mohon solusinya?!

    1. @Putra :: Coba gunakan akun playstore baru, saat membuat akun baru pastikan agan memakai alamat Indonesia juga lakukan proses verifikasi akun via sms.

  64. saya sudah ikutin semua langkahlangkah diatas tapi tetap ndak bisa mbak.. sudah ganti ke hanpone lain tetap ngak bisa iki piye toh?

    1. @Jomblobatov :: Sudah coba menggunakan kartu dari operator lain, menggunakan akun playstore baru dengan data yang benar dan menggunakan alamat Indonesia. Salah satu penyebab tidak ada pilihan menggunakan operator billing karena alamat di playstore menggunakan negara lain ketika membuatnya.

  65. Gan kok hp saya ,gak ada bacaan penagihan telkomsel, dan juga gak ada bacaan tambahkan metode pembayaran, hanya ada penagihan melalui master card dan tukarkan bonus aja ya

    1. @Bero :: Penyebabnya bisa : 1. agan tidak memakai alamat Indonesia di akun Playstorenya 2. agan menggunakan hp dual sim dan tidak meletakan kartu yang akan dipakai sebagai pembayaran di sim1.

  66. awalnya saya sudah ganti di telkomsel sudah saya jadikan 1 sim card telkomsel mengapa tiba tiba di pembayaran menjadi melalui indosat ya ?

  67. Mba sy udh ikutin langkah2 diatas trs udah ada telkomsel billing nya trs udh diisi data yg bener tp knp gabisa trs pas verifikasi nya ya?

    1. @Fahmi :: kemungkinan sedang ada gangguan dari pihak operatornya, tunggu saja beberapa saat dan jangan terus menerus melakukan proses verifikasi.

    1. @Inekeuy :: Untuk kartu 3 belum bisa untuk membeli aplikasi di playstore pakai kartu 3. Yang baru bisa hanya menggunakan operator Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL/AXIS

  68. Saya sudah mencoba cara diatas berulang ulang . Dan bahkan saya juga sudah membuat Gmail baru dengan memverifikasi akun saya seperti petunjuk tetapi payments method Telkomsel billing tetap tidak muncul . Tolong pencerahannya . Thanks gan .

    1. @Erik :: Sim cardnya sudah diletakkan di SIM1? apabila hp agan dual sim, coba gunakan 1 sim terlebih dahulu. Apabila masih tetap error, coba gunakan kartu lain terlebih dahulu semisal Mentari Ooredoo atau XL/Axis, nanti apabila pakai kartu lain sudah bisa, agan bisa langsung edit nomor handphonenya via Google wallet menggunakan nomor telkomsel yang sekarang.

      1. kalau semuanya sudah berhasil, lalu saya pindah simcard ke SIM2. apakah masih berfungsi?

  69. Gans, ini ko mau beli aplikasi bebayar di playstore menggunakan tagihan tekomael ko gk bisa, ada bacaan di tolak pembayaran

    1. @Jailanni :: apakah agan sudah mensetting terlebih metode pembayarannya, selain itu pastikan bahwa pulsa agan mencukupi. Pembayaran ditolak bisa disebabkan karena pulsa tidak mencukupi.

  70. Misi, saya udah ikutan cara diatas, dan hasilnya ada tuh billing telkomselnya, pas dipencet ada tulisan “mengirim sms verifikasi dari operator” dan ditunggu bisa dan saya pencet simpan. Tapi pas mau beli “metode ditolak” gimana yah?? Dan saya liat sms saya ngirim sms gak jelas gitu ke 99477

    1. @Fariz :: Pastikan agan membelinya tidak sistem berlangganan atau subscribe, jadi yang bisa pakai pulsa adalah pembelian sekali beli.

  71. Maaf saya sudah berganti ke region Indonesia, tapi pada “Tagih akun Telkomsel saya” terdapat tulisan merah dibawahnya “Layanan pembayaran seluler anda tidak tersedia. Coba lagi nanti atau hubungi operator seluler Anda”

    Ada solusinya?
    Terima kasih

    1. @KUncara :: Kemungkinan operator yang agan pakai sedang bermasalah atau error, agan harus coba pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu.

  72. selain di google wallet ada aplikasi semacamnya gak,. krn hp tidak kompatible,. mohon sarannya, trims

  73. saya sdh buat akun d google wallet tp tetap pilihan telkomsel billong tdk muncul d google play. Mohon bantuannya

    1. @Daeng :: Apakah agan sudah menggunakan alamat Indonesia juga sim card telkomselnya sudah diletakan di SM1? kali aja operatornya sedang bermasalah, coba dulu pakai operator lain semisal indosat atau XL, muncul tidak?

  74. saya sudah melakukan semua cara di atas, tetapi pas menekan penagihan akun terkomsel, kan muncul menverifikasi no hp, eh tau tau yg muncul save, kok ga ada masukin no hp dsb?? dan juga pas beli cash di line play yg harganya 204.345 padahal pulsa saya 209.967 yg ada malah gagal, katanya pulsa anda tidak mencukupi, mohon solusinya

    1. @Erviyanti :: tentu saja pulsa mbak tidak mencukupi, pastikan harganya sudah ditambah dengan pajak sekitar 14% dari harga pembelian, juga sisa pulsa tidak nol saat selesai melakukan pembayaran.

  75. Saya pas mau pembayaran dengan penagihan telkomsel , lama trus gagal pas periksa di pesan terkirim di nomor smartfren saya bukan telkomsel (padahal sudah pake internet telkomsel dan set no gogle juga telkomsel )di hp andromax , mohon solusinya mungkin ada setting buat pesannya supaya masuk di nomor telkomsel saya gitu ?

    1. @Muh :: masuk ke pengaturan akun agan di Google Wallet rubah pakai nomor telkomsel, atau bisa juga masuk ke setelan akun Google agan, lalu lakukan perubahan nomor telepon.

  76. Aku udah ikutin semua cara diatas, tapi kok di akun playstorenya ga ada tulisan pembayaran via pulsa tsel ya mbak. Cuma ada kredit debit sama tukarkan kode aja. Pdhl sim1 udah tsel

    1. @Muti :: Apakah alamat di Playstore mbak sudah menggunakan negara Indonesia, tidak ada pilihan pembayaran pakai pulsa di playstore bisa disebabkan karena masih menggunakan alamat negara lain semisal amerika.

  77. Aku udah coba buka google wallet, trus adress book dan payment methods udah lengkap , udah aku masukin nomor 3 (three) tadinya pake nomor simpati, dan sim1 aku emang kartu 3, dan nomor 3 nya udah di verifikasi google tapi kok di akun playstorenya pas dibuka ga ada pembayaran via pulsa 3(three) ya ka? Mohon bantuannya

    1. @Muti :: untuk kartu 3 memang tidak bisa dipakai untuk pembayaran di Playstore, saat ini yang sudah bisa hanya Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL/Axis

  78. gan, saya udah buka google wallet, trus di adress book nya udah bendera indonesia ama payment methods masuk nomor telkomsel,hp saya sony dual sim kartu tri di slot 2, kartu telkomsel di slot 1 ,nomor telkomsel nya udah di verifikasi google tapi kok di akun playstorenya pas dibuka masih gk ada enable telkomsel billing ya? saya udah clear data, reboot hp berulang ulang padahal..
    padahal dah ngisi 100 rb buat beli minecraft ;_;
    Mohon bantuannya

    1. @Imanuel :: Coba gunakan satu sim card terlebih dahulu yakni pakei Telkomsel di SIM1, apabila masih tetap error solusi terakhirnya Hapus dulu akun Playstore yang sekarang, lakukan clear data dan cache Playstore, kemudian agan bisa coba membuat akun baru terlebih dahulu untuk masuk ke Playstorenya.

      1. Nah ini, sama kayak ane udah nyiapin pulsa buat beli Implosion eh ga nongol” itu tulisan bayar dari telkomsel…
        Padahal bulan sebelumnya aku biasa bayar bisa” aja, ini gimana sis Siti…?

        1. @Alpha :: Coba logout dulu dari akun yang sekarang dipakai, lakukan clear cache dan data di Playstore, kemudian coba untuk login kembali. Apabila tetap tidak muncul, coba tes dulu pakai nomor dari operator lain, muncul tidak pembayaran pakai pulsa di playstorenya.

  79. Sya udah coba msuk ke google wallet tpi ktany no transactions gimna?
    Di play store sya gk ad biling telkomsel pdahal sya sdh pakai kartu telkomsel mohon bantuanny .

    1. @Ajeng :: Kartunya diletakan di sim1 dan gunakan satu sim card saja terlebih dahulu.

  80. Kalau clear data, semua aplikasi kita bakal di hapus atau masih tetap ada? Tlng di jawab

  81. Punya saya aneh saya mau metode pembayaran memakai telkomsel tapi pas dipencet katanya:pesan anda belum bisa dikabulkan coba lagi gitu terus nih solusi dong?

    1. @Fitrahero :: Kemungkinan operator yang agan sedang ada gangguan. Agan bisa coba untuk logout terlebih dahulu dari akun playstore yang sekarang dipakai untuk kemudian coba untuk login lagi.

    1. @Kurniawan :: bisa karena pulsa tidak mencukupi atau karena item atau aplikasi yang agan beli sifatnya subscribe atau berlangganan.

  82. Maaf kak. Mau tanya ni..
    Kok gk bsa juga ya pakai plsa
    Di akun google pmbyarn udh pakai tagih akun telkmsl saya.
    Udh cba pakai 1 sim aja. Plsa saya 18rb
    Tpi ttp aja kak notifikasinya malah “you have insufficient balance, please up ypur mobile account”.
    Tolong donk kak..

    1. @Tiara :: Pasti sisa pulsa mencukupi saat setelah selesai melakukan pembayaran, selain itu tambahkan PPN sekitar 10-20% dari harga aplikasi yang akan sis beli.

  83. Gan gimana ya cara penagihan pakai pulsa nya ada lagi, dulu di remove..
    Alamat nya juga udah bener semua tapi masih ga muncul juga.. Trims

    1. @Ardi :: Coba logout dulu dari Google Playstore kemudian agan coba terlebih dahulu menggunakan akun lain.

    1. @Frengki :: Coba buat atau gunakan akun Playstore baru terlebih dahulu, ada pilihan atau tidak?

  84. Sudah saya lakukan yang seperti penjelasan di atas, tetap saya tidak bisa menemukan pembayaran melalui penagihan seluler, yang muncul cuma kartu kredit sama tukarkan kode

    1. @Sayed :: Coba pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu, selain itu gunakan di SIM 1 saja kartunya.

  85. Px q metode pmbyaran dgn telkomsel x kn terhapus.. Jd d play store / google wallet pilihan dgn metode payment dgn pulsa telkomsel ga muncul lgi.

    Ada cra bt mngembalikn x lgi tw hrus d laporkn k grapari ??

    1. @Nichi :: Sis bisa coba gunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu, apakah bisa atau tidak? apabila tetap tidak bisa, sebaiknya gunakan akun playstore baru saja.

  86. trimakasih banyak guys.. ini sangat membantu saya dg mudah tuk mengubah metode pembayaran dr dulu yg akun saya tdk bisa tereset dr nagara lain.. dan skarang lbih mudah belnja di online.. trimakasih.. trimakasiih.. salam quincy band bangkalan

  87. Permisi ka mau tanya.. billing telkomsel ku tetiba ga bisa melakukan transaksi.. yaudah aku delete lalu niatnya mau re-enable lagi.. taunya, billing telkomselnya malah ga muncul muncul.. aku udh edit address book di google payment persis seperti tutorial diatas, kemudian sampe ganti akun, dan bolak balik hapus chace, padahal paket data dan sim1 nya udh telkomsel, tapi tetep ga muncul.. ada solusi lain ka? Makasih yaaa

    1. @Anisa :: Solusinya mudah saja, coba gunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu. Apabila pakai kartu lain lancar tidak ada masalah, berarti memang operator yang sis pakai saat ini yang error atau gangguan.

  88. Sis,kok pas aku mau bli in game punya barang pakai pulsa,tapi tak kluar pakai kartu telkomsel?

    1. @Marco :: Akun playstore agan sudah menggunakan alamat Indonesia, pasang kartu hanya di SIM1 saja, juga pastikan akun playstore agan sudah di verifikasi via sms.

  89. Misi gan,ane udah sering melakukan top up game via indosat billing.nomer yg dipake buat pembayaran ada di hp yg berbeda. gak masalah,tp sekarang kok gak bisa ya?udah ane pindah nomernya ke hh nya,ganti region gwallet,hapus cache,dan semua cara yg ada diatas tapi tetep gak bisa.insufficient credit katanya.padahal pulsa ane lebih dari 2 kali lipat harga pembayaran.tolong dibantu gan

    1. @Azhardi :: ada kemungkinan operator yang agan pakai sedang bermasalah. Agan bisa test dulu pakai operator lain terlebih dahulu apakah lancar atau tidak.

  90. kak kenapa punya saya tidak bisa menggunakan sim card lain selain telkomsel? mohon infonya kak

    1. @Fransiskus :: Coba di edit metode pembayarannya via Google Wallet, lalu ganti nomor menggunakan operator lain.

  91. Mbak, ini kok saya malah metode pembayaran lewat penagihan telkomsel?? Bukannya telkomsel billing? Mohon bantuannya mbak

    1. @Ira :: Sama aja kok, telkomsel billing untuk bahasa Inggris nah apabila sis menggunakan bahasa Indonesia di handphonenya tentu saja yang muncul Penagihan Telkomsel

  92. @Gilang : teteh siti mau tanya nih.
    saya sudah siap dengan telkomsel billing nya dan pulsa juga sudah cukup.
    ketika saya beli pokecoins pokemon go seharga 15 rb setelah billing menggunakan telkomsel gagal, error nya pulsa tidak cukup, padahal pulsa saya lebih dr cukup. sebelum saya klik beli tidak muncul pengisian alamat,kode pos dll. tidak ada verifikasi ke nomer hp saya. mohon bantuan nya teteh

    1. @Gilang :: untuk membeli sebesar 15 ribu, pastikan pulsanya lebih dari 20-25 ribu. Coba edit alamat agan di Playstore via Google Walet.

  93. Gan. Kartu 3 ga bisa dibuat untuk pembayaran ya? Soalnya saya sudah melakukan hal hal sesuai instruksi diatas. Yaitu merubah aku di Google wallet. Dan reset play store. Dan kartu 3 jg udah sim 1. Knp?

  94. Saya bingung mba, ini saya udah coba semuanya, kartu saya aktifkan yang simpati, akun gmail sayaa buat baru, playstore baru, google wallet juga, tapi tetap di playstorenya telkomsell nya tidak muncul.
    Hp saya asus zenphone selfi. ada yang salah lagi ga mba, plissss bantuan nya ya mba

    1. @Mamot :: alamat sudah menggunakan Indonesia? apabila tetap error, agan bisa test dulu menggunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu.

  95. Kk Kok Saya Mau beli Vip Di Game pakai pembayaran pengihan indosat kok ngga bisa malah muncul kata:sms verifikasi akun tidak dapat dikirim silakan coba lagi

    1. @Ridho :: Kayaknya sedang ada gangguan dengan kartu yang agan pakai, silahkan agan coba lagi nanti atau bisa juga coba pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu.

    1. @Taty :: Kartu udah diletakan di SIM 1, pakai alamat Indonesia bukan negara lain. Apabila masih tetap tidak muncul, coba test menggunakan operator lain terlebih dahulu.

  96. Mau nnya gan, hp android sya kan yg ini cuma buat game doang, jdi cuma mke kartu perdana kuota aj, yg nmer email untuk regristrasi di hp smsung lipat biasa, jdi nih email cuma ad payment metode ny debit sama kartu kredit aj, gak ad yg pembayaran pake pulsa, cara di atas udah di lakuin tp msh aj. Ganti email pun sma aj. Solusi ny gan.

    1. @Junno :: Sudah di test pake kartu dari operator lain dulu, misalkan pake kartu milik teman? juga pastikan alamat agan sudah Indonesia.

    1. @Fahcri :: coba agan test dulu pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu, siapa tahu pakai kartu yang sekarang ada kendala.

  97. ini saya mau menambah kan payment via XL tapi di payment google playstore saya yg tercantum cuma telkomsel tidak bisa melakukan menggunakan XL.
    jadi gimana caranya supaya bisa lewat XL

    1. @Riswan :: Agan sudah memasang kartu XL di SIM 1 biasanya nanti ke detek otomatis sama Google Playstore.

  98. mas saya mau nanya, kalau saya mau pake pulsa telkomsel, kartunya harus di sim1 ya? soalnya saya udah coba sesuai tutorial diatas tapi tetap ga bisa

    1. @Kezia :: yups, sebaiknya kartu sim yang akan dipakai sebagai alat pembayaran di Playstore diletakan di sim1 saja.

  99. Mba Hp Ane Asus Zenfone C . Ane Uda coba cara diatas tapi tetap aja kagak bisa mba . Ane mau tagihan pake kartu indosat . Tapi kartu indosat ane di sim 2 . Apakah bisa mba?
    Mohon Dibantu .. Terima kasih πŸ˜€

    1. @Rifqi :: sebaiknya kartu sim yang akan dipakai sebagai metode pembayaran di playstore diletakan di SIM 1 saja.

        1. @Rifqi :: Coba lakukan dulu clear data dan cache di menu pengaturan-aplikasi lalu pilih Google Playstore, selain itu agan bisa coba hapus dulu akun Google di Androidnya lagi nanti di add lagi.

  100. Mba saya sudah lakukan berbagai cara tapi tetap tidak bisa, jadi saya buat akun google play baru, tapi tetap juga tidak ada opsi penagihan billing telkomsel, kenapa ya mba, tolong solusinya

    1. @Yogi :: Sudah menggunakan alamat Indonesia? pastikan juga koneksi internet agan tidak menggunakan VPN. Tidak ada opsi penagihan billing telkomsel atau operator lainnya bisa disebabkan karena lokasi agan tidak terdeteksi di Indonesia.

  101. mbak saya mau nanya, kenapa saya mau transaksi pake bill my xl tapi yang keluar “this payment service isnt available” kadang2 juga keluar “purchase currency is not supported” dan biayanya yang keluar dalam bentuk dolar padahal saya udah setting addressnya indonesia, mohon pencerahanya mbak

    1. @Razor :: itu biasanya karena agan menggunakan akun Playstore region US bukan Indonesia atau bisa juga karena lokasi agan tidak terdeteksi di Indonesia.

      1. tapi sebelumnya saya pake akun ini gak ada masalah mbak, solusinya gmna mbak? apa region playstorenya bisa diganti? mohon pencerahanya mbak

        1. @Razor :: Coba cek di Playstore, ada kok aplikasi untuk mengganti region dari Playstore.

  102. Gan minta solusinya ane dulu pernah melakukan pembayaran pake tagihan indosat. Sekarang pilihan untuk pembayarannya pake pulsa gak ada. Dan ane udah cek ke google wallet pilihannya paymentnya ada indosat. Cuman di playstore tetep gak ada. Minta bantuannya gan

    1. @Fadly :: Coba lakukan dulu cara seperti diatas yakni clear data dan cache di aplikasi Play Store Android juga agan bisa coba test menggunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu semisal Telkomsel atau XL, muncul tidak pilihan operator billing di play storenya.

  103. sist,
    mau nanya , aq buka google wallet via app android kan ga bisa mental terus?
    lalu aq buka via browser, kok tampilannya ga seperti difoto sista diatas yaa
    dan tdk ada pilihan menu address book nya
    apa mmg harusnya lewat pc ya sist atau gmna ?

  104. Di saya kok.tulisannya ” layanan pembayaran ini tidak tersedia.coba lagi nanti atau hubungi penyedia layanan anda” ini gimana maksudnya ya

    1. @Candra :: Bisa saja operatornya sedang mengalami gangguan, agan bisa coba hubungi cs operator tersebut nanti dibantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi tersebut.

  105. kok pas ke google wallet,gambarnya kok beda sih???
    bagaimana nih gua bingung please respon….

  106. makasih infonya…
    artikelnya sangat membantu…
    saran nih buat yg gk bisa, coba hapus dulu mobile paymentnya semua (hapus dari komputer aja biar enak). barus masuk ke android buka playstore cari payment methods. nah masukan kartu simpati/axis/xl di sim utama biar ke detect. nah tinggal pilih dah.

  107. Gan kan gmail ane awalnya pake tsel trus ganti isat,, nah disono gagal trus… Mau ganti informasi sebelum pembayaran gimana?? Kan harus ngisi biodata dlu , makasih

    1. @Dimas :: Yups benar sekali, yang dipakai untuk billing di Playstore harus diletakan di sim 1

  108. Mba saya baru beli kartu indosat ooredoo tapi sudah terdaftar oleh konternya ,berarti tdk sesuai dgn data diri saya.saat dilihat ke play store tdk ada tagihan indosat di akun saya. Apa itu sebabnya? Tolong penjelasannya ba

    1. @Fadil :: Yang harus sesuai adalah data di akun Playstore. Pastikan sudah menggunakan alamat yang benar yakni Indonesia, juga jangan lupa letakan sim card di sim1.

  109. Saya sudah simpan di sim 1 terus sudah juga buat akun baru tetapi tdk diminta verifikasi dan tdk ada tagihan indosat,gimana nih mba?

    1. @Fadil :: Saat membuat akun Playstore biasanya ada pilihan untuk proses verifikasi dan konfirmasi nomor handphone di beberapa langkah terakhir. Kalau tetap tidak muncul, coba di clear data dan cache terlebih dahulu di Pengaturan – Aplikasi – Google Playstore.

        1. @Fadil :: Apabila semua cara diatas sudah dilakukan, agan sudah pakai alamat Indonesia tapi tetap masih error, coba gunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu, gan.

  110. Cara mengatasi google play yg tidak bisa membaca billing , bagi yg dual sim matikan dullu sim yg tidak ingin dipakai, jika ingin memakai billing telkomsel jadi hanya sim telkomsel saja yg diaktifkan lalu matikan data seluler anda dahulu lalu pergi kepengaturan hapus data dan chache playstore, hidupkan lagi data seluler dan buka playstore nyaa, taddaaa dan apa hasil nya ????

  111. Kalau decline di bill my telkomsel gimana ya mengatasinya??? Bayr pake cara lain ga bs. Kredit/debit card ga da yg sesuai. Pilihan cuma bill my telkomsel. Tp gagal ters. Mohon pencerahannya. Thank a lot…

    1. @Alfian :: apabila pembayaran ditolak biasanya karena yang agan beli adalah item berlangganan (subcribe) atau karena pulsa agan tidak mencukupi untuk melakukan pembelian tersebut.

  112. Kak klo ada tulisan “SMS verifikasi tidak dpt di kirim silahkan coba lagi. Trus menerus saat saya udh coba lagi itu saya harus gmn?

    1. @Mel :: Silahkan dicoba pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu, siapa tahu kartu yang sekarang sedang bermasalah atau gangguan.

  113. Min, awalnya saya pake payment indosat trus mau ganti ke xl… Udah ngikutin cara diatas tapi di playstore masih aja indosat & xl juga udh di sim card 1.. Saran nya dong..

    1. @Zaenal :: Apabila di akun Playstore metode pembayaran pakai Indosat tersebut sudah di hapus, coba agan keluar dulu dari akun gmail di Androidnya, kemudian juga lakukan hapus data dan cache di menu Pengaturan – Aplikasi – Google Playstore.

  114. Min, di payment methods plays store saya kok billing my indosat account gak tersedia? Yang tersedia cuma add debit or credit card dan redeem code. Saya juga gak bisa nambahin payment methods yang lain..
    Tolongin dong min ini gimana TwT

    1. @Putri :: Coba terlebih dahulu cara diatas, selain itu pastikan bahwa sis sudah menggunakan alamat Indonesia biasanya tidak ada pilihan pembayaran pakai pulsa karena tidak terdeteksi menggunakan alamat Indonesia.

  115. min saya sdh ikuti langkah diatas,tp ko billing telkomselnya bertulis merah “belum memenuhi syarat” gmn yah ?

    1. @Rangga :: Kemungkinan besar alamat di Playstore agan masih ada yang salah dan tidak memakai negara Indonesia.

  116. Mbak, klo sy menggunakan emulator android d PC. Saat sy cek akun d google, metode pembayaran melalui operator selular tidak ada. Tapi klo d hp ada. Padahal akun playstore d emu dan hp sama.

    Koneksi jaringan d emu saya menggunakan usb dr hp sy.

    Apakah playstore tidak bisa membaca penagihan melalui pulsa bila menggunakan emu, meskipun jaringan dan kartu yg digunakan melalui hp

    @Rangga :: saya juga baru mengalami hal itu. Dan saya perbaiki data sesuai dengan akun playstore yg aktif, semisal no.tlp dan negara d google wallet. Kemudian hapus cache. Lalu masuk lg k akun d playstore. Klik tanda tambah. Lalu pilih pembayaran yg menggunakan pulsa.

  117. Punya ku gk ada pembelian via telkomsel setelah ganti kartu knp … dulu pernah ada … sekarang gk ada lagi … mohon jawabannya gan

    1. @Phinokyo :: Tidak harus kok, akun baru juga sebenarnya bisa langsung menggunakan pembayaran playstore pake pulsa.

  118. gan kalo cuma ada pilihan add credit sama redeem code doang itu kanapa ya?gk pilihan gunain indosat

    1. @Stay :: biasanya disebabkan karena agan tidak menggunakan alamat Indonesia di akun Playstorenya. Juga agan bisa coba untuk ganti operator terlebih dahulu semisal pakai telkomsel, apakah bisa tidak atau tidak.

  119. Saya niat mau mengganti dari biling telkomsel ke XL , setelah saya hapus nomer telkomselnya , eh malah hilang yg ada pembayaran memakai google saja , sedangkan pembayaran menggunakan operator tidak tersedia , saya sudah melakukan cara yg di jelaskan semua sama mbak , tapi tetap tidak bisa , mohon pemberitahuannya dan solusinya ??

    1. @Ucuf :: Coba lakukan dulu hapus data dan cache di Playstorenya sehingga nanti kondisinya seperti baru pertama kali menggunakan Google Play di hp agan. Pastikan juga kartu telkomselnya diletakan di sim1

  120. Min, ane kan udah buat alamatnya jadi Indonesia, kenapa billing telkomselnya belum muncul juga? Apa sim tsel harus jadi sim utama? Saya pernah top up vainglory pakai billing tsel di sim 2, lancar2 aja.

  121. min , ane dulukan pake billing telkomsel sekarang ane mau rubah ke xl tapi kok masih nggak berubah ke xl billing sih ?

    1. @Ainaka :: Pastikan agan memasang kartu XL di SIM 1, logout terlebih dahulu dari akun Google di Android lalu kemudian biasanya nanti akan mendeteksi otomatis untuk metode pembayaran pakai billing XL

  122. tampilannya kok beda ya kak? dan enggak ada pilihan address book gimana ya kak? mohon bantuannya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *